Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Baru Tahu Facebook Punya Recycle Bin, Begini Cara Recover Datanya

Baru Tahu Facebook Punya Recycle Bin, Begini Cara Recover Datanya

Pengguna komputer atau laptop sudah pasti kenal dengan Recycle Bin atau tong sampah.  Ikon dengan gambar seperti bak sampah selalu menjadi ‘ikonik’ di desktop.

Recycle Bin adalah penampungan data atau file yang baru saja dihapus, sehingga data masih dapat dipulihkan sebelum benar-benar dihapus secara permanen.

popculture.id

Facebook Punya Recycle Bin?

Ternyata Facebook memiliki tempat sampah selayaknya di komputer. Recycle Bin Facebook adalah suatu ruang yang disediakan sebagai penampungan ketika pengguna melakukan delete atau hapus suatu data.

Tong sampah di Facebook ini sangat berguna bagi pengguna. Seringkali pengguna Facebook melakukan penghapusan yang tidak sengaja, sehingga meskipun telah dihapus, masih dapat dipulihkan. Kasus lain yang mungkin terjadi adalah ketika memang secara sengaja dihapus, namun di kemudian hari ternyata masih dibutuhkan, sehingga pengguna masih dapat memulihkannya.

Tidak semua pengguna Facebook mengetahui fitur ini. Padahal ini sangat penting loh. Maka tidak ada salahnya untuk kenalan dulu sama tong sampah di Facebook, sehingga kamu dapat memaksimalkan kegunaanya.

Perbedaan Recycle Bin di komputer dengan Recycle Bin di Facebook adalah terdapat masa penampungan sebelum benar-benar dihapus secara permanen. Jika di komputer selama masih tertampung di Recycle Bin, maka data tidak akan hilang kecuali dihapus dari Recycle Bin.

Sedangkan di Recycle Bin Facebook bertahan hingga 30 hari saja. Demi efisiensi ruang, aturan ini diberlakukan sehingga pengguna diberi tenggat waktu untuk memulihkan data atau informasi yang telah dihapus.

Bagaimana cara menggunakannya? Yuk kita simak langkah-langkahnya.

Cara Recovery Data Facebook dari Recycle Bin

Ada banyak sekali data atau informasi yang dikumpulkan Facebook dari berbagai aktivitas kamu di Facebook. Termasuk Pesan (Messenger), Postingan, Halaman dan Profil, Acara, Foto (Photo), Pembayaran Facebook, Lokasi, Notifikasi, dan informasi lainnya.

Cara Recovery via PC

  • Pertama, pastikan kamu telah login dan masuk ke dalam Facebook.
  • Klik foto Profil kamu dan pilih Pengaturan dan Privasi lalu pilih Pengaturan  yang telah tersedia di bagian pojok kanan. Kemudian jika kamu benar, kamu akan masuk di layar pengaturan dengan tampilan di bawah ini.
  • Setelah itu klik Informasi Facebook kamu di bagian kiri. Kemudian pilih Unduh Informasi kamu. Setelah itu kamu akan dibawa ke jendela yang berbeda.
  • Setelah itu, ketika telah berpindah ke jendela yang lain (yang akan dicontohkan di bawah), fokus pada Pilih Opsi File. Atur tiga kolom tersebut, sesuai kebutuhan, dan juga atur pada rentang waktu yang ingin kamu pulihkan.
  • Pilih Informasi untuk diunduh. Beri centang untuk informasi yang ingin kamu unduh sesuai kebutuhan.
  • Scroll ke bawah hingga mentok dan temukan Mulai Unduhan kamu, klik Minta Unduhan.
  • Kemudian kembali scroll ke atas dan klik File yang Tersedia serta tunggu hingga proses selesai.

Cara Recovery Via HP

  • Pastikan kamu telah login di Facebook
  • Pilih Menu dan pilih Pengaturan & Privasi lalu Pengaturan
  • Temukan Unduh Informasi kamu, dan pilih.
  • Langkah selanjutnya kamu tinggal memilih berbagai informasi atau data yang kamu butuhkan. Dan kemudian lanjutkan seperti tutorial memulihkan data (dari Recycle Bin) dari Facebook via PC / Komputer
Dengan paham fitur facebook seperti Recycle Bin, kamu tidak perlu lagi panik jika ada sebuah data yang terhapus

Dengan memahami fitur Recycle Bin Facebook, kamu akan semakin terbantu dengan semua kebutuhan terkait recovery data. Sehingga sehingga tidak perlu lagi panik jika ada suatu data yang terdelete.

    %d blogger menyukai ini: