Posting Media Sosial Ala Profesional Dengan Hootsuite

aplikasi media sosial hootsuite

Posting media sosial saat ini sudah hampir jadi sebuah keharusan. Terutama kalau kamu punya profesi yang spesifik (misalnya di bidang kreatif, seperti ilustrator, pembuat film, dll) atau punya usaha (jasa /toko online). Bagaimanapun, kamu harus menunjukkan pada orang banyak, apa yang kamu punya.

Media sosial sendiri ada banyak. Yang paling populer saat ini adalah Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, Snapchat, atau LinkedIn. Bisa kamu lihat, dengan banyaknya media sosial seperti itu, cukup repot mengurusnya.

Memang, tergantung kamu akan mencari follower atau komunitas di mana. Tapi kalau kamu memakai banyak media sosial, waktu bisa habis hanya mengurus media sosial saja.

Untungnya ada layanan manajemen media sosial. Contoh yang baik untuk layanan ini adalah Hootsuite dan Buffer, Tapi kali ini saya mau membahas Hootsuite.

[irp posts=”36900″ name=”12 Poin Profil Bisnis Instagram yang Perlu Diketahui”]

Atur Posting Media Sosial Dari Mana Saja

aplikasi hootsuite iphone

Hal pertama yang kamu lakukan tentu saja membuat akun Hootsuite. Kamu bisa menuju hootsuite.com dan klik tombol Sign Up di pojok kanan atas. Layanan ini menawarkan paket gratis dan komersial. Paket gratis mengijinkan kamu menggunakan 3 akun/profil media sosial.

Lalu aplikasi Hootsuite ada di mana saja? Untuk komputer, kamu cukup menggunakan browser. Silakan buka website-nya dan buka dashboard kalau kamu sudah punya akun. Untuk perangkat bergerak, Hootsuite punya aplikasi untuk iOS dan Android.

Mengumpulkan Akun Media Sosial Di Satu Tempat

tampilan streams hootsuite

Dengan Hootsuite kamu bisa memantau semua kegiatan media sosial di satu tempat dengan Streams (timeline). Kamu bisa membuat berbagai Streams, seperti posting media sosial yang dijadwal, posting yang sudah terkirim, dll. Kamu bisa membuatnya untuk masing-masing media sosial.

Ketika kamu mau membuat posting media sosial, kamu juga bisa memilih akun media sosial atau semuanya sekaligus. Jadi sekali kirim semua follower di media sosial bisa terjangkau. Termasuk ketika kamu mau membaca dan membalas komentar. Cukup di satu tempat, tidak perlu repot berpindah aplikasi.

Jadwal Posting Media Sosial dan Kirim Otomatis

jadwal posting media sosial di hootsuite

Ini adalah fitur Hootsuite yang paling oke. Kamu bisa menjadwal berbagai kiriman media sosial sekaligus. Kamu bisa memilih waktu sendiri, atau memanfaatkan fitur jadwal otomatis dari Hootsuite.

Hootsuite akan menganalisa pola posting-mu. Lalu aplikasi ini akan mengatur waktu paling tepat untuk mengirimnya. Waktu paling tepat di sini adalah waktu dengan kemungkinan terbesar follower akan melihatnya.

[irp posts=”37279″ name=”11 Keuntungan Facebook Page vs Akun Personal”]

Lihat Posting Apa Yang Disukai

analisa posting facebook di hootsuite

Selain jadwal, Hootsuite juga punya fitur analisa. Kamu bisa melihat sebanyak apa jangkauan kirimanmu. Baik mulai dari Like Facebook, ReTweet, Komentar, dll.

Dengan begitu, kamu bisa tahu, posting seperti apa yang disukai oleh follower-mu. Kamu bisa bereksperimen dengan berbagai variasi kiriman (tulisan, foto, video, dll). Lihat mana yang paling dapat respon bagus. Lalu coba buat lagi yang seperti itu. Begitu sampai kamu menemukan keunikanmu sendiri.

Kolaborasi Bersama Teman

bagi tugas posting media sosial dengan teman

Kalau kamu memang serius dan cukup puas dengan hasil menggunakan Hootsuite, kamu boleh coba versi yang komersial. Di versi ini kamu bisa bekerja sama dengan teman atau rekan.

Jadi semua tidak perlu kamu lakukan sendiri. Berbagi tugas posting media sosial akan membuat kegiatan lebih mudah. Fitur kolaborasi ini juga lebih nyaman daripada kamu berbagi akun dan password dengan orang lain.

%d blogger menyukai ini: