PlayStation 5 Resmi Dapatkan Fitur Variable Refresh Rate Lewat Update Perangkat Lunak

Indri Penulis

Sony resmi mengumumkan mereka resmi memboyong fitur Variable Refresh Rate ke PlayStation 5, lewat pembaruan perangkat lunak terbaru.

Akhir Maret 2022, Sony mengumumkan jika mereka tengah mempersiapkan fitur kecepatan refresh variabel untuk konsol terbarunya, PlayStation 5. Meski waktu itu belum dikonfirmasi kapan detil rilisnya, tapi fitur ini mendapat respon positif dari pengguna PlayStation 5.

April 2022 ini, Sony akhirnya merilis pernyataan resmi tentang fitur Variable Refresh Rate buat PlayStation 5. Dikutip dari situs PlayStation, fitur tersebut akan tersedia secara global minggu ini lewat pembaruan perangkat lunak yang hadir di PlayStation 5.

Variable Refresh Rate / VRR nantinya bisa diaktifkan lewat opsi di pengaturan “Screen and Video.” Fitur ini bisa diterapkan hanya untuk game yang mendukungnya.

playstation 5 variable refresh rate

Kamu sebenarnya bisa juga mengaktifkan fitur ini untuk semua jenis game ‘lewat opsi tambahan.’ Tapi opsi yang kedua ini bisa menyebabkan beberapa efek visual yang nggak terduga, dan mungkin nggak selalu berfungsi dalam beberapa kasus.

Sony mengumumkan untuk sementara ini ada beberapa judul game yang sudah mendukung fitur VRR yakni Astro’s Playroom, Call of Duty: Vanguard, Call of Duty: Black Ops Cold War, Destiny 2, Devil May Cry 5 Special Edition, DIRT 5, Godfall, Marvel’s Spider-Man Remastered, Marvel’s Spider-Man: Miles Morales, Ratchet & Clank: Rift Apart, Resident Evil Village, Tiny Tina’s Wonderlands, Tom Clancy’s Rainbow Six Siege, dan Tribes of Midgard.

Lebih lanjut, Sony mengatakan kalau akan ada lebih banyak game yang mendapat dukungan VRR di masa depan lewat proses pembaruan. Beberapa judul game terbaru yang akan rilis ke depan juga kemungkinan besar bakal mendukung fitur VRR.

Sayangnya ada sedikit kendala pada fitur VRR. Sony menjelaskan kalau fitur ini cuma kompatibel dengan TV dan monitor yang mendukung HDMI 2.1. Padahal mayoritas produsen TV dan monitor telah mengaktifkan fitur tersebut bahkan pada model HDMI 2.0.

Kalau boleh jujur, sebenarnya ini adalah keputusan yang aneh buat Sony. Kenapa? Karena konsol Xbox Series X/S dan bahkan Xbox One X/S saja telah mendukung VRR di tampilan HDMI 2.0. Kalau fitur VRR Sony cuma kompatibel buat HDMI 2.1, ini akan membuat cuma segelintir pengguna dengan layar HDMI 2.1 yang bisa mencicipi fitur tersebut. Lalu mayoritas pengguna yang masih pakai HDMi 2.0 bakal gigit jari gara-gara nggak bisa merasakan fitur tersebut.

Jika kalau penasaran masalah utamanya di mana, jadi VRR diklaim mampu memastikan supaya refresh rate tampilan sinkron dengan output tampilan. Fitur ini mampu menghilangkan tanda robekan layar tanpa perlu mengaktifkan vsync, dan mengurangi masalah dengan inkonsistensi frame time ketika konsol tidak dapat mengikuti refresh rate tetap pada tampilan. Hasil akhirnya VRR membuat pengalaman gameplay lebih halus, konsisten dan lebih responsif.

Sayang banget fitur ini cuma bisa dinikmati pengguna HDMI 2.1. Nah kalau kamu pengguna PlayStation 5 dengan layar HDMI 2.1, selamat ya. Kamu sudah bisa mencoba fitur Variable Refresh Rate pada PlayStation 5 minggu ini.

    %d blogger menyukai ini: