5 Prediksi Smartphone Layar Lipat Dalam Mengubah Dunia

Halo Urban People, beberapa tahun lalu kalian pasti pernah tahu betapa boomingnya handphone Blackberry dengan keypad yang unik. Kemudian setelah demam Blackberry mulai mereda, disusul smartphone layar sentuh hingaa saat ini.

Kalian bisa lihat sendiri, saat ini hampir semua orang menggunakan smartphone layar sentuh. Sementara hanya beberapa yang lain masih menggunakan handphone model dulu.

Semakin kedepan, vendor smartphone selalu berusaha berinovasi menciptakan model yang anti-mainstream. Beberapa diantaranya seperti Vivo NEX atau Oppo Find X. Dua smartphone itu dibuat dengan motorized pop-up camera.

Sementara itu, kini ada inovasi konsep smartphone layar lipat. Setidaknya dengan adanya hal itu, orang akan mempunyai pengalaman baru dalam menggunakan gadget nantinya.

Kalian akan bisa melihat smartphone layar lipat di dunia nyata beberapa tahun mendatang. Sebut saja seperti ZTE Axon M yang telah dirilis tahun lalu. Masih ada juga prototipe Samsung Galaxy X yang mulai bocor di dunia maya saat ini.

Jadi smartphone lipat itu bukan hanya kabar anginj semata. Dengan adanya inovasi yang semacam ini, akan langsung memberikan perubahan yang sangat signifikan. Terlebih dalam cara penggunaan smartphone nantinya.

[irp posts=”51308″ name=”ZTE Iceberg: Handphone Dengan Poni dan Jenggot”]

Peningkatan Kamera

Kenapa peningkatan kamera bisa menjadi lebih signifikan dengan smartphone lipat? Hal tersebut karena vendor smartphone saat ini hanya tinggal mengembangkan modul kamera mereka lagi. Tanpa harus merogoh lebih banyak budget lagi.

Dan dengan adanya smartphone layar lipat ini, otomatis akan ada dua sisi layar yang akan memungkinkan kalian nanti bisa mengambil foto selfie terbaik dengan kamera utama.

Tentunya hal tersebut akan berbeda dengan smartphone yang kini belum bisa menghasilkan foto selfie terbaik. Kalian yang hobi selfie tentu pasti juga paham dan bisa merasakan. Kalau selfie pakai kamera depan itu hasilnya tidak bisa maksimal.

Sumber gambar: ID Techinasia

Banyak Pilihan Dari Banyak Vendor

Inilah salah satu sisi yang menarik dari smartphone layar lipat. Dengan adanya pembaharuan yang anti-mainstream, tentu hal tersebut bakal membuat vendor berlomba-lomba untuk memproduksi smartphone model layar lipat. Kalian bakal menemukan banyak model smartphone layar lipat.

Dan tidak hanya vendor smartphone ternama saja yang bakal memproduksi model ini. Vendor kecil pun bakal ikut berinovasi dengan mengembangkan smartphone layar lipat.

Tren nya mungkin bakal seperti ketika iPhone X diluncurkan kali pertama. Kini banyak juga kan vendor smartphone yang membuat desain layar poni. Tapi tentu dengan harga yang lebih terjangkau.

Good Bye Tablet!

Mungkin ketika kalian flashback, akan sadar kalau vendor smartphone jarang yang mengeluarkan lini tablet. Bukan hanya karena ukuran yang cukup besar, tapi ada beberapa hal lain yang menyebabkan mereka jarang memproduksi lini tablet. Salah satunya adalah pelanggan yang lebih tertarik membeli smartphone ukuran standar saja.

Toh kalau kalian sendiri, mau pergi kemana-mana, lebih efisien membawa ponsel daripada tablet bukan? Ponsel bisa masuk di tas yang kecil. Tapi kalau tablet belum tentu muat. Kecuali untuk masalah pekerjaan. Itu cerita lain ya.

Tapi dengan adanya smartphone layar lipat nanti, tentu kalian bisa mendapatkan feel seperti menggunakan tablet namun desainnya jauh lebih compact.

Ditambah dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini, membuat smartphone juga bisa punya kemampuan hampir setara dengan PC desktop. Kalian bisa lihat contohnya seperti Samsung Dex atau Continuum milik Microsoft.

sumber gambar: Wired

Pengalaman Baru Menggunakan Gadget

Smartphone dengan konsep unik ini nyatanya memang bakal sukses menghadirkan nuansa baru dalam penggunaannya. Bukan hanya dari peningkatan teknologi dan kameranya saja. Tapi ternyata smartphone layar lipat juga bisa memberikan kalian nanti cara berinteraksi yang baru dalam menggunakan gadget.

Jadi dengan berbekal dua layar yang sewaktu-waktu bisa kalian lipat, kalian nanti bisa menggunakan smartphone layar lipat dalam berbagai mode. Misalnya saja untuk kebutuhan multimedia, media sosial, bahkan saat bermain game.

Bye Bye Layar Pecah!

Jadi dengan bocornya konsep layar lipat pada smartphone beberapa waktu lalu. Sepertinya smartphone layar lipat ini akan menggunakan panel layar yang lebih fleksibel. Bahkan bisa mudah ditekuk juga lho. Dengan konsep seperti itu, tentunya akan memberikan kesan yang borderless.

[irp posts=”55041″ name=”Corning Mengumumkan Gorilla Glass 6, Tahan Jatuh Berkali-kali”]

Sementara itu dalam teknologi Corning Gorilla Glass yang selama ini ada, membuat banyak smartphone jadi rigid. Tapi jangan khawatir karena kedepan, smartphone layar lipat ini bakalan mengatasi berbagai keluhan layar pecah.