Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Berapa Kapasitas RAM yang Ideal untuk Smartphone Android?

Indri Penulis

Berapa RAM yang diperlukan untuk smartphone Android? Biar nggak penasaran, kamu bisa langsung baca ulasan kami berikut ini.

RAM atau Random Access Memory adalah bagian umum dari perangkat keras komputer seperti desktop, laptop dan juga perangkat genggam seperti smartphone. RAM sendiri bisa menjadi memori sementara untuk menyimpan informasi yang sering diakses ponsel.

popculture.id

Nah pertanyaannya, kira-kira berapa kapasitas RAM yang diperlukan untuk ponsel Android? Mari kita lihat.

Apa Fungsi RAM?

Dalam pemakaiannya sehari-hari, sebuah smartphone membutuhkan memori akses instan untuk multitasking, dan itulah fungsi dari RAM. Pada dasarnya, RAM memungkinkan semua operasi di smartphone berjalan sekaligus.

Ketika kamu menjalankan aplikasi atau game di smartphone, aplikasi atau game tersebut akan dimuat ke dalam RAM. Selama aplikasi masih di dalam RAM, kamu bisa melakukan aktivitas lain dan kembali lagi ke aktivitas aplikasi atau game tersebut ‘tanpa perlu memuat ulang.’

Kapasitas RAM Ponsel Android Saat Ini

Kapasitas RAM buat ponsel Android terendah saat ini dipegang oleh jajaran perangkat yang pakai Android Go, OS Android yang khusus ditujukan buat ponsel kelas bawah. Ponsel dengan Android Go punya minimal RAM 2GB dan paling tinggi 4GB. Contoh ponsel yang pakai Android Go adalah OPPO A37, Samsung Galaxy A03 Core, Infinix Smart 6, dll.

Kalau pada umumnya sih sekarang kebanyakan ponsel support RAM 6GB dan 8GB. Biasanya lini ini diisi oleh ponsel-ponsel kelas menengah contohnya Samsung Galaxy A53, Redmi Note 11 Pro, Vivo V23e, dll.

Nah kalau bicara soal kapasitas RAM paling besar, ini jelas diisi oleh ponsel-ponsel kelas unggulan guys. Untuk kapasitas RAM terbesar saat ini adalah 18GB dan bisa kamu temukan pada ASUS ROG Phone 5s Pro, ASUS ROG Phone 5 Ultimate dan ZTE Axon 30 Ultra.

Berapa Kapasitas RAM Ideal untuk Android?

Sebenarnya jumlah RAM yang dibutuhkan tergantung pada aplikasi apa yang kamu pakai. Untuk membantu kamu mengira-ngira berapa banyak RAM yang kamu butuhkan. Jadi mari kita lihat beberapa aktivitas paling umum yang dilakukan orang di smartphone.

  • Aplikasi media sosial seperti Instagram, TikTok dan Facebook butuh setidaknya 100 – 300MB RAM, tergantung penggunaannya.
  • Browser dan pemutar video seperti Chrome dan YouTube, biasanya bakal mengonsumsi sekitar 500MB tergantung berapa banyak tab yang terbuka dan kualitas video tontonan.
  • Sedangkan untuk game mobile sangat bervariasi tergantung kualitas grafisnya dan apakah yang kamu mainkan itu online atau offline. Kalau game seperti FIFA Soccer sihbisa memakan lebih dari 1GB RAM ketika sedang dijalankan.

Dengan pemaparan di atas, bisa dibilang kalau RAM 6GB mungkin sudah bisa mendukung beberapa aktivitas di atas. Tapi kalau mau yang lebih aman, kamu bisa pilih opsi 8GB yang rata-rata sudah ada di ponsel keluaran baru.

Bagaimana Cara Cek RAM?

Oke, sekarang saya akan share tutorial cara cek pemakaian RAM di ponsel Android kamu. Langsung ikuti cara ini yuk:

  1. Buka Pengaturan > “Perawatan Perangkat” atau “Pemeliharaan Perangkat” (nama menu bervariasi tergantung model ponsel).
  2. Kamu juga bisa klik Memori. Lalu dari situ, kamu bisa melihat jumlah RAM yang ada di ponselmu, sekaligus berapa banyak kapasitas Ram yang saat ini sudah terpakai untuk aplikasi / layanan yang sedang berjalan.
  3. Di beberapa model ponsel, kamu mungkin perlu mengaktifkan “Developer Options” atau “Opsi Pengembang” untuk bisa mengakses kedua pengaturan sebelumnya. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > “Tentang.” Setelah itu gulir layar ke bawah dan klik “Build Number” tujuh kai sebelum memasukkan PIN-mu.

Ya, itu tadi sedikit penjelasan soal berapa kapasitas RAM yang dibutuhkan untuk ponsel Android. Setelah membaca ulasan ini, saya harap kamu bisa lebih cermat dalam memanfaatkan RAM / memilih ponsel baru nantinya (pilih ponsel yang RAM-nya benar-benar bisa menunjang aktivitas sehari-harimu).

    %d blogger menyukai ini: