RAM 2GB Akan Jadi Standar Baru Smartphone Android Go

presentasi android go

Android Go merupakan versi sistem operasi yang ditujukan untuk smartphone kelas bawah alias yang punya spesifikasi rendah. Dengan berkembangnya teknologi, standar untuk smartphone kelas bawah pun berubah. Nantinya, smartphone dengan RAM 2GB harus menggunakan Android Go.

Google mengumumkan Android Go pertama kali melalui Android Oreo (Go Edition). Sistem operasi ini dibuat untuk smartphone dengan RAM di bawah 1GB. Beberapa aplikasi khusus pun dikembangkan khusus untuk sistem operasi dan perangkat kelas ini. Misalnya Google Go, Maps Go, atau YouTube Go.

Kita tahu kalau saat ini pemakaian RAM di smartphone Android sudah meningkat dengan pesat. Kebanyakan ponsel ekonomis kini menggunakan RAM 3GB atau 4GB, ponsel menengah sekarang dipenuhi perangkat dengan RAM 6GB dan 8GB, sedangkan kelas atas sudah menawarkan RAM 12GB dan akan menuju ke 16GB.

Google pun kelihatannya bersiap merespon perubahan standar ini.

ponsel Redmi Go

Standar Baru Android Go

XDA Developers menyebutkan kalau berdasar bocoran dari “Panduan Konfigurasi Perangkat Edisi Android 11 Go” (April 2020), Google berencana menetapkan perangkat dengan RAM 2GB atau kurang sebagai standar baru.

Berikut poin-poin yang dikumpulkan oleh XDA Developers:

  • Mulai dengan Android 11, perangkat dengan RAM 512GB sudah tidak masuk kualifikasi untuk menggunakan GMS (Google Mobile Service).
  • Semua produk BARU yang rilis dengan Android 11, jika memakai RAM 2GB atau kurang, HARUS diidentifikasi sebagai perangkat dengan RAM rendah (melalui API ActivityManager.isLowRamDevice()) dan dirilis sebagai perangkat Android Go.
  • Mulai kuartal keempat 2020, semua produk BARU yang rilis dengan Anroid 10, jika memakai RAM 2GB atau kurang, HARUS diidentifikasi sebagai perangkat dengan RAM rendah (melalui API ActivityManager.isLowRamDevice()) dan dirilis sebagai perangkat Android Go.
  • Perangkat dengan RAM 2GB yang sudah rilis dengan konfigurasi standar GMS tidak perlu beralih ke konfigurasi Android Go. Perangkat tersebut tetap menggunakan Android biasa.

Jadi bisa dilihat. RAM 2GB kini sudah dianggap berkemampuan rendah dan RAM di bawah 1GB dianggap tidak layak pakai. Keputusan ini memang sangat wajar. Aplikasi dan fitur terus berkembang. Sehingga tentu saja perangkat juga dituntut untuk berkembang.

%d blogger menyukai ini: