Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Review: Romans From Mars

Anom Penulis

Belum lama, Mas Afit memberitakan game Agent P. Nah, saya akan memberikan review Romans From Mars. Sebuah game bergenre defend tower dari developer yang sama.

Sesuai genrenya, di game ini kita akan mempertahankan benteng dari serangan alien yang ajaibnya berkostum ala prajurit Roma. Dalam mempertahankan benteng ini, kita dipersenjatai dengan sebuah catapult (ketapel besar dengan amusini panah yang juga besar). Alien yang jadi musuh kita ini akan datang menyerbu dalam beberapa wave (gelombang serangan).

Cara bermainnya mudah. Yang perlu kita lakukan adalah tap di layar tempat musuh berada. Maka panah akan terlepas dari ketapel. Kelihatannya gampang ya. Tapi sebenarnya tidak juga. Musuh selalu bergerak. Makin tinggi level permainan, gerakan musuh makin tidak terduga. Apa lagi akan muncul alien dengan kemampuan lebih, seperti naik roket.

Tapi jangan kuatir. Kita punya kemampuan sihir. Sihir dasar yang kita punya adalah es. Kalau kita swipe jari kita di layar, maka sekelebat es akan muncul. Musuh yang terkena serangan ini akan menjadi lambat gerakannya, bahkan bisa berhenti.

Kondisi ini lah yang bisa kita manfaatkan untuk menghabisi lawan. Selain itu, kita juga punya bekingan. Ha, bekingan kita adalah dewa Zeus. Kita bisa melepaskan petir ke musuh kalau sudah kepepet (tekan dan tahan layar). Oya, kedua kemampuan ini bisa kita gunakan kalau indikator di pojok kiri atas sudah penuh.

Kalau kita memenangkan sebuah level/stage, seperti biasa, kita akan mendapatkan poin dan koin. Kita juga bisa mendapatkan permata. Iya benar. Kita bisa menggunakan koin dan permata itu untuk berbelanja, dan melakukan upgrade untuk pertahanan kita.

Sistem upgrade Romans from Mars juga menggunakan sistem indikator. Setiap pembelian upgrade, indikator akan bertambah, dan kemampuan kita akan bertambah pula berapa persen. Kalau sudah mencapai tanda bintang, kemampuan akan naik ke level berikutnya.

Untuk kemampuan spesial, pembelian upgrade dilakukan dengan permata. Sedangkan permata tidak selalu kita dapatkan. Kalau kita ingin menambah permata, kita bisa mendapatkannya melalui IAP (In App Purchase). Enaknya, kita bisa beli pakai pulsa, nggak perlu repot pakai kartu kredit.

***

Secara keseluruhan, game ini menghibur dan menantang. Agak tricky untuk bisa menembak musuh dengan tepat. Selain itu, kecepatan untuk menembak ulang memang diatur sedemikian rupa sehingga agak terbatas. Maklum, ini salah satu hal yang perlu di-upgrade. Sedikit menyebalkan. Tapi kalau kita bisa menembak pada titik yang tepat (dan cukup tenang), kita masih bisa mengejar musuh. Grafis dan suaranya juga cukup oke. Karakternya lucu, walau kadang bikin gemes. Suaranya agak mengingatkan pada Minion.

Kalau berminat, kita bisa mendapatkan game ini secara gratis di Windows Phone Store Indonesia. Game Romans from Mars ini bekerja di Windows Phone 8. Nah, silakan menuju link di bawah ini.