Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Tutorial Cara Pinjam Uang di Shopee untuk Pengguna Baru

ShopeePinjam (Sumber: Shopee)
Indri Penulis

Gimana sih cara pinjam uang di Shopee untuk pengguna baru? Tenang, kamu bisa simak syarat dan tutorial lengkapnya di sini.

Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar yang ada di Indonesia. Marketplace yang satu ini terkenal dengan jargon yang katanya ‘gratis ongkir’ (yah walaupun kalian tahu sendiri lah realitanya kayak gimana huhuhu).

Selama beberapa tahun terakhir, Shopee bisa dibilang sudah merombak habis-habisan fitur-fitur yang ada di platform-nya. Dari yang awalnya cuma platform jualan biasa, sekarang Shopee punya berbagai fitur baru seperti ShopeePay, SpayLater, Shopee Food, sampai SPinjam.

ShopeePay adalah layanan dompet digital dari Shopee. SPayLater adalah dana pinjaman yang bisa dipakai pengguna untuk membeli barang. Shopee Food bisa dimanfaatkan untuk layanan pesan antar makanan. Kemudian kita ketemu dengan SPinjam, yakni layanan yang bisa memberikan pinjaman uang tunai ke pengguna.

Khusus kali ini saya mau bahas soal fitur Spinjam. Fitur ini banyak diburu masyarakat karena bisa memberikan pinjaman uang hingga nominal tertentu.

cara pinjam uang di shopee
ShopeePinjam – Sumber: Shopee

Apa Itu Shopee SPinjam?

Shopee Pinjam atau SPinjam adalah produk dari Shopee yang menawarkan pinjaman tunai kepada pengguna. Layanan ini bisa membantumu dalam kondisi terdesak. Kamu bisa mendapat pinjaman uang tunai dengan bunga yang relatif kecil, yakni 1,95% per bulan.

Bagaimana sistem pembayaran SPinjam? Ada beberapa jangka waktu cicilan yang bisa dipilih pengguna, yakni selama 3 sampai 12 bulan.

Apa Perbedaan SPinjam dengan SPayLater?

Mungkin banyak dari kamu yang penasaran dengan perbedaan SPinjam dengan SPayLater. SPayLater hanya bisa kamu pakai ketika berbelanja di Shopee. Sementara SPinjam bisa memberikan pinjaman uang tunai yang bisa kamu pakai untuk keperluan apapun ‘di luar belanja Shopee.’

Syarat Pinjam Uang di Shopee SPinjam

Apa saja syarat agar bisa meminjam uang via Shopee SPinjam? Ada dua syarat yang perlu kamu penuhi kalau mau pinjam uang lewat SPinjam.

Syarat pertama, kamu perlu mengaktifkan fitur ShopeePay di akun Shopee-mu. Lalu syarat kedua adalah tidak pernah telah membayar SPayLater dan SPinjam (ini berlaku kalau kamu mau mengajukan pinjam untuk yang kedua dan seterusnya ke Shopee).

Cara Mengaktifkan SPinjam Shopee

Nah kamu sudah mengetahui apa itu Shopee SPinjam, lalu syarat agar bisa meminjam uang dari sana. Sekarang saya akan langsung jelaskan tips mengaktifkan SPinjam uang di Shopee. Yuk langsung saja ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Buka aplikasi Shopee di ponselmu.
  • Klik tabSaya > SPinjam.”
  • Setelah itu, klik tombol “Aktifkan Sekarang.”
  • Selanjutnya masukkan kode verifikasi (OTP), dan klik tombol “Lanjut.”
  • Kalau sudah, isi data diri sesuai KTP pemilik akun aplikasi Shopee.
  • Kemudian unggah juga foto KTP dan foto selfie wajah.
  • Jika sudah selesai, kamu cuma perlu menunggu proses aktivitasi disetujui oleh pihak Shopee.

Itu dia langkah-langkah aktivasi SPinjam. Karena dalam langkah-langkah di atas kamu perlu verifikasi pakai KTP, mungkin kamu bertanya-tanya apakah itu aman atau tidak kan? Dalam situs resminya, Shopee mengatakan kalau verifikasi KTP untuk pengajuan SPinjam aman. Mereka bakal menyimpan data pribadimu dengan akses bersifat khusus dan terbatas.

Cara Pinjam Uang dari Shopee Pinjam

Setelah kamu melakukan aktivasi SPinjam, sekarang kamu bisa langsung mengajukan pinjaman ke Shopee. Caranya buka SPinjam dan klik tombol “Ajukan Pinjaman.” Setelah itu kamu bisa pilih nominal pinjaman dan tenor sesuai selera.

Aman Mana SPinjam vs Kredit Online?

Beberapa bulan lalu, Indonesia sempat digegerkan dengan laporan banyak orang terkait praktik kredit online ilegal. Mereka yang membuat aduan ke pihak kepolisian mengatakan bahwa mereka telah diperas dan diancam habis-habisan oleh aplikasi kredit online.

Usut punya usut, ternyata kejadian itu terjadi pada orang-orang yang mengambil pinjaman ke aplikasi kredit online ilegal. Aplikasi-aplikasi ilegal tersebut beroperasi tanpa izin yang jelas dan pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Proses kredit yang cuma bermodalkan KTP dan foto selfie berhasil membuat banyak orang tergiur. Ditambah dengan pandemi COVID-19 yang membunuh banyak lapangan pekerjaan, membuat banyak orang jadi kehilangan pekerjaannya.

Padahal kebutuhan hidup tidak bisa ditunda lagi. Kredit online tanpa agunan akhirnya jadi solusi kilat untuk menutup kebutuhan hidup ‘sementara.’

Ditambah dengan bunga yang ‘awalnya murah,’ banyak orang yang akhirnya terjerat dengan aplikasi kredit online ‘abal-abal.’ Padahal setelah ditelisik lebih dalam, ternyata bunga yang ambil aplikasi kredit online semakin lama justru tambah membengkak.

Pengguna yang awalnya cuma pinjam Rp 3 jutaan, tiba-tiba malah ditagih cicilan yang membengkak hingga Rp 14 juta. Sangat tidak rasional kan?

Parahnya lagi jika telah membayar, akan ada tim khusus ‘ala rentenir’ yang mengancam si peminjam. Mulai dengan menyebarkan aib, sampai ancaman yang mengancam keselamatan peminjam.

Lalu kira-kira aman mana Shopee SPinjam dengan aplikasi kredit online? Sebenarnya mereka berdua sama-sama aman. SPinjam jelas di keterangannya sudah dilindungi oleh OJK. Begitupun dengan aplikasi kredit online.

Kalau kamu ingin mengajukan pinjaman ke aplikasi kredit online, pastikan kamu memilih aplikasi yang telah diawasi oleh OJK. Dengan begitu setiap transaksi dan proses-proses lainnya bakal aman.

Kamu tentu nggak mau mengalami kejadian diuber-uber rentenir online gara-gara pakai aplikasi kredit abal-abal kan? Hi… Ngeri banget deh pokoknya!