Purism Librem 13 – Laptop Linux yang Paling Aman

Purism Librem 13 merupakan laptop Linux terbaik dalam hal keamanan. Laptop ini memiliki sistem keamanan data yang canggih.

Pada era digital seperti saat ini, ada banyak kasus pencurian data oleh hacker. Bahkan data dari perusahaan pun bisa dibobol oleh hacker.

Di sisi lain, masyarakat tidak bisa dipisahkan dari internet. Sebab hampir semua aspek kehidupan perlu diakses menggunakan internet.

Produsen perangkat keras Linux, Purism menawarkan solusi keamanan pada laptop. Purism merilis laptop yang fokus pada keamanan bernama Librem 13.

Lalu seperti apa spesifikasi dan kinerja Librem 13? Simak uraian di bawah ini:

Spesifikasi Librem 13

Sumber Gambar : Purism

Librem 13 mempunyai kisaran harga Rp 18,3 juta – Rp 28,2 juta. Laptop tersebut mempunyai RAM yang dapat dikonfigurasi, penyimpanan dan opsi nirkabel.

Laptop Linux ini ditenagai prosesor Skylake Intel Core i7 6500U. Disertai RAM 4GB DDR4, dengan 120GB penyimpanan.

Kalian juga memiliki pilihan penyimpanan M.2 yang cepat hingga 2TB. M.2 adalah SSD yang terhubung langsung ke motherboard dan memberikan kecepatan penyimpanan.

Librem 13 menggunakan GPU Intel HD Graphics 520. Laptop ini dikemas dengan layar IPS 13,3 inci yang bagus, dengan lapisan anti-reflective matte.

Librem 13 memiliki dua port USB 3.0, port USB Type-C, dan port headphone. Ada pula HDMI-out standar (dengan ukuran 4K), serta pembaca kartu MMC/SD.

Jika kalian mencari laptop dengan baterai tahan lama, maka Librem 13 bisa dipilih. Sebab laptop ini memiliki daya tahan baterai 7 – 9 jam.

Tidak hanya itu, ada pula keyboard dengan lampu LED. Librem 13 juga mempunyai trackpad multitouch Elantech yang mengesankan.

Bodi dan Desain

Sumber Gambar : Medium

Librem 13 memiliki bodi yang berlapis aluminium hitam. Hal ini membuat Librem 13 terlihat elegan dan berkualitas.

Purism Librem 13 dibekali engsel yang sangat kokoh. Engsel Librem 13 dapat dibuka sampai 130 derajat, sehingga lumayan aman saat digunakan.

Laptop ini terlihat sangat ramping, dengan ujung laptop hanya berukuran 0,7 inci. Hal ini memenuhi deskripsi Purism tentang Librem 13 sebagai ‘The Road Warrior.’

Sayangnya bahan aluminium mudah menyerap minyak pada kulit. Setelah lima menit menggunakan Librem 13, kalian dapat melihat bekas jari di bodi laptop.

Bagi beberapa orang, hal ini tentu sangat mengganggu. Tapi jangan khawatir, kalian bisa menghilangkan bekas sidik jari di laptop menggunakan kain lembab bebas serat.

Keamanan Purism Librem 13

Sumber Gambar : Gizmodo

Laptop Librem 13 menjadi salah satu perangkat Purism yang dirancang untuk privasi. Librem 13 mengandalkan hardware terpercaya, berjalan tanpa firmware dan driver khusus.

Librem 13 digambarkan sebagai ‘laptop ultraportable 13 inci pertama yang dirancang untuk melindungi kehidupan digital.’

Purism Librem 13 menggunakan firmware Coreboot, sebuah BIOS yang ringan dan aman. Firmware tersebut menggantikan Intel Management Engine.

Librem 13 memiliki fitur keamanan lain di browser, PureBrowser. Laptop ini memiliki keamanan internet yang terintegrasi dengan browser Mozilla Firefox.

Terdapat chip TPM (Trusted Platfrom Module) di motherboard Librem 13. Chip ini dapat mengintegrasikan berbagai fitur di komputer seperti enkripsi GPS, deteksi kerusakan, dll.

Lalu apakah Librem 13 mampu mengamankan data secara online? Itu semua tergantung kepada masing-masing pengguna.

Sebagai pengguna internet, kita sebaiknya mempelajari tips aman menggunakan internet. Misalnya, jangan buka email mencurigakan, jangan membagikan detail login, dll.