Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Fitur “Play as you download” Segera Hadir untuk Pengguna Android 12

Bisa langsung main game pas masih di-download!

Indri Penulis

Google memberi konfirmasi jika fitur “Play as you download” segera hadir di Android 12. Fitur ini memungkinkan kamu memainkan game pas masih di-download.

Salah satu hal menjengkelkan yang harus dirasakan mayoritas mobile gamer adalah lamanya proses download game. Apalagi kalau ukuran game yang diunduh mencapai ukuran Gigabyte dan ditambah koneksi internet cukup lambat, hm.. Proses download bisa memakan waktu sampai berjam-jam.

Lha terus mainnya kapan dong?” Ya nanti, kalau proses download-nya selesai. Hahahaha.

Tapi tenang, ada kabar baik buatmu mobile gamer khususnya yang pakai ponsel Android. Karena sebentar lagi kamu akan bisa menikmati fitur “Play as you download” dalam waktu dekat.

“Play as you download” adalah fitur yang sudah diperkenalkan Google pada Juli 2021. Fitur tersebut memungkinkan kamu, yah, main game sambil download di ponsel Android.

play as you download android

Maret ini, Google akhirnya mengonfirmasi kalau fitur “Play as you download” akan tersedia untuk perangkat yang memakai Android 12, sistem operasi Google terbaru, atau sistem apa pun yang akan datang setelahnya. Sayang untuk tanggal peluncuran pastinya belum dibeberkan, tapi Google berjanji kalau fitur tersebut akan hadir dalam waktu dekat.

Sebenarnya fitur semacam “Play as you download” sudah bukan hal baru lagi dalam dunia gaming. Bahkan ia adalah fitur yang sangat terkenal di kalangan pengguna konsol. Fungsinya pun sama, yakni memungkinkan kamu memainkan game ‘yang sedang diunduh’ walaupun proses download-nya belum selesai 100%.

Nah yang bikin penasaran, kok bisa game yang belum selesai 100% diunduh sudah bisa dimainkan di ponsel Android? Gimana cara kerjanya?

Jadi cara kerja fitur “Play as you download” sebenarnya cukup simpel. Fitur tersebut memanfaatkan Android’s Incremental File System/Sistem File Inkremental Android untuk menggunakan sumber daya inti, lalu kemudian dipakai untuk memainkan game. Sementara berbagai file game yang dianggap nggak terlalu penting, akan diunduh belakangan.

Baca Juga:  Bocoran Spesifikasi Chipset Tensor G2: Bakal Jadi Chipset 4nm!

Dalam arti yang lebih sederhana, fitur ini memungkinkan kamu untuk menggunakan ‘bagian paling vital’ dari file game. Sedangkan file yang kurang penting akan diunduh di latar belakang.

Dengan menggunakan sistem ini, kamu bisa mengunduh game berukuran jumbo seperti Call of Duty Mobile dengan lebih cepat. Karena proses unduhan akan fokus pada file penting terlebih dulu, maka kamu bisa melewati pemasangan tingkat dasar dan dapat segera memainkan game (jadi nggak perlu menunggu lama seperti proses download biasanya).

Namun sayangnya fitur semacam itu juga harus diterapkan oleh pengembang game. Nah ini yang jadi masalahnya. Otomatis nggak semua game bisa mendukung fitur semacam itu. Kalau game-game besar sekelas Call of Duty atau PUBG Mobile mungkin bisa saja menerapkan fitur itu. Tapi beberapa game kecil mungkin akan berpikir dua kali untuk menerapkannya.

Terlepas dari itu semua, “Play as you download” tampak sangat berguna dan praktis. Mungkin nantinya fitur tersebut akan digilai oleh kalangan mobile gamer. Gimana menurutmu?