Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Samsung Galaxy M12 – Ponsel Ekonomis Yang Cocok Untuk UMKM

Anom Penulis

Sekarang ini, hampir semua bisnis menjalankan kegiatan usahanya secara online. Terutama untuk pemasaran. Lalu, kemungkinan besar proses itu berjalan di smartphone. Terutama untuk pelaku UMKM. Betul nggak? Sehubungan dengan ini, bolehlah kiranya saya merekomendasikan ponsel Samsung Galaxy M12.

Samsung Galaxy M12 adalah sebuah ponsel ekonomis dengan fitur yang manis. Dengan harga sekitar ± Rp2 juta, ponsel ini punya spesifikasi dan fitur lumayan. Misalnya chipset Octa-core, kamera 48MP, layar HD, dual SIM, dan baterai 5000mAh. Penampilannya pun keren.

Kalau kamu nggak yakin, mari kita lihat satu per satu fitur unggulannya.

Layar Berkualitas HD

Samsung Galaxy M12 punya layar LCD 6,5 inci dengan desain Invinity-V untuk kamera depan. Kualitas resolusinya adalah HD+, yaitu 720 x 1600 pixel. Jadi ukurannya lebih besar sedikit dari layar HD biasa (720 x 1280).

Terus terang, sama seperti pengguna pada umumnya, saya lebih suka ponsel dengan layar besar. Karena konten bisa terlihat lebih dan kita juga bisa lebih leluasa melakukan multitasking. Apalagi kualitas HD+ menjamin tampilan yang tajam.

Hebatnya lagi, walau harganya sangat terjangkau, Samsung Galaxy M12 sudah memiliki layar yang mendukung refresh rate sampai 90Hz! Jadi gak kalah sama layar ponsel yang lebih canggih atau ponsel gaming.

Kamera 48MP

Buat saya pribadi, kamera ponsel merupakan salah satu fitur paling penting. Karena kalau kualitasnya sudah memadai, kita tidak perlu lagi merogoh kocek untuk membeli perangkat kamera khusus.

Untungnya Samsung Galaxy M12 ini sudah punya kamera yang mumpuni. Kamera belakangnya ada empat, yaitu kamera 48MP (wide) + 5MP (ultra-wide) + 2MP (makro) + 2MP (depth). Sedangkan kamera selfie-nya berkualitas 8MP.

Kombinasi ini asik dipakai buat memotret produk untuk jualan online. Sekedar tips, kamu bisa memotret dengan bidang luas (wide) untuk menunjukkan sisi lifestyle produkmu, atau memotret detil fitur produk dengan lensa makro. Misalnya satu foto menunjukkan baju batik dengan model, lalu foto lain menunjukkan pola batik yang ada di baju itu.

Lalu, rekaman video di ponsel ini punya kualitas Full HD alias 1080p. Nggak malu-maluin lah kalau kamu mau buat video promosi pake hp ini atau kalau mau video call dengan konsumen.

Baterai Tahan Lama

Satu fitur lagi yang penting buat saya adalah baterai. Paling sebal rasanya kalau ponsel sering low-bat. Jadi baterai besar buat saya adalah keunggulan.

Nah, Samsung Galaxy M12 ini punya baterai sebesar 5000mAh. Kapasitas sebesar itu dijamin lebih dari cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Saya sih biasanya mengisi daya hanya satu kali sehari (tapi ponsel ini bisa lebih tergantung pemakaian). Jadi kalau sekedar 8 jam kerja ya nggak masalah.

Performa Memadai

Dengan harga seperti di atas, sudah jelas kalau spesifikasi ponsel ini nggak semengkilat Samsung Galaxy S. Toh kalau untuk memenuhi kebutuhan usaha, seperti komunikasi atau membuat konten promosi ringan (foto dan video), sudah mampu.

Chipset-nya sudah Octa-core dengan proses 8nm dan RAM 4GB sudah bisa menjalankan sistem operasi Android dengan lancar. Kapasitas penyimpanan internalnya 32GB. Tapi kalau kamu butuh lebih, ada dukungan SDcard sampai 1TB.

Nah, yang tidak kalah penting, ponsel ini juga sudah mendapat dukungan sistem keamanan Samsung Knox. Dengan begitu ponsel terjaga dari malware atau ancaman lainnya.

Pertimbangan Harga

Menjalankan bisnis berarti mempertimbangkan pendapatan dan pengeluaran. Apalagi sebagai pelaku UMKM. Di sinilah, sebagai ponsel yang ekonomis, Samsung Galaxy M12 memainkan perannya.

pilihan warna samsung galaxy m12

Harga dan fitur Samsung Galaxy M12 sangat pas. Entah itu untuk kamu pakai sendiri, untuk ponsel kedua khusus usaha, atau untuk karyawan. Saya pikir tidak perlu membeli ponsel yang mahal kalau tidak ada kebutuhan khusus.

Jadi, justru sebagai ponsel kelas pemula dengan harga terjangkau, ponsel ini punya kelebihan tersendiri. Kalau tidak percaya, silakan coba. Kalau ingin sedikit naik kelas, kamu juga boleh intip Samsung Galaxy A32.

Kalau berminat, silakan kunjungi situs resmi Samsung.

    %d blogger menyukai ini: