Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Pouch: Aplikasi Pocket (Read It Later) Windows Phone

Anom Penulis

Ada yang suka menggunakan Pocket (dulu Read It Later) untuk menyimpan artikel? Ada satu aplikasi pihak ketiga yang asik. Ini dia Pouch, Aplikasi Pocket untuk Windows Phone.

Untuk yang belum tahu Pocket, aplikasi ini adalah layanan untuk menyimpan artikel di sebuah situs untuk dibaca nanti. Pocket berguna kalau kamu sedang sibuk dan mendadak menemukan artikel menarik, atau kalau kamu memang sedang mengumpulkan kliping artikel untuk bahan tugas. Begitu kita sudah agak santai atau siap menggunakan bahan tersebut, kita bisa membacanya tanpa harus browsing atau mencari-cari lagi. Di satu sisi, fitur semacam ini memang dimiliki oleh aplikasi lain, yaitu Evernote. Coba deh kita lihat dulu apa yang ditawarkan oleh aplikasi Pouch yang jadi aplikasi Pocket di Windows Phone ini.

Fitur Pouch
  1. Melihat artikel yang disimpan di Pocket
  2. Melihat artikel archieved dan favorit
  3. Membaca artikel dengan tampilan yang bersih dan mudah dibaca
  4. Menyimpan artikel untuk dilihat secara offline
  5. Mengatur artikel sebagai archieve, favorit atau menghapusnya
  6. Mengurutkan list artikel dari paling lama ke paling baru dan sebaliknya.
  7. Menambah artikel baru ke Pocket
  8. Berbagi artikel menarik melalui email, jejaring sosial atau sms
  9. Text to speech – Mendengarkan artikel dibacakan dari ponsel
  10. Berbagai pengaturan: Ukuran font, ukuran application bar, mengatur theme, memilih sarana membuka link Youtube, dll

Kami sudah menyebutkan di artikel Windows Phone dan Trend Desain Minimalis kalau konsep Windows Phone adalah memudahkan penggunanya. Aplikasi Pouch ini benar-benar berhasil melakukannya. Lihat saja, tampilannya bersih, jelas, tapi tetap keren dengan warna yang cerah.

Fitur utamanya cukup standar (untuk aplikasi semacam ini). Membaca/melihat artikel-artikel di Queue List, Archieve, dan Favorite. Kemudian, membaca artikel ala Pocket, yaitu dengan optimalisasi sehingga artikel bisa dibaca dengan enak. Yang lucu adalah fitur text to speech yang akan membacakan artikel pada kita. Yah, kalau artikel tersebut berbahasa Inggris, tentu tidak ada masalah. Tapi kalau artikel berbahasa Indonesia… yah, bayangkan saja.

Oya, selain membaca di ponsel, kita juga bisa menambah artikel melalui aplikasi ini. Jadi bisa dilihat kemudian, baik melalui ponsel atau saat kita menggunakan PC. Kalau ada yang disayangkan, di aplikasi Pouch ini belum ada pilihan melihat berdasarkan tags. Padahal fitur ini ada di Pocket.

Pouch adalah salah satu aplikasi yang memanfaatkan fitur in-app player MetroTube. Jadi, kita bisa memilih, kalau ada link YouTube, apa kita mau membuka link tersebut di browser, aplikasi resmi YouTube (yang masih digodok), atau menggunakan MetroTube. Asik juga.

Salah satu keunggulan Pocket dibanding Evernote atau aplikasi reader lain, adalah layanan ini fokus pada apa yang ingin kita baca. Jadi tidak terganggu dengan catatan-catatan atau artikel-artikel lain yang mungkin tidak penting untuk kita. Kita lah yang memilih apa yang hendak kita baca nanti. Dengan demikian aplikasi Pouch, sebagai aplikasi Pocket di Windows Phone, juga akan menghadirkan artikel tersebut di ponsel kita.

Aplikasi Pouch ini bisa didapat di Windows Phone Store region Indonesia dengan harga Rp8550,- dan tersedia trial-nya. Saat ini, aplikasi Pouch hanya tersedia untuk Windows Phone 8 saja.