TERKUAK! Ternyata Inilah Rahasia di Balik Rekomendasi Video TikTok

Di balik rekomendasi video yang diberikan TikTok, rupanya ada rahasia menarik yang tidak diketahui banyak orang. Kalian bisa cek faktanya di artikel ini.

TikTok tidak hanya dipakai untuk sharing video-video lucu dan keren. Lebih dari itu, TikTok saat ini banyak dipakai orang untuk mencari ide atau sumber inspirasi.

TikTok sendiri tidak membiarkan penggunanya berjalan sendiri. Media sosial ini juga ikut andil memberikan rekomendasi video ke penggunanya.

Biasanya TikTok bakal memberikan rekomendasi video sesuai minat pengguna. Tapi pernah kah kalian penasaran, kira-kira dari mana TikTok tahu minat kalian?

Rahasia Rekomendasi Video TikTok

Saat kalian membuka TikTok, pasti kalian akan langsung diarahkan ke halaman β€˜For You.’ Di halaman ini, kalian bakal disuguhi berbagai video sesuai minat.

Menariknya, rekomendasi video yang diberikan TikTok untuk setiap pengguna berbeda-beda. Rekomendasikan bakal dibedakan sesuai minat pengguna.

Sumber Gambar : IPR Tokyo

Umumnya, sistem rekomendasi TikTok bakal bekerja sesuai kegiatan akun. Misalnya akun apa saja yang kalian ikuti, sampai di mana kalian meninggalkan komentar. Itu semua dijadikan patokan TikTok untuk merekomendasikan video.

TikTok juga bakal merekomendasikan video sesuai konten yang kalian buat. Tidak hanya itu, penggunaan efek, suara dan tagar di konten juga bakal mempengaruhi rekomendasi video.

Pengaturan perangkat dan akun juga berpengaruh terhadap rekomendasi video lho. Misalnya pengaturan bahasa, negara dan jenis perangkat kalian.

Itu tadi hal-hal umum yang bisa mempengaruhi rekomendasi TikTok. Selain hal di atas, ada juga rahasia lain dibalik cara TikTok merekomendasikan video ke pengguna.

Saat Pertama Pakai TikTok

Ketika pertama kali memakai aplikasi, TikTok bakal mengundang pengguna untuk memilih kategori yang diminati. Misalnya hewan peliharaan atau tempat wisata.

Pilihan kalian bakal menentukan rekomendasi awal dari TikTok. Untuk rekomendasi video yang selanjutnya, bakal disesuaikan dengan aktivitas kalian di aplikasi.

Menemukan Lebih Banyak Minat

TikTok bakal memantau interaksi kalian dengan pengguna lain. Bukan bermaksud mengganggu privasi pengguna, ini cuma cara TikTok mengkuratori rekomendasi untuk kalian.

Seiring berjalannya waktu, tab For You kalian bakal berisi video yang lebih beragam. Tentunya, semakin lama video yang tampil bakal pas dengan minat kalian.

Konten yang Tidak Disukai Pengguna

Kadang-kadang di tab For You, kalian mungkin pernah menemukan video yang tidak disukai. Di sini kalian bisa mengetuk lama video yang tidak disukai, kemudian pilih menu β€˜Not Interested.’

Setelah itu video bakal hilang dari tab rekomendasi. Kedepan, TikTok juga tidak akan merekomendasikan video yang serupa ke kalian.

Rahasia Agar Pengguna Tidak Bosan

Sadar atau tidak, rekomendasi video TikTok sebenarnya sering berubah lho. Kenapa? Karena TikTok sengaja menyelingi berbagai jenis konten agar pengguna tidak bosan.

Misalnya, tab For You kalian tidak akan menampilkan dua video yang dibuat dengan suara atau pencipta sama. TikTok juga tidak akan menyarankan konten duplikat, konten yang sudah kalian lihat sebelumnya, atau konten yang dianggap spam.

%d blogger menyukai ini: