Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Pocket Army: Bisa Perang Lawan Teman Facebook

Anom Penulis

Kalau kamu suka Royal Revolt, mungkin kamu suka game satu ini. Namanya Pocket Army. Grafis dan gameplay-nya cukup mirip dengan Royal Revolt. Tapi di Pocket Army, kita bisa berperang lawan teman Facebook kita. Kayaknya seru ya?

Di game ini, kita bermain sebagai sorang ksatria yang berpetualang. Dalam berpetualang mengalahkan musuh, kita ditemani oleh pasukan kita. Pasukan tersebut akan berkembang seiring berjalannya permainan. Petualangan kita akan melalui jalur yang ada di peta. Dari gambar peta yang ada, kelihatannya petualangan ini akan jadi perjalanan panjang.

Meksipun game ini kental dengan bau RPG, tapi dalam bermain kita akan lebih condong dalam strategi. Bagaimana kita memilih jenis pasukan, bagaimana kita menyelesaikan quest, atau menyelesaikan pertarungan dengan efisien. Setiap pertarungan hanya terjadi di dalam satu tempat, dan tidak banyak yang kita lakukan. Pertarungan dengan pihak lawan otomatis berjalan. Bahkan kontrol yang kita lakukan hanya tap layar untuk arah gerakan, dan aksi apa yang akan kita ambil (menggunakan special moves atau potion).

Omong-omong soal memilih jenis pasukan, di awal game ini kita hanya akan dibantu oleh maksimal 8 orang prajurit. Ke-8 orang itu berada di slot pasukan yang disebut the van. Bisa dibilang, ini adalah garda depan pasukan kita. Slot pasukan tersebut nantinya bisa kita kembangkan lagi dengan tambahan 2 slot, yaitu main dan rear army.

Seperti game RPG lain, ada toko untuk meningkatkan perlengkapan tempur yang kita pakai. Perlengkapan tempur itu  meliputi weapon, armor, shield, dan ring. Masing-masing benda tersebut akan berpengaruh pada kempuan kita bertempur.

Tapi, seperti game strategi, kita juga bisa mendapatkan pasukan, dan melakukan upgrade pada pasukan tersebut. Ada cukup banyak jenis pasukannya. Tiap pasukan akan terbuka pada level tertentu. Jenis pasukan ini akan kita atur dalam slot pasukan yang ada.

Di game Pocket Army ini juga ada quest. Hm, sebenarnya lebih cocok kalau disebut achievement. Karena alih-alih memberi tugas pada kita, quest di sini lebih memperlihatkan ha-hal apa saja yang sudah kita selesaikan beserta reward-nya.

Nah, dari hal yang kami sebut di atas, terutama toko, sudah terlihat kalau di game ini ada proses transaksi. Tiap perlengkapan, melatih pasukan atau upgrade yang kita lakukan bisa kita bayar dengan koin atau berlian. Mudah ditebak, game ini menyediakan in-app purchase kalau kita membutuhkan koin atau berlian.

Yang menarik, game Pocket Army ini bisa terhubung dengan akun Facebook kita. Yah, dengan Twitter juga. Apa keuntungan dari sisi sosial game ini? Selain mendapatkan koin tambahan saat pencapaian tertentu (level, quest, dll), kita juga bisa minta pasukan pada teman Facebook kita. Bahkan, kita bisa berperang melawan mereka. Selain melawan teman Facebook, kita juga bisa melawan random player Pocket Army.

Sebelum memutuskan bertempur dengan orang lain, kita bisa melihat kemampuan mereka. Level berapa jagoan mereka, dan pasukan apa saja yang mereka punya. Kalau kira-kira kita bisa menang, ya tantang saja.

Oya, di game Pocekt Army ini, akan muncul beberapa pertarungan tambahan, yang muncul secara berkala. Misalnya, kita akan membantu para petani dari penjahat yang menyerang. Kita juga akan melawan makhluk yang disebut Felix (kalau kita menang, akan mendapat berlian). Tentunya, ada juga bos musuh yang bisa kita lawan. Ada dua bos besar di sini, yaitu Abaddon, dan Lucifer. Untuk melawan Lucifer, kita akan butuh bantuan teman-teman Facebook kita. Kita tidak bisa mengalahkannya sendirian. Oya, selain itu juga ada Arena. Di Arena, pertarungan yang berlangsung lebih seperti adu daya tahan. Selama apa kita bisa bertahan menghadapi gelombang serangan musuh.

***

Jadi, bagaimana kesan kami setelah bermain Pocket Army? Hm, presentasi game ini bagus. Gambarnya menarik, walau sound cukup standar. Kontrol game ini juga sangat mudah. Gameplay-nya sebenarnya cukup standar. Tidak banyak berbeda dengan game sejenis. Namun, tambahan permainan dengan user lain cukup menarik. Sekedar catatan, kalau kamu jenis orang yang suka dengan permainan dengan tempo cepat atau butuh aksi banyak, game ini mungkin bukan untuk kamu. Tapi kalau kamu jenis yang suka dengan pencapaian jangka panjang, dan telaten mengatur pernak pernik perlengkapan, mungkin game ini cocok untuk kamu.

Oke, game ini bisa didapat di Windows Phone Store Indonesia secara gratis. Game ini bekerja di ponsel Windows Phone 8. Nah, langsung ke link di bawah ya.