Disney+ Diprediksi Taklukkan Netflix Tahun 2026

Perang layanan streaming tontonan memang semakin ramai. Walau saat ini Netflix masih duduk di posisi puncak, riset menyebutkan kalau Disney+ akan mengalahkan Netflix di tahun 2026.

Sampai kuartal kedua tahun 2021, jumlah pelanggan Netflix ada di kisaran 209 juta orang. Jumlah ini meningkat 16 juta pelanggan jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu (sumber: Statista).

Sedangkan Disney+ mengantongi pelanggan dengan jumlah sekitar 103 juta orang di kuartal kedua dan meningkat jadi 116 juta di kuartal ketiga tahun 2021 (sumber: Statista).

Namun riset dari Digital TV Research memprediksi kalau dalam beberapa tahun mendatang, Disney+ akan berhasil melewati jumlah pelanggan Netflix.

Pada tahun 2026, riset memprediksi Disney+ akan memiliki jumlah pelanggan sebanyak 284 juta orang. Laporan ini juga menyebutkan kalau 121 juta dari jumlah itu berasal dari Asia (di bawah bendera Hotstar). Sedangkan untuk Netflix, riset menyebutkan angka 270 juta pelanggan di tahun yang sama.

Sementara layanan streaming lain, seperti Amazon Prime diperkirakan akan mendapat pelanggan sebesar 243 juta orang,HBO sejumlah 76 juta, dan Apple TV+ 35,6 juta.

layanan streaming disney+

Prediksi itu tentu sangat menarik. Apalagi jika kita lihat pendekatan Netflix dan Disney cukup berbeda. Baik dari segi konten tayangan dan sistem langganan.

Netflix gencar menghadirkan film dan serial yang lebih beragam (dari luar Amerika). Hal ini bisa kita lihat dari suksesnya serial “Casa de Papel” alias “Money Heist” dari Spanyol dan “Squid Game” dari Korea.

Sementara Disney+ mengantongi tayangan produksi berbagai perusahaan di bawah Disney, terutama dari Marvel Studio (MCU), Pixar, dan Disney sendiri. Lihat saja kesuksesan serial “WandaVision” dan “Loki”. Sementara untuk film tidak usah kita bahas lagi.

Yang tidak kalah menarik adalah sistem langganan. Langganan Disney+ relatif terjangkau dan kita sudah bisa nonton baik di smartphone maupun di laptop. Sementara langganan Netflix, untuk harga yang paling murah, hanya bisa ditonton di smartphone.

Dari perbandingan sekilas ini, mungkin kita bisa paham bagaimana Disney+ nantinya bisa membabat Netflix. Apalagi fase ke-4 MCU juga mulai meluncur (walau terhambat pandemi).

Nah, kalau menurutmu sendiri bagaimana?

%d blogger menyukai ini: