Pilihan Browser Portabel Yang Bisa Dipakai di Flashdisk

Browser portabel sangat praktis dan efisien, apalagi yang bisa dibawa di flashdisk. Berikut daftar browser portabel yang bisa digunakan di flashdisk.

Browser telah menjadi kebutuhan pokok pengguna internet. Sebab browser adalah gerbang utama orang untuk menjelajah dunia maya.

Selama ini pengguna internet hanya mengenal browser biasa. Hanya sedikit orang yang mengetahui tentang browser portabel. Padahal browser ini jauh lebih praktis dan efisien lho.

Misal kalian ingin memakai komputer teman, tapi browser di sana sudah jadul/error. Bisa juga kalian menggunakan komputer, namun browser-nya tidak bisa menggunakan extention (mungkin nggak boleh ama mas admin).

Permasalahan di atas bisa diatasi dengan menggunakan browser portabel. Browser ini bisa kalian bawa ke mana saja. Bahkan, browser tersebut juga bisa dipakai di flashdisk.

Daftar Browser Portabel yang Bisa Dipakai di Flashdisk

Opera Portable

Opera menawarkan browser yang bisa dibawa ke mana saja. Opera Portable bisa digunakan untuk perangkat Windows dan macOS.

Tidak ada perbedaan mencolok antara Opera biasa dengan Opera Portable. Ini berarti, kalian bisa menikmati semua fitur Opera seperti pemblokir iklan dan penghemat baterai seperti biasa.

Opera biasa menyimpan semua data di host komputer. Namun berbeda dengan Opera Portable, semua bookmark, ekstensi dan data hanya akan disimpan ke drive USB.

Download

Download

Firefox

Sumber Gambar : CCM Net

Sebenarnya Firefox versi portabel untuk Windows telah ada sejak tahun 2004. Firefox Portable adalah aplikasi pertama yang tersedia di situs web PortableApps.com.

Versi portabel ini juga menyediakan semua fitur Firefox biasa. Kalian tetap bisa menikmati ekstensi dan pembaruan otomatis di Firefox.

Biasanya pembaruan aplikasi di drive USB dapat memakan waktu. Hal ini bisa diatasi dengan mengaktifkan permintaan pembaruan, jika kalian mau.

Forefox Portable juga memungkinkan kalian mengakses bookmark seperti biasa. Tidak hanya itu, kalian bisa mengatur Firefox sesuai selera.

Meski sekilas sama, namun Firefox Portable dan versi biasa tetap punya perbedaan. Beberapa diantaranya adalah penambahan profil default, penghapusan default browser check saat start-up, dll.

Firefox Portable dapat digunakan oleh pengguna Windows. Selain itu, browser ini juga dapat bekerja dengan Wine pada sistem UNIX.

Download

Vivaldi Standalone

Sumber Gambar : Portable Freeware

Layaknya Firefox dan Opera, Vivaldi juga bisa menjadi browser portable lho. Bedanya, Vivaldi versi portabel tergabung menjadi satu dengan installer browser utama.

Untuk menggunakan Vivaldi portabel, kalian perlu mengambil aplikasi dari situs web perusahaan. Setelah itu, ikuti langkah berikut ini.

  • Jalankan installer
  • Pada jendela pertama, pilih β€˜Advanced.’
  • Dalam menu drop-down Installation type, klik β€˜Install Standalone.’
  • Pilihlah folder tujuan sesuai selera, selain β€˜Program Files.’
  • Terakhir, klik tombol β€˜Accept.’

Berbeda dengan browser lain, ekstensi Vivaldi tidak akan ditransfer ke versi portabel. Hanya saja, esktensi dienkripsi dengan kunci khusus komputer.

Download