Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Platform Distribusi Musik TikTok “SoundOn” Siap Bayar Royalti ke Artis

soundon tiktok
Indri Penulis

TikTok resmi luncurkan platform baru bernama “SoundOn.” Platform ini akan membayar royalti pada setiap orang yang mengunggah lagu ke sana.

TikTok telah memantapkan posisinya sebagai platform yang memberikan pengaruh besar di industri musik. Bahkan secara nggak langsung, TikTok bisa dibilang telah sukses mengantarkan lagu-lagu yang viral di aplikasinya, ke puncak tangga lagu Billboard.

popculture.id

Untuk lebih memberdayakan pembuat musik, TikTok kini resmi meluncurkan sebuah platform pemasaran dan distribusi musik miliknya sendiri bernama “SoundOn.” Platform ini dibuat untuk membantu lebih banyak artis, supaya lagu/musik mereka bisa didengar lebih banyak orang.

Bagaimana Cara Kerja Platform TikTok “SoundOn?”

SoundOn memungkinkan artis mengunggah lagu mereka langsung ke TikTok, dan juga ke layanan streaming musik buatan ByteDance, Resso.

Platform ini tersedia secara gratis, alias bisa diakses oleh semua orang. Tidak ada biaya transaksi/biaya apapun yang akan dibebankan oleh SoundOn.

Justru sebaliknya, TikTok mengatakan kalau SoundOn akan membayar 100% royalti kepada pembuat musik ‘untuk waktu yang tidak terbatas’ di berbagai platform milik ByteDance. Contohnya pendistribusian musik ke TikTok, Resso, sampai ke aplikasi editor video Capcut.

Untuk pembayarannya, artis akan memperoleh 100% royalti di tahun pertama sejak mereka mengunggah musik ke SoundOn. Sedangkan tahun-tahun berikutnya, royaltinya akan turun menjadi 90%.

Sementara itu di luar penanganan mekanisme distribusi musik, SoundOn juga menyajikan alat dan dukungan untuk membantu mempromosikan musik. Contohnya wawasan dan pengembangan audiens, saran dari tim pemasaran SoundOn, akses ke tab lagu TikTok (tempat musik ditautkan di halaman profil), verifikasi TikTok, penempatan editorial di Resso dan CapCut, sampai dukungan promosi lewat pemasaran kreator di TikTok.

Satu lagi, TikTok juga membeberkan kalau setiap musik yang diunggah ke SoundOn, akan berada di urutan teratas daftar pencarian (baik saat mencari musik di TikTok, Resso atau CapCut).

Wah kalau begitu, ini kabar bagus buat artis-artis baru dong. Seperti yang kita tahu sebagai artis baru, musik mereka mungkin belum banyak dikenal/didengarkan orang lain. Dengan memanfaatkan SoundOn, hal ini bisa membuat lagu mereka cepat dikenal banyak orang. Plus tentunya, mereka bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Sementara itu, SoundOn kini telah tersedia secara resmi di beberapa negara termasuk Indonesia, Amerika Serikat, Inggris, dan Brazil. Kamu bisa mengakses platform tersebut di sini.

    %d blogger menyukai ini: