Main Game Sambil Download di Ponsel Android Segera Jadi Kenyataan

Pasti kamu pernah merasa sebal kan harus menunggu proses download yang lama sebelum bisa main game? Nah, nantinya hal itu akan menjadi masa lalu. Google sudah mengembangkan sistem yang memungkinkan kita main game di ponsel Android saat proses download berjalan. Asik kan?

Google mempresentasikan fitur “Play as you download” itu di Games Developer Summit. Fitur main game sambil download ini akan berjalan di Google Play Store dan Android 12.

Konsep dasarnya adalah “memecah” komponen game sehingga yang penting dan mendasar akan menjadi prioritas dalam proses download. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengunduh keseluruhan game untuk mulai bermain.

Google memberi contoh kalau pengguna sudah bisa memainkan game ketika proses download sudah berjalan sekitar 20%. Yah, tergantung ukuran file game bersangkutan. Tapi untuk game besar, bisa main di posisi 20% sudah lumayan. Paling tidak kita bisa memainkan proses awal di game itu.

Sebelum ini, Google sudah menerapkan fitur “Google Play Instant App” yang memungkinkan pengguna mencoba game sebelum mengunduhnya. Walau menarik, tidak semua game menghadirkan fitur ini.

Fitur “Play as you download” hadir di Android 12 karena generasi terbaru sistem operasi smartphone itu memiliki “Incremental FS.” Jadi pengguna ponsel yang tidak bisa mendapat Android 12 kelihatannya memang harus gigit jari.

Nah, yang menarik, fitur bisa main game sambil download ini akan hadir secara otomatis! Pengembang tidak perlu memberi dukungan khusus untuk game mereka. Google hanya mensyaratkan pengembang memakai format app bundle baru mulai bulan Agustus 2021.

Jadi memang nantinya kamu bisa lebih cepat menikmati permainan. Walau begitu, belum jelas bagaimana prosesnya untuk permainan yang biasanya mengunduh aset lagi di dalam game.

%d blogger menyukai ini: