Pilihan Aplikasi dan Situs Belajar Online Buat Siswa & Guru

Apakah kalian sedang mencari aplikasi atau situs belajar online? Hm, mungkin kalian bisa pakai salah satu aplikasi untuk siswa dan guru berikut ini.

Coronavirus membawa dampak yang sangat besar untuk dunia. Tidak hanya mempengaruhi kesehatan, wabah ini juga mampu melumpuhkan aktivitas ekonomi dan pendidikan masyarakat.

Contohnya di Indonesia. Karena Coronavirus, semua sekolah terpaksa libur dan murid-murid harus belajar dari rumah. Buat kalian yang mungkin merasa kesulitan belajar dari rumah, tenang ya.

Kalian bisa coba belajar secara online. Presiden Joko Widodo mengatakan kalau kita sekarang telah mendapat bantuan gratis dari aplikasi dan situs belajar online.

Lalu apa saja aplikasi dan situs belajar online gratis yang sekarang tersedia di Indonesia? Yuk, simak informasi lengkapnya.

Daftar Aplikasi dan Situs Belajar Online

Ruang Guru

Sumber Gambar : Ruang Guru

Ruang Guru adalah aplikasi belajar online terpopuler di Indonesia. Aplikasi ini turut memberikan sumbangan gratis buat pelajar yang harus belajar dari rumah selama wabah Coronavirus.

Ruang Guru membuka sekolah online gratis sejak 16 Maret 2020. Sekolah online dari pukul 08.00 โ€“ 12.00 WIB dan berlangsung hari Senin sampai Jumat.

Sekolah online tersedia untuk semua kelas dan mata pelajaran inti. Walau pun gratis, tapi kalian jangan khawatir. Karena semua materi tetap dipandu oleh tutor profesionalnya Ruang Guru kok.

Oya buat kalian yang ketinggalan sekolah online, jangan khawatir. Karena sekolah online yang sudah selesai bisa diputar ulang.

Download

Download

Google Suite for Education

Sumber Gambar : G Suite for Education

Sesuai namanya, ini adalah layanan belajar online buatan Google. Fitur-fitur yang ada di Google Suite for Education bisa dipakai untuk kegiatan belajar-mengajar.

Menariknya, semua fitur di aplikasi ini bisa diakses secara online dan offline. Wah, jadi cocok buat kalian yang mungkin minim internet di rumah nih.

Di sini guru bisa membuat โ€˜kelasโ€™ dan diikuti semua muridnya. Di dalam โ€˜kelas,โ€™ guru bisa memberi tugas, penilaian, streaming video, atau bakan melakukan percakapan tertulis.

Kunjungi Situs

Zenius

Sumber Gambar : Zenius

Zenius menyediakan layanan belajar gratis sebagai persiapan Ujian Nasional. Di sini kalian bisa mengakses puluhan ribu video materi. Mulai dari materi SD, SMP, SMA (KTSP, K13, K13 revisi).

Menariknya, selain gratis, semua video belajar dihadirkan dalam format whiteboard. Jadi penggunaan aplikasi ini dijamin hemat kuota.

Download

Download

Wolfram Alpha

Sumber Gambar : Wolfram Alpha

Nah kalau Wolfram Alpha, ini adalah layanan online yang bisa menjawab berbagai pertanyaan soal matematika. Wah kalau yang satu ini, sepertinya cocok untuk mengerjakan soal matematika yang sulit ya.

Kalian bisa mengajukan pertanyaan dan perhitungan melalui kolom teks yang tersedia. Setelah itu Wolfram Alpha bakal menghitung jawaban dan menampilkannya sesuai basis data yang mereka punya.

Oya, Wolfram Alpha tidak hanya bisa mengerjakan soal matematika lho. Kalian juga bisa memakai situs ini untuk mencari jawaban di bidang ilmu pengetahuan lainnya.

Kunjungi Situs

Office 365 for Education

Sumber Gambar : Office 365 for Education

Office 365 for Education adalah aplikasi belajar yang dikembangkan Microsoft. Jadi selama wabah Coronavirus, Microsoft juga menggratiskan layanan belajar gratis di aplikasi ini.

Di dalam Office 365 for Education ada fitur Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan Microsoft Teams. Oya, di sini ada juga tools untuk membuat kelas lho.

Jadi guru dan murid bisa membuat ruang kelas mereka sendiri. Menariknya, kelas ini akan terus terkoneksi secara online.

Layanan ini bisa kalian dapatkan secara gratis dengan memasukkan email sekolah resmi. Email itu dimasukkan ke laman โ€˜Microsoft Indonesia > Office 365 Education.โ€™

Kunjungi Situs

%d blogger menyukai ini: