Review ASUS 14 M409DA: Laptop Mantap, Harga Ekonomis

kinerjanya mengejutkan

laptop asus m409d

Saat ini, laptop dengan harga relatif murah sudah memiliki penampilan, spesifikasi dan fitur yang sangat mumpuni. Salah satunya terbukti dengan laptop ASUS 14 M409DA yang kami review ini.

Sebagai gambaran awal, laptop ASUS 14 M409DA yang kami pakai ini memiliki layar 14 inci, prosesor AMD Athlon Gold 3150U dengan kartu grafis AMD Radeon bawaan, RAM 8GB, dan SSD 512GB. Lalu, sekedar gambaran lain, review ini juga ditulis menggunakan laptop ini. 😊

Situs resmi ASUS memberi info kalau laptop dengan spesifikasi AMD Athlon Gold 3150U / 4GB / 512GB / Windows 10 Home memiliki harga Rp6.099.000.

Desain & Bodi

Desain merupakan salah satu hal yang menarik di laptop ini. Karena tanpa menggunakan atau melihat spesifikasinya, mungkin kamu tidak akan mengira kalau laptop ini punya harga sangat terjangkau. Desainnya sangat mirip dengan VivoBook Flip 14.

tampilan luar

Dari sisi konstruksi, laptop ini juga ringkas dan ringan. Tebalnya cuma 2,3cm dan beratnya cuma 1,6kg. Sama sekali tidak merepotkan untuk dibawa berkegiatan. Paling tidak, ransel saya yang muat laptop 15 inci masih lowong waktu laptop ini saya masukkan.

VivoBook M409DA dan X505Z

Karena desain yang bagus ini, laptop ini tidak memalukan kalau dipakai di kafe atau coworking space. Istilahnya kalau pacar, nggak malu-maluin diajak ke kondangan. 😜

Layar

Layar ASUS VivoBook M409DA ini adalah layar LED-backlit dengan resolusi HD (1366 x 768) yang mendukung refresh rate 60Hz. Perlu kamu catat, layar ini bukanlah layar sentuh. Jadi ya, laptop ini memang laptop konvensional.

Secara umum layar laptop ini memberikan tampilan yang baik. Relatif tajam dan jernih. Bingkai layar yang relatif tipis (dengan NanoEdge Display) juga membuat layar tampak lebih lega walau ukuran laptop ringkas.

  • laptop asus 14 m409da

Laptop ini memiliki fitur anti-glare. Walau begitu, cahaya dari belakang bisa menampilkan bias pantulan yang agak mengganggu. Seperti kita ketahui bersama, hal ini wajar muncul di laptop yang bukan premium.

Keyboard dan Touchpad

ASUS 14 M409DA memiliki keyboard QWERTY chiclet dengan layout standar yang serupa dengan VivoBook Flip 14. Harap kamu perhatikan, tidak ada lampu backlit di keyboard ini.

Jarak antar tombol (1,4mm) cukup nyaman untuk mengetik dengan cepat. Tombolnya sendiri ringan, tapi cukup mantap dan tidak terasa “mengambang”. Walau begitu, ada suara klak-klik yang cukup keras ketika kamu mengetik di keyboard ini. Ah, bukan masalah.

keyboard laptop asus 14 m409da
layout keyboard dan touchpad

Touchpad laptop ini juga cukup responsif, baik dengan dua jari, tiga jari, atau empat jari. Ukurannya juga cukup besar sehingga nyaman untuk kamu operasikan.

Webcam

Biasanya, saya jarang membahas webcam laptop secara khusus. Namun seiring banyaknya rapat dan pertemuan online, fitur ini menjadi salah satu yang penting.

ASUS 14 M409DA memiliki kamera berkualitas VGA. Cukup memadai, walau jangan berharap terlalu banyak. Waktu saya coba dengan aplikasi Zoom, gambar yang muncul cukup terang tapi memang memiliki noise. Terutama kalau kondisinya low-light.

Audio

Hm, di sisi lain, audio dari laptop ini patut diacungi jempol. Teknologi SonicMaster dari ASUS yang menggabungkan pengolahan digital, speaker, dan ruang resonansi berhasil mengeluarkan suara berkualitas.

Hal ini cukup menarik mengingat laptop ini memiliki speaker di bagian bawah (dengan celah di sisi bodi), tapi tidak memiliki sistem ErgoLift yang membuat bodi laptop terangkat ketika layar kamu buka. Artinya, ruang resonansi di dalam bodi berfungsi dengan baik.

