Project Scarlett: Konsol Game dengan Grafis 8K, SSD, dan Ray-tracing

project scarlett
foto: Microsoft

Pada acara E3 2019, Microsoft mengumumkan proyek terbarunya. Sebuah konsol game dengan grafis 8K, penyimpanan SSD, dan dukungan teknologi ray-tracing. Konsol dengan julukan Project Scarlett ini disebut akan menjadi Xbox generasi terbaru.

Sebelumnya, Microsoft sudah pernah melakukan proyek seperti ini. Kalau kamu ingat, dulu pernah ada Project Scorpio. Proyek itu kemudian terwujud menjadi konsol Xbox One X.

Jadi sebenarnya tidak mengejutkan lagi kalau Microsoft membuat proyek serupa. Toh, yang menarik untuk kita perhatikan adalah perkembangan teknologi yang ada di konsol game ini.

Seperti kita ketahui, perkembangan dunia game tidak kalah pesat dengan perkembangan teknologi lainnya. Kualitas gambar yang semakin baik dan realistis selalu jadi tuntutan. Belum lagi dalam hal kecepatan mengolah data, yang akan berguna tidak hanya untuk menambah pengalaman bermain, tapi juga responsivitas secara online.

Project Scarlett disebut akan menjadi standar konsol powerful generasi mendatang. Dalam video perkenalan Project Scarlett, Microsoft membicarakan spesifikasinya secara sekilas.

Microsoft menggunakan rancangan CPU khusus berbasis Zen 2 dari AMD dan arsitektur RDNA dari Radeon. Mereka menjanjikan konsol ini akan memiliki kekuatan empat kali lipat jika dibandingkan dengan Xbox One X.

Microsoft juga menggunakan RAM GDDR6 yang super cepat. Mereka memberi klaim bahwa hal ini akan “memberikan resolusi dan frame rate yang belum pernah terlihat sebelumnya”. Konsol Project Scarlett disebut akan mendukung game berkualitas 8K, dengan berbagai frame rate sampai 120fps.

Selain itu, Microsoft juga memasang SSD di konsol ini. Mereka disebut mengembangkan generasi SSD baru. Microsoft menyatakan kalau SSD itu juga dipakai virtual RAM.

Salah satu game yang dipersiapkan untuk rilis bersama dengan Project Scarlett adalah Halo Infinite, salah satu game baru yang diperkenalkan di acara E3 2019.

Yang menarik, Sony sedang mengembangkan PS5. PlayStation generasi baru ini juga dijanjikan akan menggunakan CPU 8 core berbasis AMD Ryzen generasi ke-3, dan mendukung grafis sampai 8K, grafis 4K pada 120Hz refresh rate, ray-tracing, 3D audio, dan penyimpanan SSD.

Microsoft menjanjikan konsol Project Scarlett akan hadir pada liburan tahun 2020. Kalau kamu memang ingin punya konsol baru yang canggih, bersiaplah dari sekarang.