Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Pixl For Filckr: Aplikasi Alternatif Flickr Windows Phone

Anom Penulis

Harus diakui, Flickr memang memiliki nama besar di jagat maya. Di Windows Phone, selain aplikasi resminya, ada juga Pixl For Flickr, aplikasi alternatif Flickr Windows Phone. Seperti biasa, pertanyaan pertama yang diajukan adalah: Apa keistimewaan aplikasi ini?

Fitur Pixl For Flickr
  1. Melihat photostream (timeline), foto popular, foto nearby, dan notifikasi
  2. Mengambil gambar lewat kamera atau galeri foto
  3. Tersedia banyak filter (kategorinya dinamai sesuai kota-kota di Amerika)
  4. Upload ke Flickr
  5. Mengatur privacy untuk foto yang di-upload
  6. Memberi keterangan pada foto yang di upload
  7. Memberi komentar dan like foto pengguna lain
  8. Mengatur location service (onoff)
  9. Optimalisasi foto saat upload
  10. Auto tag dengan tappixl

Pixl For Flickr tidak hanya berfungsi sebagai uploader untuk Flickr saja. Tapi juga menggunakan pendekatan ala aplikasi fotografi yang sedang populer saat ini, yaitu menyediakan berbagai filter foto. Itulah salah satu kelebihan aplikasi ini.

Selain itu, Pixle For Flickr juga memiliki tampilan yang menarik. Tidak hanya sajian tile foto, peletakan username, tanggal foto di-upload, atau informasi lain juga enak di lihat. Padu panan warna aplikasi ini juga bagus. Secara keseluruhan, tampilan aplikasi ini menarik dan enak digunakan.

Filter yang disediakan sebenarnya cukup banyak. Ada beberapa kategori di sini. Di dalam kategori ini ada beberapa filter foto. Pada saat kita install aplikasi ini, kita hanya bisa menggunakan satu kategori saja, yaitu San Fransisco. Sedangkan untuk menggunakan filter lain, kita harus membelinya (in-app purchasing).

Sayangnya, di aplikasi ini belum ada tool edit lain selain filter foto. Kita tidak bisa melakukan crop atau rotate foto. Jadi yah, agak kurang leluasa kalau kita memotret melalui aplikasi ini. Kalau kita ingin melakukan crop atau rotate foto, yang terbaik memang memotret dulu dengan kamera Windows Phone, mengeditnya, baru menggunakan aplikasi ini untuk filter dan upload ke Flickr.

Seperti biasa, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk memberi komentar atau menyukai foto pengguna Flickr lain., dan melihat profil kita. Sedangkan di bagian setting, tersedia beberapa pilihan untuk login, location service, optimalisasi foto dan auto tag dengan Tappixl. Auto tag ini akan memunculkan tag Tappixl di foto kita di Flickr.

Oya, buat kamu pengguna Flickr, pasti terbiasa dengan pengaturan set, galeri, dll. Nah, salah satu kekurangan aplikasi ini adalah akses ke pengaturan tersebut. Kita belum bisa memasukkan foto ke set tertentu, dan hanya bisa upload ke photostream saja. Yah, sebenarnya kalau bisa begitu akan sangat menarik. Tapi seringkali kita tidak mendapat yang kita mau. Instagram, misalnya *ahem*. :p

Aplikasi Pixl For Flickr ini bisa didapat secara gratis di Store Windows Phone region Indonesia. Walaupun di Store di sebutkan untuk Windows Phone 8, kami juga bisa meng-install-nya di Windows Phone 7.8.