Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

5 Rekomendasi Aplikasi Cuaca Terbaik Untuk Smartphone Android

Sumber: Phandroid
Indri Penulis

Butuh aplikasi cuaca Android terbaik untuk ponselmu? Pastikan kamu nggak melewatkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini ya.

Kenapa Install Aplikasi Cuaca Lain?

Setiap ponsel Android biasanya sudah punya aplikasi atau widget cuaca default yang sudah diinstal sebelumnya. Tapi buat tipikal orang yang aktivitasnya berpengaruh pada ramalan cuaca, menginstal aplikasi ramalan cuaca pihak ketiga di smartphone bisa jadi solusi jitu.

Aplikasi ramalan cuaca pihak ketiga tentu memiliki beberapa kelebihan dibanding aplikasi/widget cuaca default smartphone. Aplikasi pihak ketiga biasanya menawarkan lebih banyak fitur, prakiraan cuaca yang lebih akurat, serta desainnya lebih ramah pengguna.

Aplikasi Cuaca Terbaik Android

Dalam artikel kali ini, saya mau kasih kamu rekomendasi aplikasi widget cuaca Android terbaik untuk ponsel. Kamu nanti menyesuaikan fitur yang mereka punya dengan kebutuhan dan seleramu.

Windy

Aplikasi yang satu ini sangat cocok buat pecinta kegiatan outdoor. Karena Windy memang dirancang untuk pelaut, penikmat olahraga paralayang, peselancar, paraglider, penyelam, dan siapa saja yang membutuhkan informasi detil soal angin dan kondisi cuaca di wilayah tertentu.

Windy bakal memberimu prakiraan angin, ombak, serta cuaca untuk setiap lokasi di seluruh dunia. Data prakiraan yang ditampilkan Windy berasal dari sumber yang handal seperti GFS, WRF dan ECMWF. Jadi nggak perlu khawatir soal akurasi informasinya.

Selain bisa dipakai secara online, Windy juga merupakan aplikasi cuaca Android offline lho. Di versi offline-nya, pengguna bisa mengunduh peta untuk area tertentu dan mengaksesnya tanpa koneksi internet. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis.

Clime

Clime merupakan aplikasi cuaca dengan tampilan super sederhana. Tampilannya yang nggak neko-neko, cocok banget buatmu yang menyukai hal-hal berbau simpel.

Tampilan aplikasi ini mungkin sangat sederhana. Tapi ini mampu menyajikan fitur yang dapat memberimu informasi dalam format yang gampang dipahami. Seperti kondisi cuaca saat ini, prakiraan cuaca per jam dan harian, sampai peta radar.

Baca Juga:  10 Cara Menghilangkan Iklan Di HP Android Yang Tiba-tiba Muncul Secara Total

Apa yang membuat Clime berbeda dengan aplikasi cuaca lainnya? Clime mampu menampilkan prakiraan cuaca hujan per menit secara real-time. Dengan fitur tersebut, kamu bisa memastikan kapan akan turun hujan dalam hitungan menit. Otomatis perencanaan harimu juga bisa lebih tepat.

Nggak berhenti sampai di situ. Clime juga dibekali fitur widget yang memberimu akses cepat ke kondisi cuaca terkini sesuai lokasi.

Clime tersedia secara gratis dan berbayar. Kalau kamu pakai yang versi gratisan, kamu harus siap-siap terganggu dengan iklan yang wara-wiri di aplikasi. Selain itu, fitur yang ada di aplikasi juga lebih terbatas. Kalau kamu pakai yang versi berbayar seharga $6,99/bulan, aplikasi bebas iklan dan kamu bisa mengakses semua fitur Clime.

Overdrop

Overdrop adalah aplikasi ramalan cuaca dengan desain cantik dan informasinya lengkap. Aplikasi ini mampu menampilkan prakiraan cuaca saat ini, prakiraan cuaca per jam/harian, dan prakiraan cuaca selama 7 hari ke depan.

Tidak hanya itu, Overdrop juga punya fitur suhu bernama “Feels Like.” Fitur ini bakal memperhitungkan faktor-faktor seperti angin dingin, tingkat kelembaban, dll, untuk memberimu gambaran kondisi lokasi yang lebih akurat.

Sama seperti Clime, Overdrop juga hadir dengan fitur widget layar beranda. Dengan fitur ini, kamu bisa memantau prakiraan cuaca tanpa perlu membuka aplikasi. Serunya, tampilan widget ini bisa kamu atur sesuai selera lho. Jadi nggak gampang bosan deh. Terakhir, aplikasi Overdrop bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis.

1Weather

1Weather merupakan salah satu aplikasi prakiraan cuaca terbaik di Android. Aplikasi yang satu ini menawarkan prakiraan cuaca selama 12 minggu berturut-turut, prakiraan cuaca selama 48 jam non-stop, dan peringatan cuaca untuk hiper-lokal. 1Weather juga mampu memberikan info penting lainnya seperti kadar UV di lokasi tersebut, titik embun, kelembaban, tekanan sampai visibilitas.

Baca Juga:  "Play Together" - Game Tempat Kamu Hidup Secara Virtual

Aplikasi ini juga menyajikan 10 widget cuaca yang bisa dikustom tampilannya sesuai selera. Contohnya, kamu bisa ganti tampilan background widget jadi Creative Commons, dan akses ke radar lokal dengan lebih dari 25 lapisan tampilan.

Apakah 1Weather gratis? Ya, aplikasi ini bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis. Tapi yang namanya aplikasi gratisan, tentu kamu bakal melihat iklan dan fitur-fitur yang bisa dipakai terbatas. Kalau kamu mau dapat fitur lengkap dan bebas iklan, kamu bisa berlangganan dengan membayar beberapa dolar per bulannya.

WeatherBug

WeatherBug merupakan salah satu aplikasi cuaca veteran. WeatherBug adalah salah satu aplikasi cuaca dengan fitur lengkap yang memanjakan pengguna. Apa saja fiturnya?

Salah satu fitur terbaik aplikasi ini adalah peringatan badai/petir. Fitur tersebut bakal memberitahu kamu seberapa jauh badai tersebut terjadi, dan apakah lokasimu aman dari sambaran petir atau tidak.

Menariknya, aplikasi ini juga memiliki meteran energi rumah. Meteran tersebut akan menghitung berapa banyak tagihan listrik untuk masing-masing perangkat elektronikmu.

WeatherBug juga bisa menampilkan informasi lain seperti radar, kelembaban, tekanan, kecepatan angin, prakiraan tinggi/rendahnya suhu, sampai pencitraan satelit.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis namun dengan fitur terbatas. Dan seperti biasa kalau mau dapat fitur lengkap, kamu bisa ikut paket berlangganan.


Itu tadi beberapa rekomendasi aplikasi cuaca Android terbaik yang bisa kamu pakai di HP. Buat kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan, memiliki aplikasi pemantau cuaca jelas sangat perlu. Biar kamu bisa merencanakan agenda sesuai kondisi cuaca yang sedang terjadi. Bagaimana, sudah tahu mau download aplikasi cuaca yang mana?