Performa

Seperti sudah disebut di atas, ASUS 14 M409DA yang saya pakai ini menggunakan prosesor AMD Athlon Gold 3150U dengan RAM 8GB. Oke, prosesornya memang boleh kita sebut relatif low-end, dan kartu grafis pun bawaan. Jadi jangan bayangkan memakai laptop ini untuk main game kelas AAA atau bikin konten video dengan kualitas 8K.

Toh kalau kamu cari di internet, kamu akan menemukan kalau prosesor AMD Athlon Gold 3150U ini bisa bersaing dengan Intel Core i3-10100T Gen-10. Lalu RAM 8GB dan penyimpanan bertipe SSD juga sangat membantu.

tes geekbench asus 14 m409da
hasil uji GeekBench

Jadi tidak telalu mengejutkan sebenarnya kalau performa laptop ini sangat bisa kamu andalkan untuk kegiatan sehari-hari. Baik browsing dengan banyak tab, mengetik (baik dengan aplikasi di laptop maupun secara online), edit foto ringan, melakukan video call, dll. Begitu pun untuk multitasking, misalnya mengetik sambil video call, atau mengetik dan browsing sambil video call. Semua lancar. Itu yang saya alami.

Bagaimana dengan keawetan baterainya? Baterai Lithium-ion yang ada di laptop ini menjanjikan pemakaian selama sekitar 8 jam. Secara teori, durasi itu sudah sangat memadai untuk bekerja. Secara praktek, tergantung pemakaian, memang sekitar itu waktu yang saya dapat dengan setelan yang condong ke penghematan baterai (saya jarang mematikan laptop, cuma menutup layar dan membiarkannya sleep). Sebagai gambaran lain, untuk nonton satu film secara streaming di Netflix, kapasitas baterai turun dari 90% jadi 60%.

estimasi baterai

Daya tahan baterai seperti itu membuat saya relatif jarang mengeluarkan charger (yang juga berukuran ringkas) dari laptop kalau saya beraktivitas di luar. Di rumah, saya bisa mengisi baterai dengan lebih nyaman. Pengisian pun berlangsung relatif cepat, yaitu sekitar 1 jam untuk mencapai Β±80%.

Fitur & Kelengkapan Lain

Laptop ASUS 14 M409DA ini memiliki sensor sidik jari di pojok atas touchpad. Fitur ini menjadi salah satu fitur favorit saya karena bekerja sangat responsif dan cepat. Buka layar (lagi-lagi, saya jarang mematikan laptop πŸ˜†), tekan sensor sidik jari, dan langsung beraktivitas. Efisien.

Lalu, laptop ini juga memiliki colokan yang lumayan lengkap. Ada USB 3.0 Type-C, USB 3.0 Type-A, USB 2.0, HDMI, dan audio 3,5mm. Untuk konektivitasnya, ada dukungan untuk Wi-Fi 5 dan Bluetooth 4.2. Selain itu ada pula microSD card reader. Semua kelengkapan ini terbukti memudahkan pemakaian sehari-hari.

colokan laptop asus 14 m409da
colokan lengkap

Ada sedikit catatan yang perlu saya tambahkan. Entah kenapa Windows 10 Home yang datang bersama laptop ini tidak memiliki aplikasi Store, Mail, dan Photo. Jadi saya memakai aplikasi web untuk email dan mencari alternatif aplikasi untuk edit foto (galeri bisa lihat di Explorer).

Saya juga tidak bisa mengunduh aplikasi Your Phone Companion untuk menghubungkan ROG Phone yang saya pakai. Lalu, terakhir, laptop ini juga tidak mendukung pengenalan biometrik Windows Hello. Untungnya, sensor sidik jari sangat responsif (lebih nyaman juga sih).

Kesimpulan

Ya, kalau kamu mencari laptop yang powerful, bukan laptop ini yang kamu butuhkan. Laptop ini memang terhitung kelas low-end atau entry-level. Tapi kalau bicara fungsi, lain ceritanya.

Secara mengejutkan, laptop ASUS 14 M409DA mampu memberi kinerja dan fungsi yang bisa kamu andalkan. Penampilannya pun oke. Dengan begitu, laptop ini sangat pas untuk pelajar atau pengguna umum yang tidak membutuhkan spesifikasi tertentu.

Jadi, kalau kamu mencari laptop yang fungsional dengan harga terjangkau, ASUS 14 M409 wajib kamu pantau.

laptop asus m409d
ASUS 14 M409DA
Ringkasan
Secara mengejutkan, laptop ASUS 14 M409DA mampu memberi kinerja dan fungsi yang bisa kamu andalkan.
Pros
Desain keren
Sensor sidik jari responsif
Audio mantap
Cons
Layar rentan bias cahaya
3.9
Situs Resmi
%d blogger menyukai ini: