Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rescue: Heroes in Action, Game Pemadam Kebakaran

Anom Penulis

Ini ada satu game yang menarik untuk Windows Phone. Namanya Rescue: Heroes in Action. Game ini bisa disebut masuk ke genre game simulasi strategi. Yang jadi dasar ceritanya adalah pemadam kebakaran.

Bisa ditebak, permainan memang berkutat diseputar tugas pemadam kebakaran. Memadamkan api, menyelamatkan orang, dll. Tapi walau begitu, gameplay-nya cukup menarik.

Tugas utama kita di game Rescue: Heroes in Action adalah memadamkan api yang mengancam keselamatan warga (tsahh). Untuk itu kita dipersenjatai alat pemadam dan mobil pemadam (yang punya persediaan air). Masing-masing punya kemampuannya sendiri.

Alat pemadam tentu saja punya jarak yang lebih pendek dan isi lebih sedikit. Terlalu dekat dengan sumber kebakaran bisa membahayakan jagoan kita. Dengan air dari mobil pemadam, tugas bisa lebih mudah dilaksanakan. Tapi selang pun memiliki batas (lihat lingkaran kuning di gambar). Isi tangki air pun terbatas (lihat indikator biru). Untuk menambah air, kita bisa menghubungkan selang dari hidran ke mobil. Kalau hidran cukup dekat, kita bisa langsung menyemprot dari hidran.

Selain memadamkan api, kita juga harus menyelamatkan orang-orang yang jadi korban. Kita harus mengangkat mereka dan membawanya ke ambulans. Kadang, ada penghalang (seperti pintu yang terkunci). Tapi hal itu bisa kita hancurkan dengan kapak.

Hal-hal tersebut membutuhkan strategi yang jitu. Ini yang bikin seru. Karena setiap skenario memiliki waktunya masing-masing. Kalau waktu habis, otomatis kita kalah.

Bagaimana kita melakukan semua hal itu? Untuk menggerakkan, kita pilih dulu apa yang mau kita gerakkan (orang atau mobil) lalu kita tap dan drag ke tujuan. Nanti akan ada garis yang menjadi jalur gerakan. Untuk melakukan aksi, tapdrag orang ke obyek tertentu yang bisa berinteraksi, misalnya mobil. Nanti akan keluar pilihan apa yang bisa dilakukan.

Hm, menurut saya, kontrolnya agak tricky. Saya sering salah pilih obyek, dan juga sering kesulitan membuat jalur. Misalnya menggerakkan orang masuk ke rumah. Bidang pintu yang kecil agak sulit dilewati.

Oya, di game Rescue: Heroes in Action ini, kita bisa meningkatkan kemampuan jagoan (kecepatan, baju pelindung dan tangki pemadam), dan mobil (isi tangki, kekuatan semprot, kecepatan mobil, jarak selang). Kita juga bisa membeli mobil pemadam dan melakukan customize untuk mobil dan sang pemadam. Upgrade dan pembelian lain dilakukan dengan koin yang didapat dari tugas-tugas yang terselesaikan (cieee… gajiaaan). Sejauh ini saya tidak menemukan IAP.

Sayangnya, saat ini, game Rescue: Heroes in Action baru tersedia untuk bursa Windows Phone region Amerika. Tapi nantinya akan tersedia di region lain. Game ini berbayar, tapi ada trial-nya. Ukuran file-nya 169 MB, dan bekerja di Windows Phone 8 dan 8.1 juga RAM 512. Kalau memang berminat, bisa kontak lewat email mereka.