RED MAGIC 3 (foto: Nubia)

Red Magic 3 Berpotensi Mencuri Perhatian

Nubia sudah mengumumkan ponsel gaming Red Magic 3 secara global. Ponsel ini juga tersedia di Indonesia. Dari sisi spesifikasi, ponsel ini cukup menjanjikan dan berpotensi mencuri perhatian.

Sejauh ini, yang namanya ponsel gaming memang belum cukup memberi keunikan tersendiri. Paling tidak secara teknis. Secara umum spesifikasinya boleh dibilang mirip dengan ponsel kelas flagship, dengan beberapa gimmick tambahan.

Toh, setelah beberapa lama hadir, ponsel gaming mulai memberi pembeda sedikit demi sedikit. Paling tidak ROG Phone mulai menunjukkan arah ke sana.

Red Magic 3 pun kelihatannya mulai menunjukkan klasifikasinya sebagai ponsel khusus untuk game. Minimal dari apa yang mereka janjikan.

Apa saja yang menarik dari ponsel Red Magic 3 ini?

Layar Besar dengan Refresh Rate Tinggi

Perbandingan refresh rate (foto: Nubia)

Salah satu yang membedakan ponsel gaming dengan ponsel biasa adalah refresh rate layar. Red Magic 3 memiliki layar AMOLED 6,65 inci FHD+ dengan refresh rate 90 Hz. Selain itu, layar ini juga mendukung 240 Hz touch response rate (40,02 ms response time) dan kualitas HDR.

Seorang gamer pasti tahu kalau refresh rate yang tinggi akan membuat permainan lebih asik dinikmati. Tapi, tentu saja, selama game yang kamu mainkan mendukungnya.

Tombol Kapasitif di Pinggir

Tombol kapasitif di bagian samping (foto: Nubia)

Hal menarik lain yang ada di ponsel Red Magic 3 adalah tombol kapasitif yang terletak di bagian pinggir / samping bodi. Nubia menyebutkan kalau tombol ini bisa menggantikan tombol aksi (trigger) yang tampil di layar ponsel. Ya, seperti tombol L1/R1 di kontrol game konsol.

Hal ini bisa membuat eksekusi aksi dalam permainan lebih efisien. Ah, mungkin juga tergantung apakah game yang bersangkutan mendukungnya atau tidak.

Kipas Internal

Kipas Internal (foto: Nubia)

Ya. Ponsel ini disebut memiliki kipas internal sebagai pelengkap liquid cooling yang ada. Mungkin sulit bagi kita membayangkan bahwa ponsel bisa punya kipas seperti laptop. Tapi Nubia menjanjikan temperatur bisa lebih dingin -16ºC, efisiensi transfer panas sampai 500%, dan clock CPU maksimal mencapai 900%.

Hm, tentunya hal ini memang masih harus dibuktikan lebih jauh lagi. Namun, kalau benar, maka ponsel gaming menuju ke arah yang sama seperti laptop.

Spesifikasi Kelas Flagship dan Baterai Besar

kapasitas baterai red magic 3
Kapasitas Baterai (foto: Nubia)

Sebagai ponsel gaming, Red Magic 3 merupakan ponsel sekelas flagship. Jadi spesifikasinya pun mantap. Ponsel ini memakai chipset Snapdragon 855, RAM 8/12GB, memori internal 128/256GB UFS2.1 2-LANE, dan baterainya sebesar 5000 mAh.

Kelengkapan lainnya juga meliputi sensor sidik jari, colokan audio 3,5mm, dual nano SIM, dan menggunakan stock Android 9 Pie. Oya, ada dual front-facing speaker dan dukungan DTS:X / DTS 7.1 juga 3D sound untuk suaranya.

Ketersediaan dan Harga Red Magic 3

varian red magic 3
Varian ponsel (foto: Nubia)

Ponsel gaming Red Magic 3 akan tersedia dalam 3 varian.

  • 8GB+128GB / Hitam
  • 8GB+128GB / Merah
  • 12GB+256GB / Camo

Harganya akan ditawarkan mulai dari $479. Hm, kelihatannya untuk varian hitam dan merah. Tapi berdasar situs resmi, varian merah dan camo masih akan menyusul kehadirannya.

Nubia juga menyebutkan kalau ponsel ini tersedia secara global, termasuk Indonesia. Namun belum ada informasi lebih detil soal itu.

Toh, melihat spesifikasi dan fitur yang ditawarkan Red Magic 3, kita harus mengakui bahwa ponsel ini memang menggoda. Kalau Nubia memainkan promosi dengan cantik, tidak heran kalau ponsel ini mencuri perhatian.

More Stories
Cari Gebetan Menggunakan WeChat