Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Adobe Berencana Luncurkan Layanan Photoshop Web Versi Gratis

Indri Penulis

Adobe berencana untuk membuat Photoshop versi web gratis untuk semua orang. Saat ini, Photoshop gratisan itu tengah diuji di Kanada.

Adobe Photoshop adalah salah satu platform pengeditan foto terpopuler di dunia. Bahkan buat orang yang nggak terlalu bisa edit foto pun, mereka pasti bakal langsung kepikiran Photoshop saat membicarakan aplikasi edit foto.

Nah ngomongin soal Photoshop, baru-baru ini ada kabar bagus buatmu yang mungkin selama ini nggak bisa menikmati Photoshop gara-gara berbayar. Ya, baru-baru ini Adobe mengumumkan bahwa mereka akan menghadirkan Adobe Photoshop versi web gratis.

Dilansir dari The Verge, saat ini Photoshop web gratisan tengah diuji coba di Kanada, di mana pengguna dapat mengakses Photoshop di web lewat akun Adobe secara gratis.

Lalu seperti apa layanannya? Adobe sendiri menggambarkan layanan tersebut sebagai ‘freemium’ (bukan premium ya). Karena layanan ini sifatnya gratisan, jadi Adobe berencana menutup beberapa fitur ‘eksklusif’ agar tetap bisa dinikmati oleh pelanggan berbayar. Layanan gratisan ini hanya akan menyediakan tools-tools standar sebagai fungsi inti Photoshop.

Kami ingin membuat [Photoshop] lebih mudah diakses, dan memudahkan banyak orang untuk mencoba serta merasakan produk ini,” kata Maria Yap, Wakil Predisen Bidang Pencitraan Digital Adobe.

Sementara itu, Adobe pertama kali merilis Photoshop versi web pada bulan Oktober 2021. Dalam layanan tersebut, Adobe coba menghadirkan Photoshop versi aplikasi dengan desain yang lebih sederhana dan difungsikan untuk menangani pengeditan dasar.

Orang-orang yang hanya membutuhkan pengeditan dasar foto, mungkin akan menyukai Adobe Photoshop versi web. Karena mereka nggak membutuhkan perangkat kelas atas untuk bisa menikmati Photoshop dengan mulus. Selain itu Photoshop web juga memungkinkan pengguna berkolaborasi dengan orang lain secara online. Tapi buat tukang editing profesional, mereka tetap saja membutuhkan Photoshop versi aplikasi yang lebih lengkap.

Beberapa bulan setelahnya, Adobe mulai membuat beberapa pembaruan pada layanan web-nya. Adobe mulai memperluas dukungan kolaborasi pada layanan web-nya. Kalau sebelumnya pengguna perlu membagikan dokumen ke web dari aplikasi Photoshop desktop, maka sekarang pelanggan Photoshop mana pun bisa masuk dan mengunggah dokumen baru langsung dari web.

Tujuan Adobe adalah menggunakan Photoshop versi web untuk membuat aplikasi lebih mudah diakses dan berpotensi menarik pengguna yang ingin membayar untuk versi lengkapnya nanti (strategi ini sebelumnya juga pernah dipraktikkan Adobe untuk aplikasi Fresco dan Express).

Sementara itu sampai sekarang Adobe belum membeberkan soal kapan versi freemium ini akan dluncurkan secara luas. Jadi untuk sementara, sabar dulu ya. Seenggaknya Adobe memang serius dengan rencananya yang ingin meluncurkan Photoshop web gratisan ke semua orang.

    %d blogger menyukai ini: