Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Poki: Aplikasi Pocket Windows Phone Yang Keren

Anom Penulis

Kalau ada yang meremehkan aplikasi di Windows Phone, hal itu salah. Saat ini sudah banyak aplikasi keren tersedia. Sebut saja 6tag oleh Rudy Huyn, atau Phototag oleh Jason Ong. Belum lama, ada satu lagi aplikasi keren hadir. Namanya Poki. Aplikasi ini adalah aplikasi pihak ketiga untuk Pocket di Windows Phone, sama seperti Pouch.

Untuk yang belum tahu, Pocket adalah layanan yang memungkinkan kita untuk menyimpan artikel, video, atau website, untuk kita lihat nanti. Tidak perlu repot. Kalau kita melihat situs menarik, tinggal kita simpan di Pocket, atur tag-nya, dan bisa kita baca nanti, entah itu di komputer, atau di ponsel. Kalau di Windows Phone, pilihannya kalau tidak Pouch, ya Poki ini.

Hal pertama yang membuat aplikasi Poki ini menonjol adalah desainnya. Cee, sebagai developer-nya, mampu memaksimalkan desain flat ala Windows Phone di aplikasi ini. Didukung 3 pilihan nuansa warna theme, desainnya sungguh iconic dan colorful.

Sama seperti Pouch, Poki juga mendukung pengaturan artikel. Kita bisa mengatur filter di daftar artikel. Bisa memilih unread (yang belum dibaca), favorit, atau arsip (archieve). Kita juga bisa mengaturnya berdasar waktu, yang paling baru (most recent) atau paling lama (least recent).

Tampilan saat membaca artikel di Poki juga enak. Baik pilihan font, pengaturan jarak antar baris dan kata tidak bikin mata lelah. Pengaturan gambar (kalau ada di artikel) juga bagus.

Tapi kalau tampilan standar dari Poki kurang memuaskan, kita bisa mengaturnya lebih jauh. Ini hal yang menarik berikutnya dari aplikasi ini. Kita bisa mengatur ukuran font, warna theme, gaya font (serif vs sans serif), dan pengaturan paragraf (rata pinggir, rata tengah) dengan mudah. Tampilan pilihan pengaturannya juga keren, tidak ribet dan enak dilihat.

Selain pilihan pengaturan tampilan artikel, aplikasi Pocket Windows Phone ini juga menyediakan berbagai fitur lain yang asik. Kita bisa menandai artikel sudah dibaca, memasukkannya ke daftar favorit, mengedit tag, menghapus, sampai pin artikel ke start screen. Semua hadir dengan tampilan yang enak digunakan.

Yang keren adalah fitur membaca artikel. Ya, kita bisa mendengarkan artikel dibacakan. Tapi tentu saja, saat ini suaranya masih berlogat bule. Yah, siapa tahu nanti ada fitur dengan suara orang Indonesia seperti di HERE Drive.

Nah, kalau kamu pengguna layanan Pocket, aplikasi ini oke untuk digunakan. Aplikasi ini tersedia di region Indonesia dengan harga Rp17.190,-. Kalau belum yakin, bisa mencoba dulu. Versi trial mengijinkan sampai 50 permintaan di Pocket. Aplikasi Poki bekerja di Windows Phone 8.