Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Dengan Prosesor Powerful, realme C25 dan C21 Sajikan Harga Terjangkau

Indri Penulis

Realme akhirnya menghadirkan ponsel anyar realme C25 dan C21 prosesor powerful namun disajikan dalam harga yang terjangkau.

Ponsel dari segmen entry-level sering dipandang sebelah mata. Meski harganya murah, tapi kualitas kebanyakan ponsel entry-level memang tidak terlalu bisa dihandalkan. Mulai dari desain, kamera, hingga prosesornya.

Namun kali ini realme berani membuat gebrakan. Lewat produk anyar realme C25 dan realme C21, realme siap sajikan ponsel entry-level dengan prosesor powerful dan harganya tetap murah.

Kebetulan, Indonesia kali ini dipilih menjadi negara tempat debut global realme C25 dan C21. Kalau begitu, mari kita kupas tuntas keunggulan yang disajikan kedua ponsel entry-level ini yuk!

Spesifikasi dan Harga realme C25 dan C21

Sebelum saya bahas spesifikasi realme C25 dan C21, perlu kamu ketahui bahwa kedua ponsel ini punya satu kesamaan. Yakni sama-sama telah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland High Reliability.

Gimana, keren kan? Biasanya ponsel yang sudah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland ada di segmen mid-range dan high-end. Tapi kalau realme C25 dan C21 sudah mengantoni sertifikasi ini, berarti ini adalah kemajuan besar buat ponsel entry-level.

Apa sih keistimewaan sertifikasi TUV Rheinland High Reliability? Jadi ponsel yang mengantongi sertifikasi ini, mereka telah diuji dalam 23 pengujian utama, termasuk:

  • 10 Skenario Pengujian Penggunaan Harian seperti jatuh, abrasi karena penggunaan.
  • 7 Skenario uji Lingkungan Ekstrem, seperti suhu super tinggi dan rendah, kelembaban tinggi dan rendah, fluktuasi tegangan, masa pakai tombol, listrik statis, tekanan udara.
  • 6 Komponen Skenario Uji Reliabilitas.

Menariknya untuk menguji ketahanan dua ponsel ini, realme sengaja mengundang aktris Megan Domani lho. Jadi di acara uji coba ini, Megan sengaja menjatuhkan realme C25 dan C21 beberapa kali, dan hasilnya ponsel tidak kenapa-kenapa.

Realme C25

Performa Tinggi dengan MediaTek Helio G70

Realme C25 ditenagai MediaTek Helio G70 yang merupakan prosesor terbaik di segmen ini. Prosesor ini dibuat dengan proses 12nm dan menyajikan clock speed hingga 2.0GHz. Mengadopsi Cortex A75, menjadikannya sebagai salah satu prosesor tercepat di kelasnya.

Sumber Gambar : realme

Tak sampai di situ saja, ponsel ini menghadirkan dua varian memori RAM LPDDR4X 4GB/64GB dan 4GB/128GB. Menariknya, kinerja grafis RAM LPDDR4 yang dipakai realme C25 jauh lebih cepat dibanding ponsel lain yang pakai RAM LPDDR3. Bahkan peningkatannya mencapai 100%.

Baca Juga:  Lini iPhone 14 Hadir & Versi Pro Punya Kamera Depan Seru

48MP AI Triple-Camera

Selain performa, kamera ponsel entry-level adalah salah satu segmen yang kerap dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Kalau biasanya ponsel entry-level lain cuma sajikan kamera utama 13MP, maka realme C25 berani menghadirkan sensor utama 48MP.

Selain sensor utama 48MP, kamera belakang relame C25 masih punya dua sensor lain yakni lensa makro dan B&W. Sementara kamera selfie-nya berukuran 8MP.

Realme C25 juga dibekali fitur kamera yang lumayan oke. Contohnya Super Nightscape Mode dan lima Night Filter populer (Cyberpunk, Flamingo, Modern Gold, Dazzle dan Astral).

Trendsetting Geometric Art Design

Ponsel murah apakah desainnya sudah pasti terlihat murahan? Belum tentu. Realme C25 menyajikan dua varian warna yang cukup unik yakni Water Blue dan Water Grey.

Desain bodi belakang ponsel dipoles ciamik memakai ukiran lima sumbu presisi. Hasilnya, bodi belakang ponsel mampu menampilkan warna yang lebih menarik, nyaman digenggam dan bebas cap sidik jari.

