game bumpy riders

Bumpy Riders: Game Lucu Tapi Susah

Kali ini saya mau membahas game Bumpy Riders dari Neon Roots. Sebuah game ringan yang relatif baru dan menawarkan gameplay ala endless running games yang menantang.

Biasanya, saya kurang tertarik dengan game semacam ini. Namun melihat tampilannya, saya tergoda mencoba. Ternyata game ini lebih baik dari dugaan saya. Walaupun saya tidak berbakat main game jenis ini, toh saya tetap berhasil dibuat penasaran.


Baca juga: Review Alto’s Adventure: Game Endless Running Keren


Gameplay Bumpy Riders

Mungkin kalau disebut endless running game tidak terlalu tepat. Karena bukan karakter yang kita mainkan yang berlari. Bahkan tidak ada unsur lari di sini. Karakter kita berdiri di atas kendaraan yang berjalan tanpa henti. Selama perjalanan, kendaraan akan bergoyang dan kita harus tetap bertahan di atas (jangan sampai jatuh).

Sambil berusaha menempuh perjalanan sejauh mungkin, kita juga harus mengumpulkan koin atau bonus permainan yang muncul. Selain itu, akan ada musuh yang melintas. Kita bisa menghindari, atau membunuh dengan menginjaknya. Tapi ada juga yang tidak bisa dibunuh — hanya bisa dihindari — jadi ya harus berhati-hati.

mulai main bumpy riders

Ada banyak karakter yang bisa dipilih. Masing-masing akan terbuka kalau kita menyelesaikan suatu misi. Tiap karakter itu juga memiliki misi yang berbeda satu sama lain. Bisa dibayangkan, untuk mengumpulkan semua karakternya, kita harus menggunakan sebanyak mungkin karakter.

Menurut saya, gameplay ini cukup menyegarkan dibanding permainan ala endless running game lain yang sibuk berlari dan menghindar dari musuh. Gameplay ini juga menyenangkan untuk dimainkan dalam jangka pendek. Sehingga cocok untuk mengisi waktu luang — misalnya sambil nunggu antrian di bioskop.

Kontrol Game Bumpy Riders

Kita mengontrol karakter dengan dua cara. Pertama, memiringkan handphone ke kiri dan ke kanan untuk menggerakkannya, sekaligus mempertahankan posisi di atas kendaraan. Kedua, tap untuk melompat saat hendak mengambil koin atau menghindari / membunuh musuh.

Kelihatannya mudah. Tapi, seperti game sejenis, tidak mudah bermain Bumpy Riders. Saat mobil bergoyang dan kita mulai bergeser ke pinggir saja sudah cukup menyulitkan. Apalagi ditambah dengan mengambil koin dan mengalahkan musuh.

gameplay bumpy riders

Untungnya, sejauh yang saya coba, kontrol game ini berkerja dengan baik. Saya belum menemukan kendala apapun yang berhubungan dengan kontrol.


Baca juga: Traffic Rider: Game Motor dengan Tampilan Keren


Tampilan Game Bumpy Riders

Saya selalu suka dengan game atau aplikasi yang didesain dengan detil. Game Bumpy Riders adalah salah satunya.

Baik karakter yang ada maupun gambar background memiliki desain yang bagus. Memang terlihat sangat “kartun” dan lucu — dalam arti imut, cocok jadi stiker di aplikasi chatting — tapi desainnya konsisten. Kombinasi warna yang digunakan enak dilihat, dan tiap karakter memiliki nuansa warnanya sendiri. So, good job!

Performa dan Pengalaman Bermain

Bumpy Riders termasuk game ringan. Selama saya bermain game ini, saya belum menemukan masalah seperti crash atau sejenisnya. Memunculkannya kembali dari layar multitasking (app switcher) juga cukup cepat dan responsif. Bahkan walaupun sudah berselang cukup lama dan disela oleh aplikasi lain.

ambil bonus game dan bunuh musuh

Walau begitu, ada satu hal yang masih membuat saya bertanya-tanya. Sempat beberapa kali terjadi permainan selesai tiba-tiba. Bukan karena crash atau force closed, tapi tiba-tiba karakter yang saya mainkan mati. Padahal sejauh yang saya lihat tidak ada musuh dan tidak terjatuh dari atas kendaraan. Sekali lagi, saya belum tahu penyebabnya. Bisa jadi ada halangan yang tidak saya ketahui. Selain itu, saya tidak punya keluhan lain.


Baca juga: Nintendo Switch: Lebih Dari Sekedar Video Game


Secara keseluruhan, kesan saya terhadap game ini positif. Game ringan, gambarnya bagus, enak dimainkan, permainan menantang, dan cukup berbeda dibanding game sejenis lainnya. Bumpy Riders cukup imut untuk dimainkan anak-anak, dan cukup menantang untuk dimainkan orang dewasa.

Game ini bisa didapat secara gratis, baik di Android maupun di iOS. Sampai saat ini Bumpy Riders masih bertahan dengan rating dan review yang jempolan.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK IOS

More Stories
5 Alasan Untuk Bersyukur Atas Teknologi Zaman Sekarang