Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rayman Jungle Run untuk Windows Phone

Anom Penulis

Suka game seperti Super Mario Bros atau Sonic? Kamu bisa coba game yang satu ini. Rayman Jungle Run. Salah satu game side-scrolling platformer yang populer, tidak kalah dengan yang kami sebut sebelumnya. Game yang dibuat berdasar game Rayman Origins (untuk PC dan konsol) ini hadir untuk Windows Phone pada bulan Maret 2013 lalu. Terus terang, game ini tidak mengecewakan.

Gameplay Rayman Jungle Run

Di game Rayman Jungle Run ini kita bermain sebagai Rayman (thanks Captain Obvious!) yang berlari, melompat, melayang, dan memukul sambil mengumpulkan lums. Game ini menyediakan sekitar 50 level yang terbagi dalam beberapa world. Pada tiap level terdapat 100 lums yang harus dikumpulkan. Kalau kita bisa mengumpulkan semuanya, kita akan mendapat batu ruby berwarna merah. Kalau kita mengumpulkan 5 buah ruby, kita akan membuka level land of the dead yang memungkinkan kita untuk memakai karakter lain (Globox, Dark Rayman, Globox Outfit).

Pada satu sisi, cara bermain game ini cukup mirip dengan jenis endless-running game seperti Ragdoll Run. Bedanya, tentu saja, aksi berlari Rayman selesai di tiap levelnya. Rintangannya juga klasik. Ada jurang, duri tajam, dll. Kadang untuk mencapai lum atau dataran tertentu kita harus mengkombinasikan beberapa aksi seperti melompat, melayang atau berayun. Seperti game umumnya, kita harus jeli melihat sekeliling. Karena ada beberapa lum yang agak tersembunyi tempatnya.

Game Rayman Jungle Run ini juga memberi kita beberapa reward. Pertama, kalau kita berhasil mengumpulkan lums dalam jumlah tertentu, kita bisa membuka (unlock) gambar wallpaper Rayman Jungle Run. Kedua, Rayman Jungle Run ini masuk ke koleksi Xbox Live. Mudah ditebak, kita bisa membuka achievement dan menambah poin gamescore kita.

Selain itu, kita juga bisa melihat leaderboard dan melihat siapa yang memimpin pada setiap world.

Presentasi Rayman Jungle Run

Secara tampilan, Rayman Jungle Run sangat menyenangkan. Desain karakternya unik dan mudah diingat. Lihat saja Rayman yang nggak punya lengan dan jambulnya yang bisa jadi kitiran. Atau muka Globox yang kelihatan bodo tapi lucu. Selain itu, gambar background-nya juga keren. Enak dilihat. Tidak cuma enak dilihat, lagu-lagu yang mengiringi game ini juga menghibur dan cukup beragam.

Untuk kontrolnya, game ini menggunakan satu sentuhan sebagai dasarnya. Satu tap untuk melompat, satu tap dan tahan untuk melayang, dll. Kelihatan sederhana? IGN berpendapat Rayman Jungle Run adalah salah satu contoh presentasi terbaik untuk one-touch control.

Pengalaman Bermain

Oke, secara keseluruhan, game Rayman Jungle Run ini seru, menantang, dan bikin gregetan. Kami tidak merasa kecewa dengan tampilan atau cara bermainnya.

Yah, ada sih yang cukup menjengkelkan buat saya. Pertama, jumlah lums di tiap level benar-benar pas 100. Kedua, kita hanya bisa berlari maju dan tidak bisa kembali. Padahal, pada beberapa level, lums ada yang tersembunyi dan arah gerakan Rayman harus tepat. Jadi, bersiaplah untuk mengulang level hanya karena kesalahan kecil sebuah lum terlewat. Itu kalau kamu mau mendapat perfect score (dan mendapat ruby). Tapi itulah tantangan game ini. Untungnya, ada achievement untuk mereka yang mencoba pantang menyerah. Hahaha….

Sekali lagi, kami cukup puas dengan game ini. Untuk kamu yang ingin bermain, game ini bisa di dapat di Windows Phone Store region Indonesia dengan harga Rp 25.820. Sayangnya tidak ada trial, dan hanya untuk Windows Phone 8 saja.