Mi A1: Handphone Xiaomi Tanpa MIUI

Xiaomi Mi A1 android one

Handphone Xiaomi selalu identik dengan MIUI, skin Android miliknya. Namun kali ini berbeda. Handphone Xiaomi Mi A1 yang dirilis di India, hadir dengan stock Android, tanpa MIUI. Hal ini membuat Mi A1 menjadi dua kali lebih menarik.

Jangan salah. Bukannya Xiaomi Mi A1 tidak menarik. Justru sebaliknya. Seperti biasa, Xiaomi selalu memberikan penawaran fitur lebih di harga terjangkau. Begitu pun handphone ini.

Xiaomi Mi A1 yang menggoda

pilihan warna xiaomi Mi A1

Dari sisi penampilan, Mi A1 jelas menarik. Bodi full metal tipis (7,3 mm) dengan tiga pilihan warna (black, gold, rose gold), layar full HD 5,5 inci (403 ppi) dengan Gorilla Glass, plus sensor sidik jari di bagian belakang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Belum lagi lengkungan di pinggir bodi yang membuat nyaman digenggam dan lapisan anti bekas jari yang menyelimutinya.

Bagaimana dengan dapur pacunya? Boleh dibilang, Xiaomi tetap layak bersaing. Lihat saja spesifikasinya: Prosesor Snapdragon 625 (dgn Adreno 506), RAM 4 GB, memori internal 64 GB dengan dukungan microSD (sampai 128 GB), Baterai 3080 / 3000 mAH. Handphone ini juga punya colokan 3,5 mm selain USB type-C.

kamera xiaomi Mi A1

Kameranya pun tidak kalah menarik. Xiaomi Mi A1 memiliki kamera ganda di bagian belakang. Satu lensa wide-angle 12 MP (f/2.2, 1,25μm), satu lensa telephoto 12 MP (f/2.6, 1.0 μm), dan dilengkapi dual-tone flash. Di bagian depan ada kamera 5 MP (f/2, 1.12μm) dengan pengenalan wajah dan mode Beautify (plus 36 profil smart beauty).

Seperti biasa, Xiaomi juga tidak malu-malu menyandingkan diri dengan iPhone.

Xiaomi Mi A1 dan Android One

Ini sangat menarik. Mi A1 menjadi handphone pertama Xiaomi yang masuk dalam program Android One dari Google. Dengan begitu, Xiaomi meninggalkan MIUI (dengan desain mirip iOS) dan menggunakan Android murni. Slogan handphone ini langsung menunjukkan hal itu: “Created by Xiaomi, Powered by Google“.

Android One merupakan program dari Google. Program ini membawa Android dengan standar khusus untuk handphone dengan harga terjangkau. Android One memulai proyeknya di India, lalu berkembang ke negara lain, termasuk Indonesia, Filipina, Pakistan, Sri Lanka, Bangladesh, dan Nepal. Selain Xiaomi yang baru saja merilis Mi A1 ini, perusahaan seperti HTC, ASUS, Acer, Panasonic, Lenovo, dan Qualcomm juga ikut serta dalam program ini.

Demikianlah Mi A1 hadir dengan segala kelengkapan dari Google. Mulai dari Play Store, Google Photo, Google Assistant, Google Play Music, bisa dinikmati di sini. Xiaomi menyebut kalau Mi A1 akan mendapat update Android 8 Oreo akhir tahun ini.

Harga Xiaomi Mi A1 di India adalah ₹ 14,999 atau sekitar 3,1 juta Rupiah. Handphone ini mulai tersedia di sana pada 12 September 2017. Selanjutnya akan menyusul di negara lain, termasuk Indonesia. Situs Mi Indonesia sudah memajang handphone ini. Jadi, tunggu saja.

%d blogger menyukai ini: