Apple Larang iPhone Dipakai oleh Tokoh Jahat di Film

iphone di film seri billions

Penempatan produk di dalam adegan film merupakan salah satu media pemasaran yang jitu. Tidak heran kita sering melihat merek tertentu muncul. Yang menarik, kabar terbaru menyebutkan kalau Apple melarang tokoh jahat di dalam film untuk pakai iPhone.

Yang menyatakan hal tersebut bukanlah orang biasa, melainkan seorang sutradara terkenal. Ia adalah Rian Johnson, yang sudah menyutradarai berbagai film populer, seperti Looper, Star Wars: The Last Jedi, dan Knives Out.

Rian Johnson menyinggung hal tersebut dalam sebuah wawancara dengan Vanity Fair. Ia menyebut Apple membolehkan iPhone digunakan di dalam film. Tapi tokoh jahat dalam film itu tidak boleh memakainya.

rian johnson wawancara vanity fair
Rian Johnson di wawancara Vanity Fair

“Hal lucu lainnya, aku tidak tahu boleh mengatakan ini atau tidak… bukan karena tidak layak, tapi lebih karena bisa mengacaukan film misteri berikut yang aku tulis, tapi biarlah, aku akan mengatakannya. Ini sangat menarik.

Apple… mereka membiarkan kamu memakai iPhone di film β€” dan ini sangat penting jika kamu menonton film misteri β€” tokoh jahat tidak boleh memakai iPhone di depan kamera.

Jadi, setiap pembuat film yang menempatkan tokoh jahat sebagai kejutan (rahasia) di film mereka sekarang ingin membunuhku.”

adegan film knives out
Adegan film “Knives Out” dengan iPhone

Tentu hal ini bisa sedikit dipahami mengingat masalah pencitraan. Apple sendiri sangat ketat soal ini. Di bagian Syarat dan Ketentuan untuk penggunaan identitas Apple sudah disebut kalau produk Apple harus ditunjukkan dalam “penampilan terbaik, dalam cara atau konteks yang mencerminkan citra positif pada produk Apple dan Apple Inc.”

Sebelumnya, hal ini juga sudah terlihat dalam berbagai film dan serial TV. Misalnya di serial Sherlock yang menempatkan Sherlock Holmes sebagai pengguna iPhone, atau di serial 24 yang menempatkan laptop Mac untuk tokoh baik dan laptop lain untuk penjahat.

iPhone memang produk yang sangat populer. Terutama di Amerika Serikat, tempat Hollywood berada. iPhone juga erat kaitannya dengan film. Bahkan sudah ada sutradara yang membuat film dengan smartphone dari Apple ini. Apple sendiri juga gencar mempromosikan produknya itu sebagai sarana pembuat film yang bagus.

Nah, kalau kamu ingin meliat pernyataan kontroversial Rian Johnson ini, silakan lihat video di bawah, yaitu pada menit ke 2:50.

%d blogger menyukai ini: