Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Pinsnake: Aplikasi Pinterest Windows Phone Ini Enak untuk Mencari Referensi

Anom Penulis

Pinterest adalah sebuah website yang cocok untuk mencari referensi kreativitas. Pinsnake, sebagai aplikasi Pinterest Windows Phone, menyajikan hal itu dengan baik. Aplikasi ini berpotensi untuk jadi aplikasi Pinterest terbaik. Tapi ada beberapa hal yang layak diperhatikan terlebih dulu.

Pertama-tama, Pinsnake patut dipuji untuk desain yang bagus. Tampilannya bersih dan teratur. Singkat kata, enak dilihat.

Hampir semua fitur Pinterest juga tersedia di aplikasi ini. Kita bisa melihat pin dari orang-orang yang kita follow, melihat sebuah pin, menyukai, menyimpan gambar pin, melakukan re-pin, membuat pin atau board, melihat profil, follow seseorang, dll. Ada juga saran pencarian lebih spesifik yang dimiliki Pinterest (aplikasi Pin.it tidak memilikinya).

Walau begitu, ada beberapa fitur yang belum dimiliki atau berfungsi di aplikasi ini. Misalnya Message. Saya juga menemukan kalau kita belum bisa memberi komentar ke sebuah pin melalui Pinsnake. Ada tulisannya, tapi saat di tap tidak terjadi apa pun.

Pin yang disimpan akan menuju galeri foto di handphone. Ini memudahkan untuk berbagi atau mendiskusikannya di aplikasi lain (misalnya di WhatsApp). Tapi berbagi halaman pin (link) itu sendiri belum bisa dilakukan.

Kalau ada hal yang mengganjal, hal itu justru mengenai tampilan itu sendiri. Tampilannya memang bagus, tapi sayangnya kurang sesuai dengan UI/UX Windows 10 Mobile atau Windows Phone 8.1. Kalau kita sudah terbiasa dengan letak tombol-tombol yang biasa hadir di Windows 10 Mobile atau Windows Phone 8.1 (application bar di bawah, elipsis [icon type=”glyphicon glyphicon-option-horizontal” color=”#444444″ fontsize=”17″] di kanan bawah, atau hamburger menu di kiri atas), kemungkinan besar saat pertama menggunakan aplikasi ini akan sedikit merasa kurang nyaman.

Hal ini juga membuat aplikasi ini sedikit kurang efisien. Sebagai contoh kasus, tombol menambah pin (bukan re-pin) terletak di profil kita. Jadi kalau kita mau pin sesuatu yang baru, kita harus masuk ke profil kita dulu. Kemudian, aplikasi ini juga belum mendukung fungsi Share dari Microsoft Edge.

Yah sejauh ini, kalau sekedar mencari referensi atau ide-ide kreatif, Pinsnake sudah memadai untuk digunakan. Kalau memang itu yang sering dilakukan, aplikasi Pinterest Windows Phone ini termasuk yang direkomendasikan.