Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Redmi Tunjukkan Sensor Sidik Jari Infra Merah untuk Layar LCD

sensor sidik jari layar lcd redmi
Anom Penulis

Redmi menunjukkan suatu pengembangan teknologi yang menarik, yaitu sensor sidik jari di layar untuk LCD. Lho? Apa menariknya? Bukannya sudah sebelum ini sudah ada teknologi sensor sidik jari di layar?

Tunggu dulu. Sensor sidik jari di layar atau in-display fingerprint yang selama ini hadir, baru terbatas pada smartphone dengan layar AMOLED saja. Ponsel yang memakai layar LCD biasa belum bisa menggunakan teknologi tersebut.

popculture.id

Alhasil, adaptasi pemakaian sensor sidik jari di layar diawali dari ponsel yang memiliki layar AMOLED. Dengan kata lain, ponsel dengan harga yang cukup mahal. Adaptasi ini kemudian berangsur merata seiring semakin banyaknya ponsel kelas menengah yang memiliki layar AMOLED.

Inilah yang menyebabkan teknologi kembangan Redmi ini menarik. Karena, kalau sensor sidik jari bisa dipakai di layar LCD, ponsel menengah ke bawah pun bisa menggunakannya. Heh, tidak perlu lagi mengangkat ponsel dari meja untuk membuka layar kunci.

Adalah Lu Weibing, General Manager Redmi, yang mengunggah video yang menunjukkan teknologi itu di Weibo. Video itu memang menunjukkan bagaimana proses mendaftarkan sidik jari dan membuka layar dengan in-display fingerprint sensor bekerja.

Beliau juga menjelaskan sedikit tentang teknologi di balik sensor baru ini. Ia menyebutkan pemakaian bahan film infra merah dengan transmitansi tinggi. Bahan tersebut mampu meningkatkan tingkat transmisi cahaya infra merah melalui layar.

Permasalahan berikutnya yang hadir tentu saja tingkat akurasi dan keamanan. Sejauh mana sensor ini benar-benar akurat mengenali sidik jari pengguna. Apakah bisa ditipu? Kemudian ada pula masalah biaya untuk teknologi infra merah tersebut. Kalau ternyata cukup tinggi, tentu tidak sesuai dengan tujuan semula, yang menyasar ponsel dengan harga terjangkau.

Namun bagaimanapun, teknologi sensor sidik jari di layar LCD dari Redmi ini cukup menarik. Bukan begitu?

    %d blogger menyukai ini: