Pilihan Aplikasi Konverter Audio dan Video Terbaik untuk Linux

Kalian sedang mencari aplikasi konverter audio dan video untuk Linux? Jika iya, simaklah artikel berikut untuk mengetahui daftar aplikasinya.

Apa kalian pernah dengar tentang konversi audio atau video? Konversi audio atau video sama saja dengan mengubah format file. Pengubahan bisa dimulai pada size (ukuran), length (durasi), dll.

Bagi pengguna Windows, menemukan apalikasi koventer bukan hal sulit. Tapi berbeda dengan pengguna Linux. Rasanya mungkin agak sulit untuk menemukan aplikasi konverter  audio dan video untuk Linux.

Meski begitu, kalian tidak perlu khawatir. Sebab kali ini saya akan rekomendasikan beberapa aplikasi konverter audio dan video untuk Linux ke kalian.

Penasaran apa saja aplikasinya?

Sumber Gambar : Kim Commando

Aplikasi Konverter Audio dan Video untuk Linux

SoundConverter

SoundConverter adalah konverter audio yang sangat bagus untuk Linux. Aplikasi ini dirancang untuk Desktop GNOME, dan mendukung output ke format audio Ogg Vorbis, FLAC, MP3 dan WAV.

Aplikasi ini punya banyak opsi seperti mengubah nama file output. Selain itu, kalian juga bisa menyesuaikan bitrate, dan mempertahankan CPU dengan membatasi jumlah paralel.

Download

K3b

Sumber Gambar : Mageia App Db

K3b adalah CD dan DVD maker terbaik untuk Linux. Aplikasi ini dapat mengkonversi audio di Linux lalu diekspor ke CD atau DVD.

Aplikasi konversi DVD ini pertama rilis tahun 1998, tapi sekarang sudah diperbarui. Sekarang K3b terlihat lebih modern, cepat dan tidak rumit.

Aplikasi ini hanya punya sedikit fitur. Meski begitu, K3b tetap bisa bekerja optimal dalam mengkonversi audio. Oya, K3b juga bisa digunakan untuk membuat proyek tunggal mau pun multi-disc lho.

Download

HandBrake

Sumber Gambar : Handbrake

HandBrake adalah pemain lama dalam pasar media konverter. HandBrake mungkin sering dikenal sebagai aplikasi Windows. Tapi sebenarnya, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk Linux.

HandBrake hanya fokus pada konversi video. Aplikasi ini mudah digunakan dan menawarkan preset bawaan untuk perangkat tertentu.

Preset ini dapat mengoptimalkan konversi video ke perangkat yang diinginkan. Baik itu smartphone, laptop atau bahkan TV.

Selain itu, aplikasi ini memungkinkan kalian untuk menambah penanda bab, subtitle dan filter video. Selain itu, kalian juga bisa memotong video dan menambah skala juga.

Download