PlayStation Kenalkan DualSense, Kontroler Wireless Terbaru untuk PS5

PlayStation akhirnya memperkalkan kontroler baru bernama DualSense. Kontroler ini nantinya bakal dipakai untuk PlayStation 5 (PS5).

Era PlayStation 4 sepertinya akan berakhir. Mengingat PS4 memang telah lama diluncurkan, yakni di tahun 2013 silam. Saat peluncurannya, PS4 didampingi dengan kontroler wireless bernama DualShock 4.

Sementara itu, saat ini game-game terbaru sudah butuh perangkat yang lebih canggih. Oleh karena itu, tidak heran kalau PlayStation bakal segera meluncurkan PlayStation 5.

Untuk mendampingi PS5, PlayStation juga ikut membuat kontroler baru yakni DualSense. Lalu apa yang membedakan DualSense dengan DualShock 4? Dari pada penasaran, yuk simak ulasannya.

Berbagai Hal yang Ditawarkan DualSense

Dulu DualShock 4 berhasil mendapat banyak review positif dari gamer dan pengembang. Bahkan DualShock 4 disebut-sebut sebagai kontroler terbaik PlayStation.

Oleh karena itu, PlayStation tetap mempertahankan beberapa fitur DualShock 4. Ya khususnya berbagai fitur yang disukai oleh gamer. Lalu seperti apa DualSense?

Sumber Gambar : PlayStation Blog

Pertama saya bakal bahas soal desain. Kalau biasanya kontroler cuma punya satu warna, maka DualSense beda. Kontroler ini menggabungkan dua warna, yakni hitam dan putih.

PlayStation juga mengubah posisi bilah lampu untuk extra pop. Kalau di DualShock 4 bilah lampu ada di atas, maka sekarang pindah di sisi touch pad. Jadi kontroler ini kesannya lebih besar.

Kedua, DualSense memiliki fitur Tempest 3D AudioTech PS5. Fitur ini fokus ke audio game, yakni menghadirkan umpan balik haptic. Misal suara dan gerakan lambat saat mengendarai mobil di lumpur.

Sumber Gambar : PlayStation Blog

Oya untuk masalah tombol, di DualSense kalian tidak akan melihat tombol ‘Share’ seperti di DualShock 4. Sebagai gantinya, PlayStation menambahkan tombol baru bernama ‘Create.’

Tombol ini memungkinkan pemain membuat konten gameplay yang epik. Pemain bebas membagikan konten itu ke orang lain, atau hanya untuk dipakai sendiri.

PlayStation juga memasukkan adaptive trigger di tombol L2 dan R2. Jadi gamer bisa benar-benar merasakan ketegangan saat bermain. Seperti saat menarik busur dan menembakkan panah.

Di sisi lain, DualSense dibekali array mikrofon bawaan. Di sini pemain bisa mengobrol dengan orang lain tanpa perlu memakai headset.

Ya bisa dibilang, array mikrofon ini cocok untuk obrolan cepat antar pemain. Tapi kalau kalian pengen ngobrol dalam waktu lama, ya tetap lebih baik memakai headset.

Sementara itu, PlayStation 5 rencananya akan diluncurkan saat Holiday 2020. Mungkin saat mendekati acara peluncuran, kita bakal mendapat info lebih banyak soal DualSense. Ditunggu saja ya.

%d blogger menyukai ini: