Puma Fi

PUMA Fi: Sepatu Cerdas Dengan Aplikasi Smartphone

Teknologi sudah berkembang secara luar biasa. Tidak hanya peralatan elektronik umum, sekarang sepatu pun punya aplikasi smartphone. PUMA Fi adalah salah satu sepatu cerdas seperti itu.

Sebelum ini kita sudah melihat Nike mengumumkan sepatu Nike Adapt BB. Sepatu itu bisa menyesuaikan kondisi kaki dengan kontrol melalui smartphone. Sepatu akan mengencang atau mengendur sesuai setelan yang dipilih.

PUMA Fi memiliki konsep sejenis. Sepatu ini bisa mendeteksi bentuk kaki, dan pengguna bisa mengatur kekencangan sepatu dengan kontrol di sepatu dan memanfaatkan sistem “tali” yang ada di seputar sepatu.

Kalau Nike memilih sepatu basket sebagai produk pertama sepatu cerdasnya, PUMA Fi adalah sepatu latihan (training shoe) untuk berolahraga dan lari ringan (bukan sepatu khusus lari).

modul puma fi

Ketika pengguna hendak mengencangkan, ia tinggal melakukan swipe dari arah jari ke arah tumit di modul yang ada di PUMA Fi. Begitu sebaliknya. Selain itu, juga ada tiga tingkat kekencangan. Pengguna bisa memilihnya dengan menekan di bagian sama dengan gestur swipe tadi.

Fungsi yang sama juga ada di aplikasi smartphone. Selain fungsi kontrol tersebut, aplikasi juga memantau kondisi baterai modul di sepatu, dan bisa mengatur sedikit lebih detil daripada di modul.

Kelengkapan Puma Fi

PUMA menyebutkan kalau platform Fi masih dikembangkan lebih jauh lagi. Mereka bahkan membuka uji coba umum bagi mereka yang berminat (kelihatannya hanya di wilayah tertentu). Yang ingin mengikuti program beta Fi bisa mendaftar melalui aplikasi PUMATRAC yang tersedia untuk Android dan iOS.

Sepatu PUMA Fi sendiri rencananya akan dirilis untuk konsumen umum pada tahun 2020.

More Stories
red hydrogen one
Hydrogen One Dari RED Bukan Handphone Android Biasa