Sekarang Kamu Bisa Review Aplikasi Buatan Apple di App Store iPhone

Setelah sekian lama tidak memberi akses untuk rating dan review pada aplikasi buatan mereka sendiri, Apple akhirnya mengijinkan pengguna untuk melakukannya. Artinya, kamu bisa memberi rating dan review untuk aplikasi seperti FaceTime, File, Mail, Peta, bahkan Kontak.

Apple memang sudah terkenal memiliki ekosistem yang tertutup. Termasuk juga dalam hal menjaga citra produk mereka di mata publik. Salah satu yang sempat jadi bahan perbincangan adalah Apple melarang iPhone dipakai penjahat di dalam film.

Sistem operasi iOS beserta aplikasi dari Apple juga secara umum sering dianggap lebih konsisten daripada Android. Yah, walau sebenarnya tidak juga. Toh sebelum ini suara rakyat belum terlihat.

Sekarang hal ini berubah. Sekarang hampir semua aplikasi buatan Apple — termasuk yang terpasang secara bawaan — bisa kamu beri rating dan review di App Store.

Jika kamu menilai salah satu aplikasi buatan Apple tidak memuaskan, kamu tinggal cari aplikasi itu. Kalau mau, kamu bisa cari semua aplikasi dengan kata kunci “Apple”, pilih salah satu, kemudian tinggal beri rating dan review.

Sejauh ini, beberapa pengguna sudah memberikan penilaian pada aplikasi buatan Apple di App Store untuk iPhone. Beberapa aplikasi mendapat review yang baik, sementara beberapa lainnya mendapat rating yang kurang bagus.

Tapi memang yang memberi rating atau review masih sedikit. Baru segelintir orang dan belum semua aplikasi mendapat penilaian dari pengguna.

Di samping itu, masih ada aplikasi yang belum tampak tersedia untuk penilaian. Seperti aplikasi Foto (Photos) dan Pesan (Message) [saya pribadi ingin memberi kritik untuk kedua aplikasi itu].

Memang, rating dan review di bursa aplikasi sering kurang akurat. Terutama karena adanya review dari pengguna palsu (halo, Play Store) atau jika ada review bombing (gerakan massa yang biasanya protes terhadap sesuatu).

Tapi toh, adanya rating dan review untuk aplikasi buatan Apple di App Store ini bisa jadi kanal untuk menunjukkan opini kita sebagai konsumen. Lalu ekosistemnya juga akan lebih fair bagi pengembang aplikasi lain.

Nah, kalau kamu pengguna iPhone yang kurang puas dengan aplikasi buatan Apple, silakan tunjukan di App Store.

%d blogger menyukai ini: