Pixel 3a dan 3a XL: Ponsel “Menengah” ala Google

software jadi daya tariknya

Di acara Google I/O 2019, Google mengumumkan dua ponsel baru, yaitu Pixel 3a dan 3a XL. Kedua ponsel ini merupakan ponsel menengah. Artinya, harganya lebih terjangkau dari versi sebelumnya.

Namun, mungkin patut disebut sebelumnya kalau ponsel ini tidak secara resmi masuk di Indonesia. Jadi, jangan terlalu berharap dulu.

Walau begitu, ada beberapa hal menarik yang bisa kita lihat dari ponsel baru Google ini. Terutama melihat persaingan di kelas menengah yang sengit.

Untuk itu, mari kita lihat Google Pixel 3a dan 3a XL sedikit lebih dekat.

tampilan varian warna google pixel 3a
Varian warna Google Pixel 3a

Sekilas Google Pixel 3a dan 3a XL

Pertama-tama, kedua ponsel ini punya penampilan serupa. Khas ponsel Google Pixel. Pilihan warnanya ada tiga, yaitu: Just Black, Purple-ish, dan Clear White.

Lalu, tidak hanya itu saja. Secara spesifikasi juga banyak yang sama.

Google Pixel 3a dan 3a XL sama-sama menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 670 Octa-core dengan GPU Adreno 615 dan modul keamanan Titan M, RAM 4GB, juga memori internal 64GB. Lalu ada juga colokan audio 3,5mm.

Kedua ponsel ini juga sama-sama memiliki kamera belakang tunggal 12,2MP dual-pixel (f.1.8, 1.4µm, 76º) dan kamera depan 8MP (f/2.0, 1.12µm, 84º, fixed focus). Kualitas rekaman video kamera belakang mencapai 4K@30fps, dan kamera depan mencapai 1080p@30fps.

Yang membedakan keduanya adalah ukuran layar dan baterai.

Layar Pixel 3a adalah layar OLED 5,6 inci FHD+ 2220×1080 dengan rasio 18,5:9 dan ketajaman 441 ppi. Sedangkan layar Pixel 3a XL adalah layar OLED 5,0 inci FHD+ 2160×1080 dengan rasio 18:9 dan ketajaman 402 ppi.

Bagaimana dengan baterainya? Pixel 3a memiliki baterai 3000 mAh dan 3a XL memiliki baterai 3700 mAh. Keduanya juga didukung oleh fast charging.

penampilan Google Pixel 3a XL
penampilan Google Pixel 3a XL

Apa yang menarik dari kedua ponsel ini?

Kalau melihat spesifikasi teknisnya, saya yakin kamu bisa menemukan berbagai ponsel lain yang bersaing. Apalagi, seperti kita ketahui bersama, ponsel kelas menengah memiliki persaingan ketat.

Lalu apa yang jadi daya tarik sebenarnya? Kalau menurut saya — selain kalau kamu fans Google — adalah perangkat lunak alias software yang ada di dalamnya.

Dengan menggunakan ponsel Google Pixel, kamu akan terjamin mendapat update rutin langsung dari babonnya. Termasuk mencoba kalau ada versi Android beta terbaru, seperti Android Q beta.

Selain itu, kamu bisa menggunakan aplikasi kamera Google. Aplikasi kamera ini penuh dengan “sihir” maut. Seperti HDR+, Portrait Mode (hanya dengan satu kamera), Super Res Zoom, Time Lapse, dan Night Sight.

Fitur Night Sight adalah salah satu tren terbaru, yang juga diikuti merk ponsel lain. Misalnya Huawei P30, dan bahkan Realme 3 dan Realme 3 Pro dengan Nightscape.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati preview fitur augmented reality di Google Maps (di daerah yang mendukung Street View dengan koneksi internet bagus).

Berburu ke negeri orang

Kalau Google Pixel 3a dan 3a XL adalah handphone kelas menengah, berapa sih harganya? Hm, untuk Pixel 3a harganya adalah $399. Sedangkan untuk Google 3a XL, harganya $479.

Nah, di mana saja ponsel ini dijual? Yah, sayangnya bukan di Indonesia. Ada 13 negara tempat kedua ponsel ini tersedia. Yaitu: Amerika Serikat, Inggris, Australia, Perancis, Jerman, Spanyol, Italia, Irlandia, Kanada, Jepang, Taiwan, India, dan Singapura.

Itulah sekilas tentang ponsel baru Google 3a dan 3a XL. Apa kamu berminat? Kalau iya, bersiaplah berburu ke negeri orang. Kalau ingin tahu lebih detil, silakan kunjungi situs resminya.

%d blogger menyukai ini: