Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Reedability: Salah Satu Aplikasi Readability Windows Phone

Anom Penulis

Beberapa waktu silam, kami pernah menulis tentang Pouch, aplikasi klien untuk Pocket. Sekarang kami mau mengulas aplikasi dari layanan yang juga mirip (kalau ngga mau dibilang saingannya). Reedability adalah salah satu aplikasi Readability untuk Windows Phone.

Buat yang belum tahu soal Readability, layanan ini adalah layanan yang membantu kita untuk membaca artikel di blog atau situs lain. Kalau membaca saat itu juga, Readability akan memfokuskan tampilan pada artikel saja. Bisa juga artikel dibaca nanti (disimpan/kliping). Nah, fungsi ini lah yang berjalan di aplikasi Reedability (yang mirip juga sama Pouch). Yuk kita lihat.

Fitur Reedability
  1. Melihat daftar artikel yang kita simpan (reading list), artikel favorit, dan yang masuk dalam archive
  2. Membaca artikel
  3. Memasukkan artikel ke daftar favorit atau archive
  4. Memilih font dan ukurannya
  5. Menghapus artikel
  6. Menambah artikel ke reading list.
  7. Berbagi artikel ke jejaring sosial

Mari kita bahas tampilannya dulu. Aplikasi Reedability hadir sesuai fungsinya yang memudahkan kita membaca. Jadi, tampilannya didominasi oleh tipografi. Baik judul, isi artikel, atau hal-hal penting lain, diatur dengan font atau ukuran yang berbeda. Tidak lupa, Reedability juga memanfaatkan ruang kosong. Ini membuat kita mudah menelisik isi aplikasi. Pilihan warnanya, yaitu merah, hitam, abu-abu dan putih, juga keren. Tentu saja, aplikasi ini juga menghadirkan gambar yang ada di artikel aslinya.

Untuk menggunakan Reedability, kita harus terlebih dulu login dengan akun Readability. Setelah itu, aplikasi ini akan melakukan sinkronisasi dengan akun tersebut.

Selain membaca artikel dari Readability, kita juga bisa melakukan hal sebaliknya. Kita bisa menambah artikel dari ponsel ke akun Readability kita. Jadi misalnya kita browsing dengan ponsel dan menemukan artikel menarik, kita bisa menyimpannya dengan aplikasi Reedability ini. Nanti kalau sudah di depan laptop, kita tinggal membuka Readability dan membacanya kembali.

Saat kita membaca sebuah artikel, di application bar akan muncul beberapa pilihan. Menambah/menghapus artikel di favorit, menambah/menghapus artikel di archive, setting dan share di jejaring sosial. Di bagian setting kita bisa mengatur jenis font dan ukurannya. Dengan demikian, kita bisa menyesuaikan agar artikel mudah dibaca.

Memang aplikasi Reedability ini tidak menawarkan fitur yang beragam. Tapi mengingat fungsinya yang untuk membaca (artikel yang kita simpan di Readability), aplikasi ini sudah menempatkan diri pada posisinya. Selain itu, sejauh yang kami coba, aplikasi ini juga nyaman digunakan. Oya, cara aplikasi Reedability ini menampilkan artikel mirip (kalau tidak mau bilang sama) dengan Collector.

Aplikasi Reedability ini bisa didapat di Windows Phone region Indonesia secara gratis. Namun, apilkasi ini baru tersedia untuk Windows Phone 8 saja. Oke, buat yang berminat, bisa langsung menuju link di bawah.

Btw, cukup pusing ngga membedakan Reedability dan Readability?