Review Laptop Game: ASUS ROG G751JM

Laptop game memang tidak memiliki perkembangan yang siginfikan dibandingkan dengan yang lain. Beberapa hari lalu, dapur review kami kedatangan laptop game terbaru dari ASUS, yaitu ASUS ROG G751JM. Seri ROG G75x ini memang bukan hanya ada satu tipe, sejauh yang saya tahu, ada tiga tipe, yaitu ASUS ROG G750, G751 dan G752.  Nah kali ini, saya akan mencoba melakukan hands on, unboxing dan review ASUS ROG G751JM.

Paket Penjualan

Dalam paket yang kami dapatkan, kami hanya menemukan unit laptop dan chargernya saja. Tidak ada tambahan apa-apa. Sebenarnya ini cukup mengecewakan, dengan harga di atas 24 juta, tentu kita berharap akan ada bonus lain dalam paket penjualan. Mungkin saja bundle dengan lisensi satu game atau voucher Steam tentu akan membuat kita tersenyum.

Desain

Jika kita mengulas suatu desain, tidak ada obyektifitas yang cukup adil, semua tergantung dengan selera masing-masing. Terlebih jika kita berbicara di dunia laptop game, dimana dunia laptop game ini sedikit terlambat dibandingkan dengan pasar laptop lain seperti produktifitas, budget dan hybrid.  Sejauh yang saya tahu, di dunia laptop game hanya ada nama Razer Blade yang memiliki desain yang cukup cantik, slim dan ringan. Meskipun begitu, ASUS ROG G751JM ini lebih tipis dibandingkan dengan Alienware kepunyaan Dell.

review ASUS ROG speaker

Desain dari ASUS ROG G751JM ini memang terlhat bulky, dan sangat besar. Desain dari laptop ini mengingatkan saya dengan desain-desain laptop di era akhir tahun 90-an dan awal 2000. Dengan berat 4.3 kg, kita sudah bisa membayangkan betapa beratnya laptop ini jika dibawa kemana-mana, namun itu bukan masalah besar bagi para gamers, aktifitas mereka tidak membutuhkan banyak berpindah dari satu tempat ke tempat lain secara intens.

review ASUS ROG logo

Yang saya suka dari desain laptop game ini adalah, saat melihatnya dari depan. Tempat pendingin yang berada di kanan dan kiri terkesan seperti lampu mobile sport Lamborghini, mewah! Yang menarik lagi, ASUS edisi game ini memiliki logo sendiri, Republik of Gamers atau disingkat ROG. Logo tersebut cukup terlihat gahar dengan perpaduan warna merah dan silver. Nah ASUS sebaiknya melakukan hal yang sama dengan produk-produk lainnya, jangan logo berbentuk tulisan gitu.

Layar

Hal yang diinginkan oleh semua gamers adalah kenyamanan mata saat sedang melihat layar. ASUS ROG G751JM ini memiliki hal tersebut. Dengan layar berukuran 17.3 inchi dan kerapatan 1080p dengan teknologi layar IPS, baik memainkan game ataupun melihat video yang berkualitas HD saya rasakan cukup nyaman, tajam dan bisa menampilkan gambar dengan detil.

Keyboard

Peletakkan keyboard pada laptop game ini cukup rapi dan menyenangkan. Menggunakan tombol WASD saat bermain game sangat nyaman dan bisa melakukan perindahan antar tombol tanpa melakukan kesalahan dalam pemakaian awal. Keyboard ASUS ROG G751JM ini semakin menarik dengan sentuhan backlight waran merah.

review ASUS ROG keyboard dan touchpad

Sebuah laptop game selayaknya diberikan tombol khusus, dan ASUS paham dengan hal ini. Di atas tombol-tombol angka, ada lima tombol yang memiliki fungsi khusus. Di atas tombol Esc, ada tombol yang berfungsi sebagai perekam layar, biasanya gamers menggunakan ini untuk merekam video saat bermain game yang kemudian di unggah ke YouTube. Di sebelahnya, ada tombol shortcut Steam, kemudian ada tombol game makro (m1, m2 dan m3).

Sayangnya, tidak seperti peletakkan tombol WASD, tombol-tombol tersebut tidak memiliki jarak yang cukup baik dengan deretan tombol keyboard di bawahnya, terutama jarak antara tombol Esc dan tombol rekam yang terletak di atasnya.

Kejadian salah pencet tombol nomor sering terjadi, jika ingin pencet tombol Esc, sering malah pencet tombol untuk merekam.

Audio

Meskipun tidak terlalu istimewa, namun suara yang dihasilkan tidak mengecewakan. Bass yang dihasilkan dari kedua speaker bawaan sudah cukup menjanjikan ketika menjalankan game-game dengan efek suara dramatis. Mungkin karena teknologi Maxxaudio yang digunakan oleh ASUS pada laptop ini bisa menghasilkan suara bass yang bagus.

Performa

Dengan prosesor i7 4710HQ chipset Intel HM87 Express dan RAM 8GB tak diragukan lagi, kita bisa bermain banyak game high-end dengan nyaman. Grafis dari NVIDIA GeForce GTX860M dengan DDR5 2GB menjadi jaminan bahwa game-game dengan grafis aduhai bisa dilahapnya dengan baik. Jika masih dirasa kurang, kalian bisa menambahkan RAM sampai dengan 32 GB atau mengganti hardisk dengan tipe SSD. Untuk urusan game, tidak ada komplain yang berarti. Laptop game terbaru dari ASUS ini sudah sangat menyenangkan untuk bermain game-game terbaru.

review ASUS ROG samping

Kesimpulan

Ini merupakan laptop game pertama yang masuk ke dapur review kami. Saya belum pernah mencoba lapotp game lain. Praktis, saya tidak memiliki pembanding, terutama jika melihat antara harga dengan performa. Namun jika kalian mengabaikan masalah harga dan desain, ASUS ROG G751JM ini tidak mengecewakan. Oh ya, untuk orang yang punya kulit berminyak, akan sedikit bermasalah dengan bekas jari-jari yang terlihat jelas pada touchpad.

Sayangnya, untuk spesifikasi laptop game yang kami review ini sudah jarang dijumpai, tapi kalian bisa membeli tipe serupa dengan spesifikasi hardware lebih tinggi di toko online di bawah:

[button-green url=”http://invl.co/esh” target=”” position=””]Beli via Lazada[/button-green]

More Stories
rilis asus zenfone max pro m1
ASUS Rilis ZenFone Max Pro M1: Smartphone Game Murah