Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Unboxing dan Review DVD Writer LG Ultra Slim Portable

Kali ini kami akan melakukan review DVD Writer LG Ultra Slim Portable. Sebuah DVD Writer keren yang layak dilirik.

Beberapa tahun yang lalu, banyak dari pelaku industri teknologi mengatakan bahwa era keping CD/DVD akan segera berakhir. Hal tersebut didasari dengan makin cepat dan stabil nya koneksi internet serta perubahan distribusi yang dilakukan oleh industri konten dan aplikasi dalam menyediakan produk digital mereka.

5 tahun lalu, jika kita ingin membeli aplikasi, musik, film bahkan buku, kita perlu membelinya secara fisik, paling tidak ada keping DVD yang kita miliki. Namun saat ini tidak lagi. Perubahan itu membuat para produsen laptop kemudian menghilangkan DVD R/RW dalam laptop mereka, yang kemudian menjadikan kategori netbook dan ultrabook.

Namun hal tersebut tidak membuat DVD/CD punah begitu saja. Masih ada beberapa orang yang masih menggunakan keping CD/DVD untuk berbagai macam hal. Sebelum saya melakukan Unboxing dan Review LG Ultra Slim Portable DVD Writer, sebenarnya siapa sih yang masih menggunakan perangkat DVD R/RW ini?

Siapa yang butuh?

Pertama, pengguna yang tidak memiliki akses internet yang mencukupi. Di negara-negara maju seperti Jepang, Korea, Jerman dan berbagai negara maju lainnya, kecepatan internet mungkin sudah bukan barang mewah lagi. Namun bagi negara-negara berkembang seperti Indonesia, koneksi internet cepat masih merupakan kemewahan tersendiri.

Ya meskipun saat ini perkembangan infrastruktur internet nya sudah membaik, namun jika harus mengunduh software sebesar 4 GB, tidak semua pengguna mampu.

Kedua, penikmat film. Menikmati film dengan mode streaming juga masih sulit untuk dilakukan di Indonesia.

Ketiga, backup data. Dengan harga yang lebih murah dibanding dengan kalau kita membeli hardisk eksternal, keping DVD merupakan solusi menarik untuk backup data. Cloud? lupakan saja jika kalian tidak punya koneksi internet mumpuni.

Keempat, pengguna yang menginginkan laptop ramping, namun masih menginginkan bisa mengakses DVD saat di rumah.

Jika kalian sudah terlanjur membeli sebuah laptop yang tidak memiliki perangkat DVD R/RW, maka solusinya adalah, kalian bisa membeli DVD R/RW eksternal. Banyak produsen yang membuat perangkat ini, salah satunya adalah LG dengan priduknya LG Ultra Slim Portable DVD Writer.

Paket penjualan

Saat membuka kotak dari DVD Writer buatan LG ini, saya mendapatkan satu unit DVD R/RW, satu kabel USB, cd driver, buku petunjuk dan kartu garansi. Dengan harga 300 ribu rupiah, sepertinya kita tidak boleh berharap terlalu banyak dengan isi dari perangkat ini.

Tapi, jika kalian adalah pengguna yang peduli dengan software asli, LG memberikan beberapa software menarik pada paket penjualannya. Beberapa software seperti Power2Go, Power Backup, YouCam, LabelPrint serta masih ada beberapa software lagi yang bisa kalian coba

Hands on

Ketertarikan saya pada LG Ultra Slim Portable DVD Writer adalah karena bentuknya yang elegan dan tipis. Dengan warna hitam, membuat perangkat ini cukup cantik saat diletakkan di meja kerja atau meja televisi. Meskipun desain nya bagus dan terkesan mahal, namun kesan mahal tersebut akan sirna setelah saya memegang perangkat tersebut secara langsung. Material plastik yang digunakan terkesan mudah pecah.

Fitur

DVD Writer buatan LG ini memiliki spesifikasi menulis dan membaca keping DVD hingga 8x, dan untuk keping CD kecepatan menulis dan membaca nya bisa sampai 24x.

LG memberikan fitur dan software bawaan yang cukup menarik. Fitur seperti Silent Play untuk menjaga suara bising saat keping DVD/CD sedang berputar dan koneksi dengan TV secara langsung.

Performa

Saat saya mencoba menggunakan perangkat ini untuk membaca dan menulis pada sebuah keping DVD, performa yang dihasilkan cukup memuaskan, tidak jauh berbeda dengan DVD Writer yang tertanam pada PC. Yang cukup menyenangkan, teknologi Silent Play nya berjalan cukup bagus, suara bising dari putaran keping DVD tidak terdengar kencang.

Yang bikin menjengkelkan adalah, saya tidak bisa mencoba fitur tv connectivity, yaitu menghubungkan DVD Writer ke TV. Saya mencoba pada dua televisi LCD merek Samsung dan Sharp, keduanya tidak mau mendeteksi keberadaan perangkat ini.

Dalam kardus DVD ini, LG sebenarnya sudah memberikan informasi bahwa tidak semua televisi kompatibel dengan DVD Writer ini. Jadi untuk fitur ini, saya belum bisa mengulasnya secara rinci.

Kesimpulan

Dengan harga 300 ribu rupiah, kita mendapatkan desain yang bagus, kualitas material plastik standar, kumpulan software yang mungkin berguna, fitur Silent Play dan tv connectivity jika kalian beruntung memiliki televisi yang mendukung perangkat ini.

Jadi, jika kalian tidak benar-benar membutuhkan perangkat seperti ini, jangan buang-buang uang untuk membelinya. Tapi jika kalian suka mengarsipkan file-file digital dalam bentuk keping DVD, maka perangkat DVD Writer buatan LG ini patut dipertimbangkan.

Beli

More Stories
Call of Duty mobile
Call of Duty: Mobile Akan Segera Hadir