Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Presentasi Microsoft Surface Duo Lebih Keren dari Apple dan Samsung

presentasi microsoft surface duo
gambar: Microsoft
Anom Penulis

Microsoft sudah mengumumkan pre-order Surface Duo. Sebelumnya, mereka sempat memberikan demo berbagai fitur unggulan Surface Duo melalui presentasi online yang berbeda gaya dari Apple dan Samsung.

Pada presentasi itu, seperti biasa, Panos Panay-lah yang menjadi pembicara utama. Dengan gayanya yang bersahabat dan emosional, Panos menunjukkan bagaimana Surface Duo berfungsi pada kegiatan sehari-hari.

Uniknya, hal pertama yang menarik pada presentasi ini bukanlah perangkat itu sendiri. Namun bagaimana Microsoft mengemas presentasi online itu. Pendekatan Microsoft sedikit berbeda dengan Apple dan Samsung.

Konsep Dalam Ruangan

Saat WWDC20, Apple mengambil pendekatan seperti presentasi biasanya (konsep panggung) dengan sedikit “tur” di ruang pengembangan kampus Apple. Walau presentasi berjalan bagus, namun kesan “resmi” dan dikejar waktu cukup terlihat.

Samsung pun begitu. Acara Galaxy Unpacked 2020 memiliki konsep presentasi panggung dengan diselingi video dan demo. Mirip dengan Apple — seperti kata Kak Afit Husni — presentasi Samsung terlihat resmi dan “berjarak”.

Microsoft memilih pendekatan yang lebih bersahabat. Panos berada di dalam ruangan dengan jejeran perangkat Surface Duo di meja dan TV besar di belakang.

presentasi surface duo oleh panos panay
gambar: Microsoft (video YouTube)

Konsep ini terlihat lebih nyaman dilihat. Bagaimanapun kita sekarang sudah terbiasa melihat video review dari berbagai influencer yang menayangkannya dari studio pribadi atau di rumah. Selain itu, presentasi ini juga menunjukkan kalau mereka berada di posisi yang sama dengan kita di tengah pandemi.

Tanpa Banyak Efek Visual

Microsoft juga membawakan presentasi Surface Duo ini dengan tanpa banyak efek visual di dalamnya. Jelas berbeda dengan Samsung Galaxy Unpacked. Lagi-lagi, hal ini lebih memberikan kesan natural dan pengalaman sebenarnya. Ada alasannya kenapa orang suka lihat video review daripada lihat iklan.

Baca Juga:  Cara Menyimpan File di Microsoft Word 365, Dijamin Mudah Mengerti!
gambar: Microsoft (video YouTube)

Panos Panay bahkan memberikan demo secara langsung. Kamera menyorot tangan Panos yang beraksi di Surface Duo. Tidak melalui tayangan sambungan ke monitor atau layar yang lebih besar.

Bahkan, ada saatnya ketika Panos merasa tangannya menutupi layar. Ia meminta maaf dan bertanya pada sang kamerawan soal itu. Ia juga sempat bertanya soal posisi perangkat apakah tampilan terganggu pantulan cahaya atau tidak.

Begitupun ketika Panos mengalihkan presentasi ke Shilpa Ranganathan, Corporate Vice President Mobile & Cross Device Experience Microsoft. Shilpa duduk di balik meja kerja dan menjelaskan bagaimana ia memakai Surface Duo (ugh, asik banget kompuert satu ini).

gambar: Microsoft (video YouTube)

Penampilan casting dari Surface Duo ke Surface Studio sendiri tidak terlalu mulus. Walau kamu bisa melihat integrasi yang asik antara Duo dan komputer, kamu bisa melihat ada sedikit lag di sana. Tapi itulah pengalaman nyata.

Panos Panay

Sepeninggal Steve Jobs, dari sekian banyak pembicara dari berbagai perusahaan teknologi, Panos Panay mungkin adalah pembicara yang punya gaya paling natural. Ia selalu terlihat bersungguh-sungguh ketika bicara soal produk Microsoft.

Saat berbicara, Panos juga terlihat santai. Tidak terburu-buru dan tidak terlalu nampak diatur. Yah, walau kadang ia sering telihat terlalu menjual istilah “pump” di presentasinya (setelah terkenal dengan ucapan itu), gaya bicara Panos mudah diikuti.

panos panay
gambar: Microsoft (video YouTube)

Presentasi Microsoft Berkembang

Dulu, presentasi Apple selalu ditunggu. Apalagi ketika Steve Jobs masih ada. Setelah ia tiada, daya tarik presentasi Apple berkurang.

Microsoft sendiri bukanlah perusahaan yang terkenal karena presentasi yang keren. Yah, bagaimanapun perusahaan ini juga terkenal karena tarian para eksekutif Microsoft (termasuk Bill Gates dan Steve Balmer) di acara peluncuran Windows 95 yang terlihat canggung dan aneh.

Baca Juga:  Microsoft Rencanakan Rilis Perangkat Streaming Game untuk TV

Sampai tahun kemarin pun, acara presentasi Microsoft masih belum terlihat wow secara keseluruhan. Paling hanya ketika mereka membuat perangkat kejutan seperti Surface Book, Surface Studio, dan Surface Duo ini. Dari segi pembicara, Apple masih lebih unggul.

Yah, harus diakui, presentasi Microsoft Duo ini memang hanya membicarakan satu perangkat. Jadi wajar kalau kelihatan lebih rileks. Toh, di acara tahun lalu, ketika Neo dan Duo diperkenalkan, nuansa akrab ini juga sudah terlihat. Jadi memang secara umum, presentasi Microsoft berkembang dan mulai punya gaya sendiri.

Nah, untuk kamu yang belum lihat dan ingin menyaksikannya, silakan tonton video di bawah ini.