Ponsel Lipat Huawei Mate X Hadir Menyaingi Galaxy Fold

Huawei Mate X

Huawei adalah salah satu perusahaan yang digosipkan akan merilis ponsel lipat. Hal ini menjadi nyata dengan ponsel Huawei Mate X.

Huawei mengumumkan ponsel ini di acara MWC 2019. Sedangkan ponsel andalannya, Huawei P30, akan diumumkan dalam acara tersendiri pada bulan Maret.

Huawei Mate X hadir menyusul Samsung Galaxy Fold yang mengawali tren ponsel lipat. Serunya, ponsel ini memiliki pendekatan berbeda dari sisi desain.

Huawei Mate X

Saat terlipat, ponsel ini akan memiliki layar sebesar 6,6 inci di satu sisi dan layar 6,4 inci di sisi lain. Yang menarik, Huawei tidak membagi dua bagian ponsel secara merata (50:50).

Ketika dibuka, ponsel akan menjadi tablet dengan layar 8 inci. Di pinggir ada bagian yang sedikit lebih tebal. Mirip seperti tablet Lenovo Yoga.

Di bagian yang lebih tebal itu, duduk berbagai tombol. Yaitu tombol volume dan sensor sidik jari di tepi. Selain itu, di sana juga duduk 3 kamera Leica dan lampu kilat LED.

Bagian yang tebal itu mungkin juga berfungsi sebagai tempat tangan menggenggam saat menjadi tablet. Namun, yang bagi saya sedikit janggal, ini berarti kita akan menggenggam dengan tangan kanan dan mengoperasikan tablet dengan tangan kiri. Sedikit aneh mengingat rata-rata orang bukan kidal.

Huawei Mate X terlipat

Huawei mengembangkan engsel khusus yang mereka sebut sebagai Falcon Wing Mechanical Hinge. Sedangkan untuk layar, Huawei menggunakan layar OLED khusus yang fleksibel.

Di bagian internal, Huawei Mate X memakai prosesor Kirin 980 yang dilengkapi dengan modem 5G Balong 5000. Ponsel ini memiliki RAM 8GB dan penyimpanan 512GB ditambah dukungan penyimpanan eksternal (Nano Memory card) sampai 256GB. Kapasitas baterainya cukup besar, yaitu 4500 mAh.

Karena desain yang cukup cerdik, kamera yang ada di ponsel ini bisa berfungsi sebagai kamera utama, sekaligus untuk selfie. Tiga kamera itu memiliki kualitas 40MP (wide-angle), 16MP (ultra-wide), dan 8MP (telephoto). Ini jelas memberi keuntungan tersendiri.

Ponsel lipat Huawei Mate X ini memiliki harga sekitar €2299 dan mulai beredar pada pertengahan tahun 2019.