Baterai Jumbo 6.000mAh

Kalau dibanding beberapa ponsel kelas menengah milik vendor lain seperti Samsung Galaxy A51 dan A71, realme C25 jauh lebih unggul dalam urusan baterai.

Padahal ponsel ini ada di kelas entry-level, tapi dia berani menyajikan baterai 6.000mAh dengan 18W Quick Charge. Beda dengan dua ponsel pesaingnya tadi yang hanya mengemas baterai 4.000mAh dan 4.500mAh. Menurut saya, ini keunggulan yang sangat menarik sih.

Dibekali Realme UI 2.0 Terbaru

Realme UI 2.0 memulai debutnya lewat realme C25. Skin anyar ini punya fitur kustomisasi ikon baru, serta mendukung ikon pihak ketiga dari Play Store atau Theme Store.

Skin ini juga mendukung sisi ART+ untuk kustomisasi ikon, sehingga gaya default/gaya material/bentuk ikon bisa diubah ukurannya sesuai selera.

Realme C21

Ditenagai MediaTek Helio G35

Ponsel ini menghadirkan MediaTek Helio G35, prosesor gaming untuk ponsel entry-level. Prosesor ini dibuat dengan fabrikasi 12nm dan clock speed hingga 2.3GHz berkat struktur Cortex A53.

Sumber Gambar : realme

Smartphone ini tersedia dalam dua pilihan yakni model 3GB/32GB dan 4GB/64GB. Mereka semua telah memakai RAM LPDDR4X yang lebih cepat dibanding LPDDR3X.

13MP AI Triple Camera

Sebenarnya kalau dibandingkan dengan kamera ponsel entry-level lain, realme C21 tidak beda jauh. Ponsel ini hadir dengan triple-camera 13MP (sensor utama) + lensa makro dan + lensa B&W.

Baca Juga:  Samsung Galaxy Z Flip 4 JUUN.J Edition: Cocok Buat Black Addict!

Sementara di depan, kamu akan menemukan kamera selfie 5MP. Cuma, ponsel ini dibekali fitur kamera yang lumayan bervariasi seperti Super Nightscape Mode, AI Beauty, mode HDR, mode portrait, dan fitur Panoselfie.

Sumber Gambar : realme

Disokong Baterai 5.000mAh

Meski tidak sebesar realme C25, tapi baterai 5.000mAh realme C21 lumayan oke kok. Apalagi ponsel ini diklaim bisa tahan sampai 47 hari dalam mode standby.

Menariknya lagi, ponsel ini juga bisa menjadi powerbank perangkat lain berkat reverse charging OTG khusus. Terakhir, realme C21 punya Super Power Saving Mode agar baterai lebih awet.

Trendsetting Geometric Crosshatch Design

Ponsel ini tersedia dalam dua varian warna yakni Cross Blue dan Cross Black. Uniknya, bodi belakang ponsel ini terinspirasi dari bentuk jam pasir.

Jadi aksen pantulan warna di bodi belakang seperti berbentuk silang. Sama seperti realme C25, bodi belakang realme C21 juga didesain anti selip dan tahan noda sidik jari.

Harga dan Ketersediaan

Realme C21 akan tersedia lewat program “Early Bird Sale” HARI INI pukul 18.00 WIB di Shopee, akulaku dan realme.com. Akan ada pula acara Flash Sale pada 24 Maret pukul 09.00 WIB dengan harga spesial Rp 1.549.000 (3GB/32GB) dan dapatkan Smartfren starter pack 384GB gratis selama dua tahun (S&K berlaku).

Open Sale realme C21 dilaksanakan pada tanggal 26 Maret di realme online dan offline store seluruh Indonesia. Di sisi lain, realme C21 dengan model 4GB/64GB juga akan segera hadir dengan harga Rp 1.999.000.

Sementara realme C25 akan hadir lewat progral Flash Sale pada 27 Maret pukul 00.00 WIB di Lazada, akulaku dan realme.com dengan harga spesial Rp 2.099.000 (4GB/64GB).

Kamu juga bisa dapatkan Smartfren starter pack 384GB secara gratis selama dua tahun (S&K berlaku) untuk setiap pembelian realme C25.

Open Sale realme C25 akan berlangsung di realme offline store seluruh Indonesia pada 2 April. Sementara realme C25 dengan 4GB+128GB akan segera hadir dengan harga Rp 2.499.000.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara pembelian realme C25 & C21, silakan kunjungi:
● realme C25 di Lazada
● realme C21 di Shopee
realme.com
akulaku