Keren! Ini Dia 4 Smartphone dengan Refresh Rate Tertinggi

Foto: PowerUp!

Pada umumnya, layar smartphone memiliki kecepatan refresh 60Hz. Tetapi ada juga beberapa smartphone yang memiliki refresh rate tertinggi.

Istilah refresh rate merujuk pada berapa kali layar memperbarui hasil proses gambar dalam waktu tertentu. Misalnya layar menampilkan satu tampilan ke tampilan berikutnya dalam hitungan 24 frame setiap detik. Tiap frame akan menyala 2 atau 3 kali sebelum frame berikutnya. Dengan demikian, layar itu berjalan pada refresh rate 48 atau 72 Hz.

Semakin tinggi refresh rate akan mengurangi tingkat flicker (perubahan cahaya yang tampak). Dengan begitu juga akan mengurangi beban pada mata yang melihatnya. Ini sebabnya layar dengan refresh rate tinggi disukai oleh para gamer.

Lalu, smartphone apa sajakah yang memiliki refresh rate tertinggi? Berikut simak ulasannya dibawah ini!

ASUS ROG Phone

Sumber Gambar : cnet.com

ASUS ROG Phone memiliki layar AMOLED FHD+ 2160 x 20180 dengan refresh rate 90Hz. Smartphone yang ditujukan untuk gamer ini tidak hanya canggih di sisi layar. Tapi juga dari sisi spesifikasi dan kelengkapan fiturnya.

Ponsel ini dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 845, RAM 8GB, dan pilihan penyimpanan 128/512GB. Walau refresh rate ROG Phone bukanlah yang tertinggi, semua fitur yang ada di dalamnya memang sangat menggiurkan.

Razer Phone 2

Sumber Gambar : ign.com

Selanjutnya ada Razer Phone 2 yang dilengkapi dengan layar LCD 2K 5,7-Inci , aspek rasio 16:9, dan refresh rate 120Hz. Razer Phone 2 dilengkapi dengan chipset Snapdragon 845, 128GB memori internal dan RAM 8GB.

Dengan spesifikasi seperti itu, Razer Phone 2 bisa jadi ponsel impian seorang gamer. Walau begitu, tidak semua aplikasi atau game berjalan pada refresh rate maksimal. Game Pokemon Go adalah salah satu yang tampil maksimal.

OnePlus 7 Pro

Sumber Gambar : OnePlus 7 Pro

OnePlus 7 Pro menjadi smartphone dengan refresh rate tertinggi ketiga, yaitu 90Hz pada layar AMOLED. Mereka menyebutnya ‘Fluid AMOLED’. Selain itu, layar ponsel ini juga mendukung tampilan HDR 10+.

Namun, ternyata rata-rata game “hanya” bekerja dengan refresh rate 60Hz di ponsel ini. Jadi memang belum ideal. Di sisi lain, tampilan animasi dari aplikasi disebut berjalan lebih halus daripada biasanya. Jadi tetap punya keunggulan tersendiri.

Nubia Red Magic 3

Sumber gambar: Newgearid

Ponsel Nubia Red Magic 3 merupakan ponsel game yang rilis bulan Mei 2019. Ponsel ini menggunakan layar AMOLED 6,65 inci FHD+ 2340 x 1080 dengan refresh rate 90Hz.

Nubia Red Magic 3 juga didukung oleh spesifikasi mantap. Ada chipset Snapdragon 855, RAM sampai 12GB, dan penyimpanan sampai 256GB. Sedangkan baterainya berkapasitas 5000mAh. Jadi cukup ideal untuk bermain game.

%d blogger menyukai ini: