Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Resmi Rilis! Inilah Sederet Fitur Menarik yang Ditawarkan MIUI 11

Indri Penulis

RESMI DIRILIS! MIUI 11 menyajikan segudang fitur untuk pengguna. Inilah deretan fitur menarik yang disajikan oleh MIUI 11.

MIUI merupakan kustom ROM yang dibuat oleh Xiaomi. Kustom ROM ini digunakan khusus untuk perangkat buatan Xiaomi.

MIUI bekerja dengan mengikuti versi-versi Android. Bisa dilihat saat Google merilis versi terbaru Android, beberapa bulan kemudian Xiaomi juga akan merilis MIUI dengan basis Android terbaru.

Nah, pada 16 Oktober 2019, Xiaomi secara eksklusif merilis MIUI 11. Kustom ROM terbaru ini hadir menggantikan versi terdahulunya, yakni MIUI 10.

Kehadiran MIUI 11 tentu dinantikan banyak orang. Sebab MIUI 11 sudah pasti memiliki fitur-fitur baru. Lalu apa saja fitur yang ada di MIUI 11? Simak ulasannya berikut ini.

Daftar Fitur Menarik MIUI 11

Layar Always On

Sumber Gambar : iPhone Droid

MIUI 11 memperkenalkan layar Always On. Layar ini dikemas sangat cantik dengan tambahan animasi menarik.

Layar akan menampilkan berbagai animasi jam dinamis. Selain itu, kalian akan disuguhi animasi kaleidoskop yang disusun dengan pola simetris.

Kustom Tampilan Layar

Sumber Gambar : MIUI

MIUI 11 menyajikan fitur baru untuk mengkustom layar. Jadi fitur ini membuat kalian bisa kustom layar sesuai selera.

Fitur ini memungkinkan kalian membuat quotes sepuasnya. Menariknya, kalian bebas memilih warna, ukuran dan tebal font. Setelah jadi, kalian bisa menambahkan quotes ke lock screen.

Layar Lebih Hidup

MIUI menyajikan tampilan layar yang benar-benar hidup. Kalian dapat melihat layar yang seolah-olah sedang bernafas. Lalu saat ada notifikasi masuk, layar secara otomatis akan hidup sendiri.

Dynamic Video Wallpaper

Sumber Gambar : NDTV Gadgets

Fitur ini memungkinkan kalian membuat wallpaper dari video. Kalian dapat memilih video dari galeri smartphone dan menjadikannya sebagai wallpaper.

Alarm Alam

Sumber Gambar : MIUI

MIUI 11 menghadirkan alarm baru bernuansa alam. Ini adalah salah salah satu fitur yang menurut saya cukup menarik.

Baca Juga:  Redmi Note 12 Series Rilis dengan Spesifikasi Kamera 200MP, Harganya?

Kalian dapat memilih tema alarm dengan melodi alam. Beberapa tema yang bisa dipilih antara lain Sun, Moon, Fire, Water, Wood, Metal dan Earth. Setiap tema memiliki efek yang berbeda-beda lho.

Notifikasi Alam

Biasanya suara notifikasi terkesan berisik dan mengganggu. Oleh sebab itu, MIUI menghadirkan notifikasi alam. Sesuai namanya, notifikasi memiliki bunyi seperti suara alam.

Ada dua jenis notifikasi yang bisa kalian pilih. Notifikasi pertama adalah ‘Morning Forest,’ berisi suara hutan saat pagi hari. Lalu yang kedua adalah ‘Night Forest,’ yakni suara hutan di malam hari.

Desain Baru Productivity

MIUI menghadirkan desain ulang dari fitur Productivity. Kali ini, MIUI 11 memisahkan antara Mi Work dan Mi Life menjadi dua folder yang berbeda.

Mi Work

Folder ini berisi berbagai aplikasi kerja. Beberapa aplikasi yang ada dalam folder ini adalah Mi Share, Mi Doc Viewer, Wireless Printing, Tasks, dan Mi Calculator.

Mi Share

Mi Share dapat digunakan untuk membagikan foto, file dan aplikasi ke perangkat lain secara nirkabel. Fitur ini kompatibel dengan perangkat yang menjalankan Android Pie atau versi lebih baru.

Mi Document Viewer

Mi Doc Viewer menampilkan semua data di File Manager berupa thumbnail. Jadi kalian bisa mencari file dengan lebih cepat.

Kalian cukup melihat thumbnail, dan file bisa langsung ditemukan. Oya, Mi Doc Viewer dapat membuka file dalam format .pdf, .doc, .ppt dan .xls.

Wireless Printing

Wireless Printing memungkinkan kalian mencetak foto dan dokumen secara nirkabel. Jadi kalian tidak perlu komputer atau aplikasi tambahan.

Menariknya, telah ada 2000 model printer yang mendukung fitur ini. Sementara itu, kalian harus menggunakan Android Pie atau yang lebih tinggi untuk menggunakan Wireless Printing.

Baca Juga:  Xiaomi Konfirmasi akan Rilis Penerus Xiaomi 12S Ultra Secara Global
Tasks

Tasks memungkinkan kalian membuat dan mencari tugas. Menariknya, MIUI 11 membuat Tasks menjadi lebih sederhana.

Di home screen, kalian cukup swap layar ke kanan. Setelah itu deretan tugas yang ada di Tasks akan muncul. Sangat efisien bukan?

Mi Calculator

Mi Calculator adalah sebuah kalkulator floating. Jadi kalkulator ini akan muncul sebagai picture-in-picture di semua aplikasi. Kalkulator ini bisa digunakan untuk menghitung usia, diskon, pajak, dll.

Mi Life

Folder ini berisi deretan aplikasi lifestyle. Beberapa aplikasi yang dapat kalian temukan di folder ini adalah Steps dan Period Tracker.

Steps

Steps adalah aplikasi untuk mengukur langkah kaki. Secara umum, aplikasi ini berguna untuk memantau kesehatan kalian.

Period Tracker

Period Tracker merupakan aplikasi khusus wanita. Aplikasi ini akan memantau waktu menstruasi. Uniknya, Period Tracker akan memberi notifikasi saat waktu menstruasi datang.

Emergency SOS

Fitur ini digunakan untuk melakukan panggilan darurat ke orang lain. Kalian cukup tekan tombol Power 5 kali. Setelah itu pesan SOS akan terkirim ke kontak darurat, lengkap dengan info lokasi kalian.

Gaming Toolbox 2.0

Fitur ini memungkinkan kalian untuk berpindah jaringan, memblokir pesan, dan menjawab panggilan tanpa perlu keluar dari game.

Quick Replies

Quick Replies menampilkan jendela pesan dan aplikasi lain dalam satu layar. Kalian dapat mengirim pesan saat menonton video, membaca atau scroll timeline media sosial.

Itulah beberapa fitur andalan dari MIUI 11. Jangan lupa untuk melihat jadwal rilis MIUI 11, agar kalian tidak ketinggalan pembaruan.