Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Amazon Bikin Kulkas Cerdas Yang Tahu Jika Stok Makanan Habis

Kulkas Samsung Family Hub
Anom Penulis

Amazon kembali bergerak maju untuk mempermudah urusan rumah tangga dan belanja. Setelah membuat robot pengawas rumah bernama Astro, Amazon dikabarkan akan mengembangkan kulkas yang bisa tahu kalau stok makanan di dalam habis.

Laporan soal proyek ini datang dari Insider. Mereka menyebutkan kalau kulkas yang dikembangkan Amazon itu mampu memindai stok yang menipis atau yang hampir kadaluwarsa. Kemudian kulkas akan membantumu untuk memesan kembali.

popculture.id

Kalau kamu ingat, Amazon sudah memiliki supermarket tanpa kasir. Nah, kulkas ini akan memakai teknologi yang sama dengan yang ada di supermarket bernama Amazon Go itu.

Tim yang menggarap supermarket tanpa kasir itu juga membuat teknologi canggih lain yang ada di toko Amazon. Seperti keranjang belanja Dash Cart dan sistem pembayaran dengan pengenalan telapak tangan Amazon One.

Insider mengatakan kalau proyek ini disebut dengan nama “Project Pulse” di kalangan internal Amazon. Selain mengenali dan mengukur stok di dalam lalau memberi pemberitahuan, kulkas ini juga bisa memesan produk bersangkutan.

Amazon tidak akan memproduksi sendiri kulkas itu. Namun akan bekerja sama dengan produsen perlengkapan elektronik rumah tangga. Konon diskusi soal kerja sama ini sudah terjadi dengan beberapa perusahaan terkenal.

Beberapa perusahaan yang memproduksi peralatan rumah tangga saat ini pun sudah memiliki perangkat cerdas. Yang bisa kita duga juga akan mengarah pada visi Amazon.

Kulkas Family Hub dari Samsung, sebagai contoh, sudah memiliki komputer kecil untuk mengontrol peralatan rumah tangga lain. Menariknya, Samsung Family Hub memakai asisten cerdas Alexa dari Amazon.

Yah, kulkas cerdas dari Amazon ini memang masih dalam tahap pengembangan. Belum ada tanggal rilis yang jelas (jadi kita belum tahu secerdas apa). Kalaupun rilis nanti, produk ini pun akan tersedia secara terbatas pada wilayah tertentu.

Toh, teknologi seperti ini tetap menarik. Eh, atau malah mengerikan?

    %d blogger menyukai ini: