Inilah Jajaran Prosesor Baru Intel Core H Series (Tiger Lake H)

Intel sudah mengumumkan jajaran prosesor terbarunya. Prosesor baru ini bernama Intel Core H Series geneasi 11 dan dikenal juga dengan nama kode Tiger Lake H. Lalu, apa saja yang perlu kita ketahui soal prosesor baru ini?

Intel memang sudah menggulirkan generasi 11 untuk Prosesor Intel Core. Bersama prosesor ini, hadir pula GPU terintegrasi Intel Iris Xe dan platform Intel Evo. Intel menyebutkan kalau melalui prosesor baru seri H ini mereka lebih fokus pada performa untuk berbagai laptop gaming dan workstation.

11th Gen Intel Core H-series processors take mobile gaming, content creation and commercial workstation systems to new heights. These new H-series processors are an exciting extension of our 11th Gen mobile family with double-digit single core and multi-core performance improvements, leading gameplay, direct attached storage and 20 PCIe 4.0 lanes for true enthusiast-level platform bandwidth.

Chris Walker, Intel corporate vice president and general manager of the Mobile Client Platforms Group

Prosesor Intel Core H Series

Melalui prosesor ini, Intel membawa performa kelas komputer desktop pada laptop. Prosesor Intel Core H Series juga melalui teknologi proses SuperFin 10nm, sampai 8 core dan 16 thread. Performanya, baik untuk single dan dual-core bisa mencapai 5.0GHz.

Serunya lagi, prosesor ini memungkinkan CPU memiliki akses langsung ke memori GDDR6 yang ada di kartu grafis. Dengan begitu, gamer bisa menikmati framerate lebih tinggi dengan tingkat latensi lebih rendah (kamu bisa membaca soal ini lebih jauh di artikel soal lompatan teknologi GPU).

Beberapa fitur canggih yang ada di prosesor baru Intel ini meliputi:

  • 20 jalur PCIe Gen 4.0, juga sampai 44 jalur PCIe yang termasuk 24 jalur PCIe Gen 3.0.
  • Dukungan memori sampai DDR4-3200.
  • Koneksi Thunderbolt 4 dengan kecepatan transfer sampai 40Gbps.
  • Intel Killer Wi-Fi 6E (Gig+) diskrit.
  • Dual Display Port terintegrasi untuk layar dengan daya optimal.

Performa Prosesor Intel Core Baru

Bersama pengumuman ini, Intel juga mengklaim kalau performa prosesor Intel Core H Series baru mampu unggul bila dibandingkan dengan prosesor generasi lalu dan kompetitor yang ada di pasar saat ini. Baik yang kelas atas (i9), maupun yang kelas menengah (i5).

Jadi, kalau kamu berpikir akan membeli laptop gaming atau laptop untuk kreator konten yang powerful, mungkin kamu bisa mempertimbangkan mana yang memakai prosesor ini.

%d blogger menyukai ini: