Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Review Laptop HP 15 Ryzen 3

Laptop 5 Jutaan Bisa PES

Laptop sudah menjadi kebutuhan bagi kaum urban dan milenial saat ini. Bahkan bisa dibilang, kepopuleran laptop sudah mengalahkan PC. Lebih banyak orang mencari laptop dibandingkan PC.

Banyak orang, terutama kaum milenial ini bingung ketika ingin memilih laptop. Biasanya mereka hanya menginginkan laptop untuk menyelesaikan tugas belajar atau pekerjaan. Namun mereka juga ingin menjadikan laptop sebagai piranti gaming.

Permasalahan selanjutnya, jika mereka membeli laptop gaming, harga terlalu mahal atau terlalu overkill, alias melebihi apa yang mereka inginkan.

Jadi, apakah ada laptop yang cocok buat kerja/sekolah tapi juga bisa digunakan untuk bermain game? Jawabannya, “Ada!”. Paling tidak itu yang kami temukan setelah mencoba laptop HP 15 dengan prosesor AMD Ryzen 3.

Desain

HP 15 hadir dengan desain konvensional, sama seperti laptop menengah pada umumnya. Bulky dan lebar. Materialnya terbuat dari plastik yang kokoh, jadi tetap terlihat kokoh.

Menurut spesifikasi teknisnya, bobot dari laptop ini adalah 1,77 kg. Tidak terlalu berat untuk ukuran laptop yang masih memiliki DVD-ROM di dalamnya.

Layar

HP 15 memiliki laptop dengan layar 15 inci dengan resolusi HD 1366×768. Untuk ukuran layar HD, saya cukup puas saat menggunakannya untuk melihat video dan bermain game. Ya, meskipun saat bermain game, tidak sedetil dan secerah ketika menggunakan layar yang lebih tinggi, namun sudah cukup nyaman.

Touchpad dan Keyboard

Laptop ini membawa desain keyboard lengkap layaknya PC. Kita akan menemukan numpad yang ada di sisi sebelah kanan. Buat kalian pekerja kantoran yang sering berkutat dengan angka, tentu keyboard seperti itu terasa menyenangkan.

Kualitasnya keyboard-nya cukup baik, hampir sama dengan keyboard laptop menengah pada umumnya. Jarak masing-masing keyboard juga pas.

Meskipun memiliki keyboard lengkap, namun touchpad yang diberikan tidak sebesar milik Mac. Ukuran touchpad masih terpaku dengan laptop-laptop pada umumnya. Padahal jika ukuran touchpad besar, akan lebih menyenangkan.

Secara kualitas, cukup mengejutkan, karena saat menggunakan touchpad ini, saya merasa lebih responsif dibandingkan ketika menggunakan laptop versi premium mereka, yaitu HP Envy x360.

Port

Lengkap! itulah port yang akan kalian dapatkan jika membeli HP 15. 3 usb, sd card slot, jack audio, dvd rom hdmi, ethernet

Baterai

Saya melakukan pengujian normal, seperti membuka Office, email, browsing, YouTube, Spotify, Netflix dan aplikasi-aplikasi standar lain. Waktu yang saya peroleh berkisar 4 jam lebih. Kemudian ketika saya gunakan untuk bermain game, seperti Pro Evolution Soccer dan Battlefield, laptop ini mampu bertahan kurang lebih sekitar 2 jam.

Performa

Laptop HP 15 ini sudah dibekali dengan AMD Ryzen™ 3 2200U. Saat saya coba untuk menjalankan program-program kantor dan multitasking, HP 15 ini mampu bekerja dengan baik. Meskipun saat awal membuka aplikasi membutuhkan waktu beberapa saat sebelum terbuka sempurna.

Begitupun ketika mulai proses startup hingga masuk ke desktop Windows. Hal itu karena HP 15 baru menggunakan HDD. Buat yang pernah pakai SSD, pasti bakal kesel liat booting dari laptop ini.

Jadi saran saya, upgrade-lah ke SSD untuk mendapatkan performa yang jauh lebih cepat.

Laptop HP 15 ini juga mampu memainkan game yang cukup populer, seperti Battlefield 1 dan PES 2017. Meskipun tidak dalam setting-an tertinggi, tapi game-game tersebut bisa dimainkan dengan nyaman.

Kesimpulan

Buat kalian yang memang mencari laptop untuk kerja atau kuliah namun juga bisa digunakan untuk bermain game, maka HP 15 ini bisa dijadikan pilihan.

Performa memang bukan yang paling tinggi, namun dengan harga 5 jutaan, laptop ini bisa dijadikan pilihan terbaik. Agar performa lebih ngacir, kalian bisa mengganti HDD ke SSD.

More Stories
Konsep Laptop Gaming ASUS ROG Face Off