Berbagai Fitur PS5 yang Akan Dirilis di Tahun 2020

Sony telah memberi konfirmasi bahwa PlayStation 5 akan rilis di tahun 2020. Seperti apa fitur yang ada di PS5? Yuk, simak artikel berikut ini.

PlayStation 4 (PS4) telah menemani kita selama bertahun-tahun. Kini saatnya kita menikmati generasi terbaru dari PlayStation.

Baru-baru ini, Sony mengumumkan rencana mereka untuk merilis PlayStation 5 (PS5). Perusahaan tersebut mengungkapkan bahwa, PS5 akan dirilis pada tahun 2020.

Pasti kalian penasaran dengan fitur di PS5 bukan? Berikut ini beberapa fitur yang bakal ada di PS5.

Sumber Gambar : AltChar

Mendukung SSD dan Kemampuan Ray-tracking

PS5 akan ditenagai CPU AMD Ryzen dan GPU Navi. Penggunaan CPU dan GPU itu diklaim mampu mengganti hard drive (HDD) menjadi solid-state-drive (SSD).

Selain itu, PS5 memiliki kemampuan untuk mendukung ray-tracking. Ini adalah teknik yang memungkinkan pencahayaan lebih kompleks dan efek suara di lingkungan 3D.

SSD pada PS5 dapat mempercepat waktu pemuatan game menjadi hitungan detik. Selain kecepatan, SSD membuat PS5 lebih efisien.

Sebelumnya, HDD di konsol game berputar seperti piringan hitam 5.400 rpm. Agar konsol bisa menerima informasi dari drive, konsol harus mencari informasi di disk. Hal ini jelas memakan banyak waktu.

Contohnya dalam game Marvel’s Spider-Man. Game ini mampu menggandakan data 400 kali di HDD. Inilah yang membuat waktu pemuatan game di konsol berjalan lama.

Namun dengan penggunaan SDD, konsol bisa memuat informasi game lebih cepat. Selain itu, SSD lebih hemat ruang daripada HDD.

Sementara itu, game fisik untuk PS5 akan menggunakan disk optik 100-GB. Disk optik ini kemudian dimasukkan ke drive optik yang berfungsi sebagai pemutar Blu-ray 4K.

Interface UI Real Time

Dalam PS4, pengguna tetap bisa mengikuti game melalui tampilan UI. Pengguna bisa melihat aktivitas teman, hingga judul game yang sedang mereka mainkan.

Sayangnya, pengguna tidak mengetahui misi solo player yang bisa mereka mainkan. Hal ini juga berlaku untuk misi game multiplayer. Namun hal tersebut telah dirombak Sony pada PS5.

Server multiplayer akan menyediakan konsol game. Konsol ini akan menampilkan aktivitas pemain yang bisa digabung di interface UI secara real time.

Sementara untuk game solo player, terdapat informasi misi untuk pemain. Tidak hanya itu, pemain juga bisa mengetahui imbalan dari misi tersebut.

DualShock 5

Sony kemungkinan besar akan meluncurkan kontroler baru. Kontroler ini mungkin akan dinamakan DualShock 5.

Sony hanya mengungkapkan bahwa DualShock 5 punya ‘pemicu adaptif.’ Kontroler ini mampu membuat tembakan busur dan anak panah yang lebih nyata.

Pemain akan merasa tegang saat menarik panah ke belakang. Selain itu, penggunaan senapan juga terasa lebih nyata dibanding sebelumnya.

DualShock 5 menyajikan umpan balik haptics yang lebih baik dari sebelumnya. Kontroler ini juga dilengkapi aktuator kumparan suara di sisi kiri dan kanan.

Kontroler ini telah dikombinasikan dengan speaker berkualitas. Membuat haptics bisa mengaktifkan beberapa efek yang menakjubkan.

DualShock 5 akan dilengkapi konektor USB Type-C. Selain untuk mengisi daya, USB tersebut juga memungkinkan pengguna bermain menggunakan kabel.

Kontroler ini disokong baterai berkapasitas besar dan motor haptics. Inilah yang membuat kontroler DualShock 5 menjadi lebih berat dibanding DualShock 4.